Begini Cara Menggunakan Screenshot Bergulir Pada Android

  • Bagikan
Cara Melakukan Screenshot Bergulir pada Android
Cara Melakukan Screenshot Bergulir pada Android

Screenshot bergulir biasa banyak orang katakan sebagai tangkapan layar panjang pada ponsel Android. Ini akan memiliki banyak manfaat yang bisa Anda gunakan ketika membutuhkan tangkapan layar lebih dari satu layar.

"Cara

image source

Dalam artikel terperinci ini, penulis akan memberikan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk menangkap tangkapan layar bergulir. Menggunakan fitur screenshot pada ponsel merupakan hal menarik, Anda bisa menyimpan hal-hal penting yang ada pada layar Anda. Meskipun fitur ini telah ada pada perangkat Android dan iOS sejak lama, namun hal tersebut bukanlah fitur tangkapan layar bergulir. Faktanya, pada Mei 2021, Google belum secara asli mengaktifkan tangkapan layar bergulir untuk Android stok atau Android murni.

Android murni biasanya dapat Anda temukan pada beberapa ponsel, seperti Motorola, Sony, dan Nokia. Nah, pada ponsel-ponsel tersebut belum mendukung tangkapan layar panjang secara bawaan, hanya tangkapan layar biasa. Jadi Anda perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga jika Anda ingin melakukan tangkapan layar panjang atau screenshot bergulir tersebut.

Namun juga perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar vendor smartphone telah berhasil membuat fitur ini pada Sistem Operasi kustom mereka. Jadi sekarang ini sebagian smartphone Android sudah mendukung tangkapan layar bergulir tersebut. Nah dalam artikel ini, penulis akan berbagi cara melakukan tangkapan layar bergulir pada ponsel cerdas yang menjalankan Android stok.

Cara Menggunakan Tangkapan Layar Bergulir Pada Android stok

Karena tidak ada cara untuk menangkap tangkapan layar bergulir bawaan pada Android stok, maka Anda harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga yang bisa Anda download melalui Google Play Store.

Meskipun Anda akan mendapatkan banyak aplikasi saat mencari tangkapan layar bergulir padaGoogle Play Store, namun sebagai rekomendasi dari kami adalah LongShot. Ini mendukung fitur gulir otomatis, yang membuat tugas Anda menjadi sangat sederhana. Inilah cara Anda dapat menggunakan Longshot untuk menangkap tangkapan layar bergulir pada ponsel yang menjalankan Android stok.

1. Silahkan download terlebih dahulu Longshot dari Google Play Store. Kemudian buka aplikasi dan berikan semua izin yang diperlukan untuk mengakses pengaturan pada ponsel Anda.
2. Dalam pengaturan Longshot, pastikan Anda mengetuk kotak centang pada sebelah “Gulir Otomatis.” Aplikasi sekarang akan meminta Anda untuk memberikan izin tambahan. Berikan semua izin.
3. Buka aplikasi dan sekarang jam ikon Kamera akan berwarna biru pada sebelah “Capture Screenshot.”
4. Selanjutnya Anda akan melihat prompt lain. Ketuk “mulai sekarang” dan buka aplikasi yang Anda perlukan untuk mengambil tangkapan layar panjang.
5. Setelah berada pada aplikasi atau halaman web, klik tombol “Mulai“. Aplikasi sekarang akan secara otomatis mulai menangkap tangkapan layar yang bergulir hingga sampai pada akhir halaman.
6. Setelah mencapai bagian bawah, itu akan meminta Anda untuk menyimpan gambar atau mengeditnya sebelum menyimpan.

Cara Mengambil Tangkapan Layar Panjang atau Screenshot Bergulir Pada Android 12

Untuk Android 12, kabarnya baru akan rilis secara resmi pada September 2021 mendatang. Sekarang ini Google sudah mulai meluncurkan Android 12 Beta 2 yang sudah bisa pengguna gunakan bagi yang terdaftar sebagai pengguna Beta. Kabar baiknya, Google mulai menambahkan opsi bawaan untuk mengambil tangkapan layar bergulir. Fitur ini dirilis pada Beta ketiga untuk OS, dan bekerja sedikit berbeda dari biasanya.

Sangat menarik untuk Anda catat bahwa Google hanya memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar panjang melalui aplikasi dan bukan dari situs web. Misalnya, Anda membukanya melalui browser Chrome. Jadi, Anda dapat membagikan tangkapan layar dari utas Twitter, tetapi Anda tidak dapat melakukan hal yang sama dengan cerita dari halaman web.

1. Masuk pada halaman aplikasi yang ingin Anda screenshot. Kemudian, tekan tombol secara bersamaan untuk menghidupkan perangkat dan menurunkan volume;
2. Pada sudut kiri bawah layar akan muncul preview screenshot dan tombol untuk “Share”, “Edit” dan “Capture more”. Klik Tangkap Lebih Banyak;
3. Anda kemudian dapat melakukan scrol pada halaman aplikasi tersebut sampai pada batas akhir Anda melakukan tangkapan layar.
4. Jika sudah selesai, cukup klik tombol Simpan. Anda juga dapat membagikan tangkapan langsung dari halaman terakhir, atau mengeditnya dengan menambahkan teks dan anotasi tambahan.

Tambahan: Cara ini juga sudah pengguna coba pada ponsel yang menjalankan Android 10 dan keatasnya. Anda mulai sekarang bisa mencobanya jika ponsel Anda sudah menjalankan Android 10 ataupun 11. Nah, untuk pengguna Android 9 dan di bawahnya, caranya sepertinya tidak berhasil.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.