Begini Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali Pada Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali
Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali

Mengaktifkan fitur Double Tap atau ketuk 2 kali pada layar ponsel Android merupakan hal mudah. Namun sepertinya, jika Anda memiliki ponsel yang lebih lama, nampaknya Anda masih belum bisa menggunakan fitur ini.

Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali
Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali

image source

Double Tap atau ketuk 2 kali sekarang ini menjadi fitur khusus pada Android. Semua Android yang terbaru sudah memiliki fitur Double Tap tersebut, bahkan ada yang hingga Triple Tap. Fitur Double Tap pada layar ini bisa Anda fungsikan untuk membangunkan ponsel atau menghidupkan layar ponsel. Namun selain itu, Anda juga bisa mematikan layar ponsel dengan menggunakan ketuk 2 kali pada layar tersebut.

Pada saat layar ponsel mati, mengetuk 2 kali pada layar akan membangunkan perangkat Anda. Namun jika dalam kondisi layar ponsel hidup, mengetuk 2 kali akan menyebabkan layar ponsel menjadi mati (hanya layarnya saja). Namun sebelum melangkah lebih jauh, Anda harus memahami terlebih dahulu, apa fitur Double Tap atau ketuk 2 kali tersebut.

Apa itu Double Tap atau Ketuk 2 kali Pada Layar?

Fitur Double Tap mulai hadir sejak Android 4 ke atas, bahkan hingga saat ini sudah masuk pada Android 12. Fitur ini sudah menjadi fitur unggulan yang tidak mungkin hilang dalam sistem Android.

Banyak manfaat yang bisa pengguna ambil dari fitur Double Tap tersebut. Salah satunya adalah mengurangi penggunaan Tombol Power ketika Anda hendak menghidupkan atau mematikan layar ponsel. Selain itu biasanya juga terdapat fitur Gesture yang turut hadir di dalamnya. Dengan fitur Gesture tersebut Anda bisa lebih mudah dalam membuka aplikasi tertentu yang ada pada ponsel Anda.

Mengapa Harus Menggunakan Fitur Double Tap ini?

Anda mungkin bertanya-tanya, mengapa juga harus menggunakan fitur ini? Toh, menggunakan tombol power juga masih bisa untuk membangunkan layar.

Dengan menggunakan fitur Double Tap, itu artinya Anda akan lebih jarang menekan tombol power. Anda tentunya juga tahu jika tombol fisik ponsel memiliki batas penggunaan. Jika semakin sering Anda sentuh, maka lama kelamaan ia akan rusak, jebol dan sampai akhirnya tidak dapat Anda gunakan lagi. Belum lagi jika Anda adalah tipe orang yang sebentar-sebentar selalu buka ponsel. Setiap beberapa detik sekali, pesan WhatsApp masuk dan harus Anda segera balas.

Bayangkan, jika dalam hitungan detik Anda selalu menggunakan tombol power untuk membangunkan dan mematikan layar. Maka bisa Anda bayangkan bagaimana kondisi tombol tersebut dalam jika dalam waktu 1 bulan? Oleh karenanya, salah satu fungsi fitur ini adalah untuk memperpanjang usia tombol fisik power pada ponsel Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Ketuk 2 Kali Pada Ponsel Android Anda

1. Untuk mengaktifkan opsi ini, Anda perlu membuka pengaturan. Lalu pilih opsi “Tampilan”.
2. Maka Anda akan menemukan opsi lanjutan yaitu “Ketuk layar 2x untuk bangunkan”. Untuk mengaktifkannya, cukup geser slider ke sebelah kanan.
3. Jika Anda menggunakan ponsel yang lebih baru saat ini, Anda dapat menemukan opsi ini melalui “Gesture dan Gerakan“. Kemudian Anda dapat memilih untuk menghidupkan atau mematikan layar ponsel Anda.

Kesimpulan

Fitur ini memiliki fungsi yang sangat baik untuk membuat Anda tidak menyentuh tombol fisik jika hanya untuk menghidupkan dan mematikan layar komputer Anda. Manfaat fitur ketu 2 kali ini untuk mengfungsikan sesuai dengan yang Anda inginkan. Namun Anda juga perlu mematikan fitur ini, jika Anda sedang berpergian jauh, dan meletakkan ponsel saku atau dalam tas. Karena jika tidak, khawatir terkena sentuhan yang membuat layar ponsel hidup dan akan menyebabkan baterai cepat habis.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.