Begini Cara Menonaktifkan Fitur Pengenalan Wajah di Facebook

  • Bagikan
Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah Pada Facebook
Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah Pada Facebook

Fitur Pengenalan Wajah atau Face Recognition pada Facebook merupakan salah satu bagian dari keamanan Facebook untuk penggunanya. Melalui fitur ini, tidak akan ada orang lain yang bisa membuka Facebook Anda, walaupun orang tersebut sedang menggunakan ponsel Anda. Sebenarnya fitur Pengenal Wajah ini tidak hanya ada pada aplikasi Facebook saja, melainkan juga menjadi fitur keamanan perangkat ponsel Anda.

Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah Pada Facebook
Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah Pada Facebook

image source

Namun dengan berselangnya waktu, akhirnya Facebook merilis juga fitur ini demi meningkatkan keamanan aplikasinya dari campur tangan orang lain. Bahkan Anda bisa mengaktifkannya sekaligus pada perangkat dan juga pada aplikasi. Jadi orang lain tidak mudah mengakses perangkat Anda, apalagi sampai membuka aplikasi yang sifatnya privasi bagi Anda. Termasuk salah satunya aplikasi Facebook.

Facebook menghadirkan kunci keamanan berupa sidik jari digital wajah Anda untuk secara otomatis mengenali dan menandai Anda dalam gambar dan video. Akan tetapi jika Anda tidak nyaman dengan data wajah Anda yang terekam pada Facebook, Anda dapat dengan mudah menghapusnya dan mematikan fitur ini. Oleh karena itu, jika Anda bermaksud ingin menghapusnya, Anda bisa melakukan cara berikut ini.

Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah pada Facebook Desktop

1. Buka browser pada Desktop Anda, kemudian kunjungi situs web Facebook. Anda bisa menggunakan Windows 10, Mac, atau Linux.
2. Masuk ke profil Anda. Selanjutnya, klik ikon panah bawah pada bagian sudut kanan atas dan pilih “Pengaturan & Privasi” dari menu drop-down tersebut.
3. Dalam daftar opsi berikut, masuk ke “Pengaturan.”
4. Maka akan muncul menu pada sebelah kiri, pilih bagian “Pengenalan wajah (Face recognition)”.
5. Klik “Edit” berwarna biru yang terletak pada sebelah kanan opsi “Pengenalan wajah“.
6. Ganti pengaturan drop-down yang Anda temukan pada bagian bawah “Apakah Anda ingin Facebook dapat mengenali Anda menggunakan foto dan video?” Pilih “Tidak.” Jika Anda ingin menonaktifkannya. Pilih “Ya” jika Anda ingin menggunakannya.

Cara Menonaktifkan Pengenalan Wajah pada Facebook Seluler

1. Jika Anda menggunakan perangkat Android, iPhone, atau iPad, buka aplikasi Facebook yang sudah Anda instal, lalu pilih tiga garis pada pojok kanan atas.
2. Gulir ke bawah dan arahkan ke Pengaturan & Privasi => Pengaturan.
3. Pada bawah bagian “Privasi”, pilih “Pengenalan Wajah”.
4. Nah, pada layar berikutnya, ketuk “Apakah Anda ingin Facebook dapat mengenali Anda dengan foto dan video?
5. Pilih opsi “Tidakjika Anda tidak ingin menggunakannya atau menonaktifkannya. Pilih “Ya” jika Anda ingin menggunakannya.

Perlu Anda ingat bahwa saat Anda memilih keluar dari fitur pengenalan wajah Facebook, maka itu akan menghapus semua data wajah Anda dari Facebook.

Selain itu, Facebook tidak akan lagi secara otomatis menyarankan agar orang lain menandai wajah Anda menggunakan foto atau video apa pun yang mereka unggah. Mereka harus mengklik wajah Anda secara manual dan memilih nama Anda dari daftar teman mereka. Tidak seperti sebelumnya, Anda juga tidak akan diberi tahu jika seseorang telah memposting media apa pun tentang Anda tanpa secara eksplisit menandai profil Anda.

Berikut Beberapa Fitur Facebook untuk Mengontrol Privasi Anda

Privacy check up

Facebook telah menyediakan fitur “Privacy check up” yang bisa pengguna akses. Dengan fitur ini, pengguna akan bisa meninjau ulang pengaturan privasi terkait lima topik, meliputi soal siapa yang dapat melihat hal yang pengguna bagikan pada Facebook (termasuk informasi profil dan postingan). Cara menjaga akun pengguna tetap aman (misalnya disarankan untuk mengaktifkan otentikasi dua-faktor). Selanjutnya pada Privacy check-up, ada pula pengaturan soal bagaimana orang lain bisa menemukan pengguna.

Dari sini pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa menemukan akunnya dengan menggunakan nomor telepon, alamat e-mail, atau mesin pencarian seperti Google.

Access Your Information

Seperti Anda ketahui, Facebook mengumpulkan sejumlah data pengguna untuk menyediakan produk dan iklan yang dipersonalisasi. Sebagai bentuk transparansi terkait penggunaan data pengguna, Satterfield mengatakan Facebook juga telah menyediakan fitur “Access Your Information”. Melalui fitur ini, pengguna dapat melihat informasi apa saja yang telah Facebook bagikan kepada pengguna, dan informasi pengguna apa saja yang sudah Facebook kumpulkan ke dalam platformnya.

Manage Activity

Tidak hanya mengelola privasi dan penggunaan data pengguna, Satterfield juga menyebutkan bahwa Facebook telah menghadirkan fitur “manage activity” untuk memudahkan pengguna mengelola aktivitasnya pada Facebook.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, pengguna tinggal buka aplikasi Facebook, lalu pergi ke “settings & privacy” => “settings” => “activity log” => “manage activity“.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.