Begini Cara Mudah Berbagi Foto Menggunakan Google Foto

Berbagi foto sekarang ini menjadi semakin mudah dengan memanfaatkan Google Foto. Foto tersebut dapat Anda bagikan dengan orang lain, terutama jika foto itu menyertakan banyak anggota keluarga.

Cara Berbagi Foto Melalui Google Foto
Cara Berbagi Foto Melalui Google Foto

image source

Google Foto merupakan salah satu aplikasi penyimpanan dan berbagi foto utama milik Google. Karena ini milik Google, aplikasi ini bekerja dengan sangat baik dengan perangkat Android dan terlebih lagi pada perangkat Android seperti seri Google Pixel.

Integrasi yang baik ini menunjukkan bahwa semua foto dapat Anda simpan melalui Google Foto dan Anda dapat mengonfigurasi layanan untuk mengunggah foto Anda ke cloud Google secara otomatis. Hal ini merupakan salah satu cara membuat penyimpanan internal Anda lebih luas karena biasanya banyak digunakan untuk penyimpanan file media. Selain itu, ini juga berarti bahwa Anda dapat berbagi foto dari satu perangkat ke perangkat lain dengan sangat mudah.

Berbagi Foto Menggunakan Fitur Berbagi Album

Cara ini dapat Anda lakukan untuk berbagi foto dengan sekelompok orang yang lebih banyak, misalnya foto keluarga. Dalam hal ini Google Foto menawarkan opsi yang sangat bagus pada Album yang Anda miliki di Google Foto. Album merupakan sekumpulan foto yang dapat diakses oleh orang-orang tertentu. Orang yang Anda bagikan juga dapat mengakses Album ini dapat menyimpan foto pada perangkatnya dengan mudah. Berikut cara membuat Shared Album untuk berbagi foto menggunakan Google Foto:

1. Buka Google Foto pada perangkat Anda, kemudian ketuk Berbagi pada bilah menu bagian bawah.
2. Ketuk Buat album bersama. Selanjutnya silahkan isikan judul, lalu Pilih foto pada bagian bawah yang ingin Anda masukkan ke dalam album. Anda dapat melakukannya dengan mengetuk foto satu per satu atau Anda dapat mengetuk dan menahan sebentar pada satu foto, lalu menyeret foto lain untuk memilih beberapa.
3. Setelah Anda menambahkan semua foto Anda, ketuk Bagikan pada sudut kanan atas.
4. Pilih orang pada Google Foto yang ingin Anda bagikan atau Anda dapat mengetuk lainnya untuk membuat tautan yang dapat Anda bagikan dengan siapa saja yang Anda mau.
5. Dengan mengetuk seseorang pada bagian bawah “Undang ke album”, menu lain akan muncul yang dapat Anda pilih beberapa orang untuk Anda undang.

Berbagi Album Foto di Google Foto Melalui Nearby Share

Nearby Share menggunakan UWB (Ultra Wideband) untuk berbagi data dengan perangkat Android lain yang terdekat pada area sekitar. Fitur ini luar biasa untuk berbagi dengan cepat dan bebas internet. Berikut cara mengirim foto melalui Google Foto ke perangkat Android lainnya dengan Nearby Share:

1. Buka Google Foto.
2. Cari dan pilih foto yang ingin Anda bagikan ke orang lain. Catatan: Anda dapat memilih beberapa foto dalam satu baris dengan menekan lama pada satu foto, dan menyeret ke foto yang berdekatan.
3. Setelah selesai memilih foto, ketuk ikon bagikan pada bagian atas layar.
4. Saat opsi berbagi muncul, ketuk Lainnya untuk memunculkan opsi tambahan.
5, Pada pop-up baru, ketuk Nearcy Share.
6. Tunggu Nearby Share untuk mendeteksi perangkat Android lainnya. Ketika satu muncul, ketuk foto profil dan Foto Google akan mulai mengirim gambar yang Anda pilih.

Sebagai catatan, Nearby Share harus Anda aktifkan untuk perangkat Android pengirim dan penerima. Anda dapat mengaktifkan fitur ini dengan masuk ke Pengaturan dan mencari istilah “Nearby Share”.

Setelah Anda mengetuk perangkat pada Nearby Share, foto Anda akan segera mulai dikirim. Orang yang Anda ajak berbagi harus mengetuk Terima saat muncul pop-up pada perangkat mereka. Ini mungkin membutuhkan sedikit waktu jika Anda mengirim banyak foto sekaligus.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.