Begini Cara Meningkatkan Performa Ponsel Saat Bermain Game

Tahukah Anda jika meningkatkan performa ponsel saat bermain game menjadi hal yang sangat penting, terutama untuk ponsel Anda yang memiliki spesifikasi minimum. Meningkatkan performa ponsel menjadikan bermain game lebih nyaman dan jarang ngelag. Salah satu hal membosankan saat bermain game adalah seringnya ngelag terutama yang disebabkan ponsel Anda.

Cara Meningkatkan Performa Ponsel Saat Bermain Game
Cara Meningkatkan Performa Ponsel Saat Bermain Game

image source

Ada beberapa opsi yang bisa Anda lakukan pada ponsel Android Anda untuk membuat game Anda berjalan lebih lancar? Anda hanya perlu melakukan beberapa perubahan yang mudah untuk Anda lakukan. bahkan paling pentignya Anda tidak memerlukan akses root untuk meningkatkan performa ponsel Anda.

Cara Meningkatkan Performa Ponsel Saat Bermain Game

Ubah Refresh Rate Layar

Semakin tinggi kecepatan refresh rate layar Anda, maka akan semakin baik nuansa visual yang Anda dapatkan dari game Anda, dengan animasi yang jauh lebih halus. Beralih ke kecepatan refresh layar yang tinggi adalah salah satu cara termudah untuk meningkatkan kinerja Anda terutama saat bermain game.

Sekarang ini banyak perangkat Android termasuk dari model perangkat unggulan seperti Samsung dan OnePlus yang memungkinkan Anda mengubah kecepatan refresh rate layar dengan mudah. Anda dapat mengubah kecepatan refresh rate ke pangaturan paling tinggi sesuai dengan bawaan ponsel Anda.

Pada ponsel yang mendukung fitur ini (namun tidak semua ponsel mendukung), berikut cara meningkatkan kecepatan refresh rate pada ponsel Anda:

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda dan ketuk Tampilan, kemudian pilih Lanjutan.
2. Ketuk Refresh Rate.
3. Pilih refresh rate setinggi mungkin dari opsi yang ada pada ponsel Anda.

Beralih ke Koneksi Internet yang Lebih Cepat

Jika Anda memainkan game online pada ponsel Android Anda, kecepatan koneksi internet juga dapat mempengaruhi kinerja game Anda. hal ini karena game Anda harus terus-menerus mengirim dan menerima data dari server game yang Anda mainkan. Jika koneksi internet Anda buruk, transfer data ini membutuhkan waktu lebih lama.

Oleh karena itu, untuk memastikan game yang Anda mainkan tetap lancar dan bebas lag seperti game offline Anda, pertimbangkan untuk menggunakan koneksi internet yang lebih cepat saat Anda bermain game. Dalam hal ini Anda dapat menggunakan koneksi apa pun yang cukup cepat. Itu bisa berupa koneksi Wi-Fi atau bahkan koneksi data seluler, terutama jika Anda memiliki akses ke 5G.

Aktifkan Force 4x

Force 4x MSAA (multisample anti-aliasing) adalah opsi yang ditemukan pada beberapa ponsel Android yang dapat sangat meningkatkan kualitas bermain game Anda. Sejauh ini, fitur ini menjadi salah satu opsi Pengembang terbaik yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kinerja game pada ponsel Anda.

Selain itu, fitur Force 4x MSAA dapat meningkatkan kinerja dan grafis Anda dalam aplikasi dan game OpenGL 2.0.

Fitur ini tidak aktif secara default pada sebagian besar ponsel karena dapat menguras baterai dengan cukup cepat. Jika Anda tidak terlalu mengkhawatirkan masa pakai baterai dan menginginkan pengalaman bermain game lebih baik pada ponsel Anda, Anda dapat mengaktifkan fitur ini. Namun, perlu Anda ingat, bahwa tidak semua ponsel mendukung Force 4x. Berikut cara mudah mengaktifkannya.

1. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk Tentang ponsel, dan ketuk Build number sebanyak 7x. Maka akan muncul pop-up bahwa Anda adalah seorang pengembang.
2. Kembali ke menu pengaturan utama dan pilih Sistem, lalu ketuk Opsi pengembang.
3. Temukan opsi yang mengatakan Force 4x MSAA dan aktifkan.

Hapus File Sampah Dari Ponsel Anda

Semakin banyak file yang Anda simpan pada ponsel, maka bisa menjadi semakin lambat ponsel Anda. Apalagi jika sampai muncul sebuah notifikasi bahwa penyimpanan telah penuh. Jika Anda telah menyimpan banyak file pada ponsel yang tidak ingin Anda gunakan lagi, Anda bisa menghapus file tersebut untuk meningkatkan kinerja ponsel Anda.

Ponsel Android biasanya akan mengumpulkan file sampah dari berbagai sumber. Sisa aplikasi Anda yang Anda hapus, file media lama, dan dokumen yang tidak Anda gunakan semuanya adalah bagian dari file sampah yang harus segera Anda hapus.

1. Buka Pengaturan ponsel Anda, dan ketuk Penyimpanan, lalu ketuk tombol Kosongkan Ruang.
2. Pilih item yang tidak Anda gunakan lagi, dan ketuk Kosongkan pada bagian kanan bawah.

Gunakan Aplikasi Game Booster

Dengan semakin banyak orang bermain game pada ponsel Android, kini ada aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda untuk mengoptimalkan perangkat Anda terutama saat bermain game.

Aplikasi penguat permainan ini dapat mengubah berbagai opsi pada ponsel Anda untuk memastikan ponsel Anda dapat memainkan game dengan lancar. Seperti halnya mematikan notifikasi, sehingga Anda tidak terganggu saat bermain. Anda tidak perlu mengoptimalkan setiap opsi secara manual karena aplikasi dapat melakukannya cukup dengan satu ketukan.

Anda dapat menginstal aplikasi Game Booster yang merupkan aplikasi pengoptimalan game gratis yang dapat Anda gunakan untuk membuat perangkat Android Anda lebih optimal ketika bermain game. Tak hanya itu saja, jika ponsel Anda memiliki mode permainan, pastikan Anda mengaktifkannya setiap kali Anda ingin bermain.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *