Begini Cara Mudah Melakukan Edit Foto Menggunakan Google Foto

  • Bagikan
Edit Foto dengan Google Foto
Edit Foto dengan Google Foto

Bertepatan dengan kehadiran Pixel 5 dan Pixel 4a 5G, Google juga memperkenal fitur edit foto pada Google Foto miliknya. Berbagai peningkatan yang hadir mulai dari peningkatan pada pembelajaran mesin, kecerdasan buatan, dan antarmuka pengguna yang berarti pengguna sekarang dapat melakukan lebih banyak hal dengan mode cahaya dan potret setelah mengambil foto menggunakan Google Foto.

Edit Foto dengan Google Foto
Edit Foto dengan Google Foto

image source

Tidak hanya itu, mereka juga akan memiliki akses ke kontrol manual yang lebih terperinci. Berikut penulis akan menunjukkan cara menggunakan editor Google Foto dengan semua fitur barunya yang akan membuat gambar Anda terlihat lebih baik.

Begini Cara Mudah Melakukan Edit Foto Menggunakan Google Foto

Menggunakan Fitur Pengeditan Google Foto Secara Manual

Setelah Anda menerima pembaruan aplikasi Google Foto, mengedit foto Anda (baik Anda baru mengambilnya atau sudah ada dalam arsip Anda) menjadi lebih mudah dari sebelumnya. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengetuk foto yang ingin Anda edit, dan Anda akan melihat akses cepat ke mode pengeditan manual seperti kecerahan, kontras, saturasi, rona, dan kehangatan. Mengetuk setiap pengaturan akan menampilkan penggeser yang memungkinkan Anda untuk membuat jenis pengeditan terperinci yang Anda inginkan untuk membuat foto Anda lebih keren.

1. Buka aplikasi Google Foto Anda, pilih Foto mana yang akan Anda edit.
2. Pilih alat pengeditan pada bagian bawah layar (tampak seperti tiga baris dengan slot di dalamnya). Kemudian Gulir ke samping untuk melihat berbagai mode pengeditan seperti Crop, Adjust, dan Filter.
3. Silahkan pilih salah satu mode pengeditan, misalnya Adjust/Sesuaikan.
4. Anda bisa gulir melalui kontrol yang ada seperti mengedit Kecerahan, Kontras, Titik Putih, Sorotan, Bayangan, Titik Hitam, Saturasi, Kehangatan, Rona, Rona kulit, Rona biru, Pop, dan Vinyet.
5. Gerakkan penggeser untuk menyesuaikan dengan selera Anda dan ketuk Selesai.
6. Selanjutnya Anda juga bisa memilih mode lain untuk menyesuaikan dan mengulangi proses. Jika selesai kemudian Ketuk Simpan.

Cara Menggunakan Fitur Pengeditan Google Foto: Efek Pencahayaan Potret

Mode pengeditan baru ini mungkin yang paling menarik yang Google hadirkan. Dengan bantuan AI dan pembelajaran mesin Google yang canggih, pengguna Google Foto dapat membuat penyesuaian yang luar biasa dengan efek pencahayaan dan potret setelah foto diambil. Seperti kontrol manual lainnya, pencahayaan potret akan mudah Anda akses pada menu pengeditan, dengan kontrol dan gerakan penggeser granular yang memungkinkan Anda mengetuk foto dan menerapkan tingkat keburaman latar belakang yang tepat pada sekitar subjek Anda. Fitur-fitur ini akan berfungsi untuk semua foto baik yang Anda ambil dalam mode potret atau tidak.

Namun demikian, jika Anda ingin menyesuaikan efek pencahayaan potret setelah bidikan diambil, inilah yang Anda lakukan.

1. Pilih foto potret, kemudian ketuk alat pengeditan pada bagian bawah layar (terlihat seperti tiga baris dengan slot di dalamnya).
2. Masuk pada mode pengeditan, dan ketuk pada Adjust/Sesuaikan, kemudian pilih Portrait Light.
3. Gunakan penggeser pada bagian bawah untuk memilih tingkat pencahayaan potret yang optimal, atau Anda bisa memilih mode otomatis. Anda bisa menggunakan jari untuk menggeser lingkaran pada sekitar wajah Anda untuk melihat di mana Anda ingin efek pencahayaan berada.
4. Selanjutnya kemudian ketuk Simpan.

Cara Melakukan Pengeditan Video Dengan Cepat

Dalam pembaruan fitur Februari 2021, Google menghadirkan pengalaman pengeditan baru pada video melalui aplikasi Google Foto. Aplikasi ini sudah mendukung pemangkasan, penstabilan, dan pemutaran video. Namun, kini pengguna dapat memotong, mengubah perspektif, menambahkan filter, dan melakukan pengeditan terperinci seperti kecerahan, kontras, saturasi, dan kehangatan. Berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Google Foto. Kemudian pilih video yang ingin Anda edit.
2. Ketuk alat pengeditan di bagian bawah layar (tampak seperti tiga baris dengan slot di dalamnya). Gulir melalui berbagai pilihan pengeditan, termasuk Kecerahan, Kontras, Titik Putih, Hightlight, Saturasi, Rona, Rona Kulit, dan banyak lagi.
3. Jika sudah selesai, ketuk Simpan.

Fitur Pengeditan Google Foto Lainnya: Saran AI

Salah satu peningkatan terbaik untuk aplikasi Google Foto adalah fitur saran AI yang ditingkatkan dari Google. Google Foto telah menawarkan tips kepada pengguna tentang cara memperbaiki pencahayaan atau membuat animasi. Sekarang ini, aplikasi akan lebih konsisten menampilkan saran yang menurut AI akan meningkatkan foto Anda, yang dapat Anda terima atau tolak atau menyesuaikan dengan kontrol pengeditan manual.

1. Buka aplikasi Google Foto. Pilih foto yang Anda inginkan.
2. Ketuk alat pengeditan di bagian bawah layar
3. Sekarang Anda akan melihat slider alat pengeditan pada bagian bawah layar, dengan beberapa saran AI di atasnya yang mencakup Enhance, Warm, dan Cool.
4. Google Foto AI akan secara otomatis menerapkan apa yang dianggapnya pencahayaan yang tepat dan filter pewarnaan untuk membuat gambar Anda terlihat lebih baik.
5. Jika Anda menyukainya, ketuk Simpan. Jika tidak, Anda bisa melakukan dengan cara manual seperti di atas.

Selamat mencoba!

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.