Begini Cara Mudah Mengaktifkan USB Debugging pada Ponsel Android Anda

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan USB Debugging
Cara Mudah Mengaktifkan USB Debugging

USB debugging adalah istilah yang mungkin Anda temui beberapa kali saat menggunakan ponsel Android. Tapi apa sebenarnya USB debugging? Dan untuk apa fungsinya pada smartphone? Oleh karenanya, dalam artikel ini penulis akan mencoba memberikan pemahaman tentang USB Debugging beserta fungsinya pada smartphone.

"Cara

image source

Meskipun istilah USB debugging terdengar menakutkan, sebenarnya tidak serumit kedengarannya. Mengaktifkan USB debugging pada dasarnya memungkinkan Anda untuk mengontrol berbagai aspek dari smartphone yang terhubung menggunakan PC. Ini juga memungkinkan Anda menjalankan perintah lanjutan untuk penyesuaian sistem, rooting ponsel Anda, atau bahkan pemecahan masalah perangkat lunak lainnya.

Apa Itu debugging USB?

Seperti namanya, USB debugging berkaitan dengan tindakan pelacakan bug melalui USB. Pengembang aplikasi Android menggunakan proses ini untuk menguji aplikasi yang sedang dikembangkan atau untuk menemukan dan memperbaiki masalah. Ini biasanya dapat Anda lakukan dengan Android Studio Development Kit (SDK) menggunakan komputer. Saat ini, fitur USB debugging juga banyak pengguna gunakan untuk melakukan tugas-tugas lain. Misalnya menginstal pemulihan kustom, rooting perangkat, atau menginstal ROM baru.

Sebagai catatan lain, USB debugging adalah alat canggih dan mungkin dapat membuat banyak fitur lanjutan pada ponsel cerdas Anda. Meskipun fitur-fitur ini berguna, tetap mengaktifkan opsi debugging USB juga dapat menimbulkan risiko keamanan lainnya. Oleh karena itu, demi keamanan rata-rata pengguna smartphone, opsi ini biasanya tersembunyi pada aplikasi Pengaturan Sistem Android. Pastikan Anda tidak pernah membiarkan opsi USB Debugging aktif kecuali Anda adalah pengembang atau geek yang tahu kegunaannya.

Fungsi dan Kegunaan USB Debugging

Seperti yang sudah penulis uraikan sebelumnya, USB debugging memungkinkan komputer Anda untuk berkomunikasi lebih mudah dengan ponsel cerdas Anda hanya dengan menggunakan koneksi USB. Anda mungkin sudah sering mendengar istilah ADB dalam hubungannya dengan USB debugging. ADB adalah kependekan dari Alat Debug Android. Ini adalah alat yang biasanya banyak pengguna maupun pengembang gunakan ketika ponsel cerdas terhubung melalui USB ke komputer mereka.

Cara Mengaktifkan USB Debugging

Untuk mengaktifkan USB debugging, Anda perlu mengonfirmasi bahwa ponsel cerdas Anda dikenali oleh komputer Windows Anda. Untuk memeriksa ini, cukup sambungkan ponsel Anda ke PC menggunakan kabel USB yang kompatibel dan periksa apakah ponsel terdeteksi. Jika Windows tidak mengidentifikasi perangkat, Anda perlu terlebih dahulu untuk menginstal driver pada komputer sehingga dapat “berkomunikasi” ke ponsel Anda.

Pada Android versi terbaru, Anda perlu melakukan serangkaian langkah untuk mengakses menu agar bisa mengaktifkan atau menonaktifkan USB debugging.

Untuk mengaktifkan USB debugging, pertama-tama Anda harus mengaktifkan menu “Opsi pengembang” pada ponsel Android Anda (jika Anda belum melakukannya). Berikut langkah-langkah lengkapnya:

Mengaktifkan Opsi Pengembang / Developer Option

1. Buka menu Pengaturan perangkat Anda. Selanjutnya gulir ke bawah dan masuk pada bagian Tentang ponsel.
2. Ketuk pada Build number/Build version/ Software version sebanyak 7 kali hingga Anda melihat pesan konfirmasi bahwa Anda sudah masuk ke “Opsi Pengembang
3. Ketuk tombol kembali dan Anda akan melihat menu opsi Pengembang muncul pada bagian bawah halaman pengaturan. Pada beberapa ponsel, opsi ini dapat tersembunyi pada bagian bawah ‘pengaturan lainnya’.

Mengaktifkan USB Debugging

1. Untuk mengaktifkan USB Debugging, klik pada Opsi Pengembang atau Developer Option.
2. Ketuk dan gulir ke bawah hingga Anda melihat USB debugging, klik untuk memberikan tanda centang dan pilih Ok untuk mengaktifkannya.

Selamat, sekarang USB Debugging pada ponsel Anda sudah aktif. Anda sudah bisa menghubungkan ponsel Anda ke PC untuk keperluan Anda. Dan jika sudah selesai, sebaiknya Anda menonaktifkan kembali USB Debugging tersebut untuk lebih menjaga keamanan ponsel Anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.