Begini Cara Mudah Cadangkan Pesan di WhatsApp

Mencadangkan pesan di WhatsApp merupakan salah satu langkah tepat agar semua file penting kamu tidak hilang. Mulai dari chat, hingga beberapa file penting lainnya yang berupa foto, video maupun dokumen. Dengan kamu melakukan pencadangan seperti ini, maka data WhatsApp kamu akan aman berada dalam awan.

Melakukan pencadangan data WhatsApp tujuan utamanya adalah saat kamu akan berpindah HP, maka secara otomatis akun WhatsApp juga akan dipindah. Jika hanya akan melakukan registrasi merupakan perkara mudah, akan tetapi bagaimana jika data-data di WhatsApp HP lama kamu tidak ikut kembali. Atau tetap berada pada HP lama, sedangkan pada beberapa chat tersebut terdapat chat yang penting.

Cara Mudah Cadangkan Pesan di WhatsApp
Cara Mudah Cadangkan Pesan di WhatsApp – image source

Oleh karena itu, solusi yang perlu kamu lakukan adalah dengan melakukan pencadangan terlebih dahulu sebelum kamu memindahkan akun WhatsApp pada HP baru. Ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan pencadangan, simak beberapa hal di bawah ini.

Cara Mudah Cadangkan Pesan di WhatsApp

1. Pastikan memiliki akun Gmail yang sudah login pada smartphone kamu

2. Buka aplikasi WhatsApp => Pilih menu titik 3 di pojok kanan atas, kemudian pilih Pengaturan/Setelan.

3. Pada opsi Obrolan/Chat => Cadangkan Chat. Disini sebelum kamu mengklik tombol CADANGKAN, pastikan setelan akun Google Drive dibagian bawahnya sudah kamu atur terlebih dahulu. Terutama yang perlu kamu pilih Akun Google sebagai tempat untuk menampung data-data yang akan kamu cadangkan.

4. Setelah kamu pilih akun Google utama kamu, baru klik saja tombol CADANGKAN. Maka proses pencadangan akan berlangsung (jangan matikan akses internet selama proses pencadangan). Mengenai lama dan tidaknya proses tersebut, sesuai dengan banyaknya data yang kamu miliki di WhatsApp.

Cara Mengembalikan Data WhatsApp yang Sudah di Cadangkan

1. Pastikan proses pencadangan berlangsung dengan baik tanpa kendala hingga sukses

2. Selanjutnya jika kamu menggunakan smartphone baru, coba lakukan login akun gmail yang sudah dilakukan pencadangan tadi.

3. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian registrasi seperti biasa. Dengan memasukkan nomor telepon yang kamu gunakan sebelumnya.

4. Setelah WhatsApp berhasil melakukan proses verifikasi melalui nomor telepon tersebut, kamu akan dihadapkan pada pop-up yang bertulis Pulihkan pada WhatsApp kamu.

5. Jika kamu ingin mengembalikan semua data dari WhatsApp yang lama, maka silahkan pilih saja Pulihkan. Tunggu hingga proses pengembalian file berhasil.

Setelah berhasil, maka coba saja lihat chat apakah masih ada dan sama seperti semula. Terima kasih sudah mengunjungi web kami.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.