Begini Cara Menghentikan Orang Menambahkan Anda Ke Grup Instagram

Instagram merupakan aplikasi media sosial berbagi foto dan video yang banyak digemari oleh berbagai kalangan yang di dalamnya mencakup Grup Instagram. Lebih-lebih pada anak mudah yang selalu ingin beraction kemudian membagikannya kepada orang lain.

Grup Instagram
Grup Instagram

image source

Penggunannya pun sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga para sosialita. Mulai dari pelajar hingga pebisnis. Media sosial yang fokus pada platform berbagi foto dan video ini makin meroket popularitasnya semenjak diakuisisi oleh facebook dan menjadi satu kesatuan diantara keduanya. Apalagi fitur-fitur menarik seperti filter, Instagram Story, IGTV, dan kemudahan berjejaring lainnya membuat pesona Instagram mampu melekat pada hati penggunanya.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mendaftar menggunakan Nomor HP atau bisa langsung menggunakan akun facebook agar lebih mudah. Sistem pertemanan pada Instagram menggunakan istilah following dan follower. Following berarti Anda mengikuti pengguna, sedangkan follower berarti pengguna lain yang mengikuti Anda.

Fungsi Group Pada Instagram

Grup Instagram sendiri merupakan fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi pesan, foto, atau video menjadi lebih mudah bersama dengan orang yang Anda pilih secara personal. Atau melalui bisa berbagi informasi dengan lebih mudah dan lebih terbuka antara satu dengan lainnya.

Lantas, apa perbedaannya dengan DM / direct message? DM adalah mengirimkan pesan, foto, atau video secara personal dari satu orang ke satu orang lainnya. Sedangkan grup instagram adalah mengirimkan atau berbagi pesan lebih dari satu orang. Nah, dari situlah, kemudian Anda muncul secara otomatis kolom untuk memberi nama Group Anda. Jika Anda belum pernah membuat group pada Instagram, berikut caranya:

Cara Mudah Membuat Group Pada Instagram

1. Anda perlu memastikan jika sudah melakukan update aplikasi Instagram terbaru. Caranya, Anda bisa masuk pada Google Play Store untuk mengetahui apakah Instagram Anda sudah terupdate atau belum.
2. Selanjutnya buka aplikasi Instagram pada ponsel Anda. Kemudian masuk pada menu Direct Message/DM di bagian pojok kanan atas.
3. Tap ikon pensil untuk membuat percakapan baru. Kemudian pilih teman yang akan Anda masukkan ke grup chat Anda. Ingat! Disini kamu wajib memilih lebih dari satu teman anda.
4. Selanjutnya cobalah dengan mengirimkan pesan ke dalam grup tersebut.
5. Nah, ketika pesan terkirim, maka akan muncul pada kolom bagian atas untuk memberikan nama Group yang inginkan.

Begini Cara Menghentikan Orang Menambahkan Anda Ke Grup di Instagram

#1 Jika Akun Instagram Anda Profesional atau Bisnis

Jika Anda memiliki akun Instagram profesional ataupun Bisnis, Maka Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup, caranya adalah:

1. Buka aplikasi Instagram Anda, kemudian masuk pada Profil. Selanjutnya ketuk ikon menu tiga baris di sudut kanan atas untuk masuk pada Pengaturan.
2. Pilih “Privasi“, kemudian pilih opsi “Pesan“.
3. Melalui menu ini, Anda bisa mengatur siapa saja orang yang bisa menambahkan Anda ke Group. “Everyone (Semua orang bisa menambahkan Anda ke Grup)” atau “Only People You Follow (Hanya orang yang Anda ikuti)“.

#2 Jika Akun Instagram Pribadi

Jika Anda memiliki akun Instagram pribadi seperti kebanyakan pengguna lainnya. Maka untuk saat ini tidak ada cara untuk menghentikan seseorang menambahkan Anda ke grup. Dan jalan yang bisa Anda tempuh hanyalah dengan memilih 3 opsi berikut ini.

1. Matikan pemberitahuan untuk permintaan grup.
2. Keluar dari grup.
3. Blokir akun yang menambahkan Anda.

#Mematikan Pemberitahuan Permintaan Group

1. Untuk mematikan pemberitahuan permintaan grup, caranya masuk pada Pengaturan => Notifikasi => Pesan Direct.
2. Pada bagian bawah Permintaan Grup, ketuk “Nonaktif“.
3. Sekarang, setidaknya ketika seseorang menambahkan Anda ke grup, Anda tidak akan mendapatkan notifikasi push.

#Keluar Dari Grup

1. Untuk keluar dari Grup, Anda perlu masuk terlebih dahulu pada obrolan grup, melalui menu DM/Direct Message pada pojok kanan atas, kemudian pilih nama Grup. Selanjutnya pilih ikon “i” pada pojok kanan atas obrolan.
2. Pilih “Tinggalkan Obrolan” di bawah daftar anggota obrolan, lalu ketuk “Keluar“.

#Blokir Akun Yang Menambahkan Anda

Jika Anda ingin memblokir akun yang menambahkan Anda, caranya:

1. Masuk pada obrolan Grup, kemudian ketuk nama Grup pada bagian atas.
2. Pada tiga titik kecil samping daftar nama Anggota. Pilih “Blokir” untuk memblokir orang tersebut.
3. Kemudian pilih “Tinggalkan Grup“.

Dengan ini, maka akan menghentikan pelaku spam agar tidak menambahkan Anda kembali ke grup.

Source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.