Begini Cara Mudah Mematikan Suara Rana Kamera di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mematikan Suara Kamera
Cara Mudah Mematikan Suara Kamera

Mematikan suara rana kamera ketika sedang mengambil foto bagi kebanyakan pengguna adalah hal baik. Karena suara rana palsu yang berbunyi saat Anda mengambil gambar akan membuat sebagian orang malah jengkel. Ini bisa keras dan menandakan jika gambar sudah diambil. Namun hal ini menjadi tidak nyaman terutama ketika Anda mencoba untuk diam-diam mengambil foto candid seorang teman atau sekelompok selfie.

Cara Mudah Mematikan Suara Kamera
Cara Mudah Mematikan Suara Kamera

image source

Menghilangkan suara rana bisa semudah mengecilkan volume pada beberapa perangkat. Sementara untuk perangkat lainnya, mungkin memerlukan sedikit usaha yang harus Anda lakukan pada pengaturan kamera. Namun jika Anda sudah berniat untuk mematikan suara rana karena Anda anggap mengganggu ketika akan mengambil foto, penulis akan jabarkan pada penjelasan di bawah ini.

Sebelum Anda mematikan suara rana pada kamera ponsel Anda, hal yang perlu kamu tahu adalah bahwa suara tersebut merupakan suara peringatan. Untuk beberapa wilayah, undang-undang privasi melarang siapa pun untuk mematikan suara rana kamera. Jadi pastikan hal itu setidaknya sudah legal pada lokasi Anda sebelum mengikuti salah satu petunjuk kami di bawah ini.

Cara Mematikan Suara Rana Kamera Pada Android Stok

Perangkat seperti Google Pixel 3 menjalankan Android versi stok atau Android murni tanpa adanya antar muka seperti MIUI, One UI dan lainnya. Jika Anda sebagai salah satu pengguna ponsel Google ini, tentunya hingga saat ini Anda tidak memiliki pengaturan kamera untuk menonaktifkan suara rana kamera. Namun pada Google Pixel 3 yang sudah menjalankan Android 11, sudah terdapat opsi untuk mematikan suara rana kamera dengan masuk ke pengaturan kamera.

1. Buka aplikasi Kamera
2. Ketuk simbol panah kecil pada bagian atas
3. Kemudian klik ikon roda gigi kecil pada menu yang muncul
4. Pastikan opsi Suara kamera Anda matikan.

Pada beberapa negara, opsi ini mungkin tidak tersedia pada firmware lokal. Dalam keadaan seperti itu, Anda harus mengubah profil notifikasi/peringatan Anda menjadi senyap, jangan ganggu, atau getar. Ini dapat Anda lakukan dengan menggunakan tombol volume bagian samping perangkat Anda yang berfungsi sebagai kontrol volume utama, atau sebagian Suara pada menu Pengaturan. Perangkat baru yang menjalankan Android stok hampir habis cenderung menggunakan metode intuitif yang sama.

Cara Mematikan Suara Rana Kamera Pada Ponsel Samsung

Pada perangkat Samsung yang lebih baru, biasanya ada opsi untuk mematikan suara rana kamera. Sekali lagi, ini sangat tergantung pada firmware lokal yang digunakan ponsel Anda. Jika fitur ini aktif pada perangkat Samsung Anda, Anda dapat mengaksesnya dengan cara berikut.

Arahkan ke dan buka aplikasi Kamera, lalu ketuk ikon Pengaturan. Geser ke dan ketuk sakelar pada sebelah Suara rana untuk menonaktifkannya.

1. Buka aplikasi Kamera
2. Ketuk ikon Pengaturan
3. Gesek ke Suara rana, lalu pilih Nonaktifkan

Pada perangkat yang tidak memiliki opsi ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah mengubah pengaturan volume master dan suara rana akan mati saat ponsel Anda setel ke mode getar, jangan ganggu, atau senyap.

Pada beberapa perangkat Samsung yang lebih lama, Anda harus menekan roda gigi melalui aplikasi kamera dan Anda akan menemukan opsi Suara rana pada halaman yang tersedia. Silahkan matikan jika Anda tidak mau lagi mendengar suara lagi ketika sedang memotret.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.