Begini Cara Mengubah Aplikasi Default di Android

  • Bagikan
Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Android
Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Android

Mengubah aplikasi default akan memungkinkan Anda untuk mengganti aplikasi utama dalam menjalankan tugas-tugas tertentu. Misalnya dalam aplikasi pesan singkat SMS, secara otomatis akan menjalankan aplikasi SMS bawaan meskipun Anda memiliki lebih dari satu aplikasi SMS, begitu juga dengan browser dan dan aplikasi lainnya.

Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Android
Cara Mengubah Aplikasi Default Pada Android

image source

Hal ini merupakan masalah biasa yang mungkin Anda alami pada ponsel Anda. Anda mengetuk file yang ingin Anda buka dengan aplikasi tertentu, tetapi untuk beberapa alasan, Android terus membukanya dengan aplikasi bawaannya. Itu karena Anda memilih aplikasi yang salah terhadap jenis file tersebut. Oleh karenanya, dalam panduan singkat ini, Penulis akan memberikan Anda proses mengubah aplikasi default pada ponsel Android Anda.

Cara Mengelola Aplikasi Default

Dahulu proses ini sedikit lebih rumit dari biasanya. Akan tetapi Google telah mengubah pengelolaan aplikasi default menjadi hal yang sangat mudah bagi Anda. Anda dapat dengan mudah mengubahnya secara langsung melalui menu Pengaturan. Masuk ke Pengaturan => pilih Aplikasi & Pemberitahuan, klik Lanjutan, lalu masuk ke Aplikasi default.

Dari sana, Anda dapat memilih beberapa aplikasi default yang akan bekerja pada ponsel Anda. Mulai dari browser default, pengalihan panggilan, ID penelepon, asisten digital, peluncur, telepon, dan aplikasi default SMS. Selain itu, Anda juga dapat masuk ke Buka tautan untuk mengedit aplikasi individual di ponsel Anda.

Berikut langkah demi langkah untuk mengelola aplikasi default pada ponsel Android Anda:

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Android Anda.
2. Masuk ke Aplikasi & Pemberitahuan atau Manajemen Aplikasi (sesuai dengan ponsel Anda).
3. Tekan Lanjutan, lalu pilih Aplikasi default.
4. Pilih aplikasi yang Anda inginkan. Misalnya Anda dapat mengatur browser default ke Google Chrome, aplikasi SMS, dan lainnya.

Cara Mengubah Aplikasi Default Secara Langsung

Pada dasarnya, jika pengguna melakukan sesuatu pada Ponsel Anda seperti “mengambil gambar”, maka sistem operasi akan mencari aplikasi berkaitan dengan kamera. Namun jika ada lebih dari satu aplikasi kamera pada ponsel Anda, dan tidak ada default yang Anda pilih sebelumnya, maka Android akan menanyakan aplikasi mana yang ingin Anda gunakan kepada pengguna.

Selain itu, saat Anda membuka tautan tertentu, maka Android akan memberi Anda opsi browser yang akan Anda gunakan, pilih browser default pilihan Anda. Anda sekarang dapat memilih Hanya sekali atau Selalu. Pilih Selalu jika Anda ingin menjadikan aplikasi itu sebagai aplikasi default.

Satu-satunya masalah dalam melakukan ini adalah terkadang orang secara tidak sengaja menyetel aplikasi default yang tidak mereka inginkan. Maka dari itu, Anda dapat mengikuti langkah-langkah sebelumnya untuk mengubah preferensi Anda. Namun Anda juga dapat melakukan Reset ulang agar aplikasi default ke aplikasi bawaan ponsel semua.

Cara Reset Ulang Semua Aplikasi Default Pada Ponsel Anda

Ingatlah bahwa cara ini akan mengaktifkan semua aplikasi yang sudah Anda nonaktifkan sebelumnya, mengatur ulang opsi pemberitahuan, dan menghapus batasan data latar belakang atau batasan izin yang Anda berikan pada aplikasi tertentu. Namun begitu, Anda tidak akan kehilangan data apa pun, hanya saja Anda perlu melakukan cukup banyak konfigurasi ulang untuk mengembalikannya seperti semula.

Jika Anda siap untuk mengatur ulang pengaturan aplikasi, masuk ke aplikasi Pengaturan Anda. Pilih Aplikasi & Pemberitahuan, dan ketuk Lihat semua aplikasi. Tekan tombol menu tiga titik pada sudut kanan atas. Ketuk Setel ulang preferensi aplikasi. Konfirmasikan dengan mengetuk Setel ulang aplikasi.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.