Begini Cara Mengubah Suara Notifikasi di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mengubah Suara Notifikasi pada Android
Cara Mudah Mengubah Suara Notifikasi pada Android

Mengubah suara notifikasi pada ponsel Android adalah hal yang mudah. Anda bisa dengan mudah menggantinya dengan suara pilihan Anda sendiri. Seperti khusus untuk pesan teks, panggilan, email, media sosial, dan hampir semua aplikasi pada ponsel Anda.

Cara Mudah Mengubah Suara Notifikasi pada Android
Cara Mudah Mengubah Suara Notifikasi pada Android

image source

Notifikasi adalah bagian penting dari pengalaman berharga ponsel cerdas, dan suara yang menyertainya sama pentingnya. Karena jika tanpa suara, maka Anda tidak akan dapat mengetahuinya jika mendapatkan Notifikasi masuk pada ponsel Anda. Oleh karenanya, agar tidak membosankan, sebaiknya Anda membuatnya terdengar lebih baik dari pada notifikasi default ponsel itu sendiri. Untuk itu, Anda dapat mengubahnya menggunakan suara yang lain pada ponsel Anda.

Untungnya, sangat mudah untuk mengubah suara notifikasi pada perangkat Android. Setiap ponsel biasanya akan memiliki suara defaultnya sendiri, namun Anda tidak perlu menggunakannya. Selalu ada beberapa suara untuk bisa Anda gunakan agar kedengarannya lebih baik.

Begini Cara Mengubah Suara Notifikasi di Android

1. Pertama, geser ke bawah dari atas layar depan Anda satu atau dua kali, kemudian ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan.
2. Pada Pengaturan, cari opsi “Suara” atau “Suara & Getaran.” Nama bagian akan berbeda tergantung pada versi Android dan produsen perangkat masing-masing.
3. Selanjutnya, cari “Notification Sound” atau “Default Notification Sound.” Anda mungkin harus memperluas bagian “Lanjutan” untuk menemukan opsi lainnya.
4. Sekarang Anda akan melihat daftar suara notifikasi untuk kemudian Anda pilih. Silahkan coba ketuk salah satu suara, maka akan memutar pratinjau. Sekali lagi, ini akan terlihat sangat berbeda dari perangkat ke perangkat lainnya.
5. Biasanya akan ada pilihan untuk menggunakan klip audio kustom Anda sendiri juga. Jika Anda akan menggunakan suara yang tersimpan pada file manager, maka cari tombol “+”, kemudian telusuri pada File Manager Anda.
6. Setelah Anda menemukan suara yang Anda sukai, ketuk “Simpan” atau “Terapkan” untuk menyelesaikan.

Selain itu, pada Android saat ini tidak hanya terdapat Notifikasi saja, melainkan lebih detailnya juga bisa pengguna atur. Inilah yang dinamakan sebagai Saluran Notifikasi yang bisa pengguna akses lebih mudah secara langsung melalui aplikasi tertentu. Seperti Youtube. Youtube memiliki banyak Notifikasi yang bisa Anda atur lebih detail, misalnya pada komentar, video yang diupload dan banyak lagi.

Apa Itu Saluran Notifikasi Android?

Notifikasi telah menjadi bagian utama Android sejak awal. Mereka bisa membuat pengguna jadi lebih nyaman sekaligus sesuatu hal yang buruk bagi Anda. Untuk membantu Anda menyempurnakan pengalaman Anda, Android memiliki fitur yang bernama “Saluran Notifikasi.” Melalui ini, Anda dapat membuat notifikasi jauh lebih menarik.

Karena saat ini ponsel cerdas dan aplikasi telah berevolusi lebih jauh, begitu pula dengan Notifikasi. Pada hari-hari awal, kontrol notifikasi cukup mendasar. Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan notifikasi. Mungkin Anda hanya menginginkan notifikasi untuk satu hal tertentu dari suatu aplikasi. Beberapa aplikasi memiliki kontrol notifikasi bawaannya masing-masing, walaupun tidak semua memilikinya. Nah, dengan adanya saluran Pemberitahuan bertujuan untuk menyederhanakan proses ini dan memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna.

Pada aplikasi Youtube, Anda tidak hanya mengatur untuk dengan mengaktifkan Notifikasi khusus pada aplikasi Youtube tersebut. lebih dari itu, Anda bisa mengatur kapan Notifikasi tersebut akan tersedia. Misalnya saat orang lain mengupload video baru, saat orang lain memberikan komentar pada video Anda, atau juga saat orang lain menandai Anda.

Manfaat besar lainnya dari Saluran Pemberitahuan adalah kemampuan untuk menyesuaikan hal-hal yang masuk. Katakanlah Anda mendapatkan pemberitahuan YouTube untuk streaming langsung dan Anda menyadari bahwa Anda tidak ingin diberi tahu tentang itu. Anda dapat menonaktifkan saluran “Livestreams” saat itu juga. Namun Anda masih bisa mendapat Notifikasi umum dari aplikasi Youtube tersebut.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.