Begini Cara Mudah Mengatur Hotspot Seluler di Android

  • Bagikan
Cara Mengatur Hotspot Seluler Pada Ponsel Anda
Cara Mengatur Hotspot Seluler Pada Ponsel Anda

Mengatur hotspot seluler pada ponsel Anda merupakan hal besar yang bisa Anda lakukan. Hal ini untuk bisa berbagi jaringan dengan orang lain ataupun orang sekitar. Sebenarnya tidak hanya itu saja, menjadikan ponsel Anda sebagai Hotspot juga membuat jaringan internet lebih stabil dari pada menggunakan layanan data secara langsung.

Cara Mengatur Hotspot Seluler Pada Ponsel Anda
Cara Mengatur Hotspot Seluler Pada Ponsel Anda

image source

Anda dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi hotspot seluler dan membagikan koneksi Anda dengan perangkat lain. Nah, pada pembahasan kali ini penulis akan berbagi cara bagaimana cara mengatur ponsel Android Anda menjadi Hotspot.

Apa itu Hotspot Seluler?

Hotspot seluler atau banyak orang menyebutnya sebagai WiFi portabel adalah WiFi yang bergerak! Saat hotspot Wi-Fi “reguler” terikat ke suatu lokasi fisik, Anda dapat membuat hotspot seluler menggunakan koneksi data smartphone untuk menghubungkan laptop ke Internet. Proses ini dapat Anda sebut juga dengan“penambatan”.

Lebih gampangnya hotspot seluler, merupakan hotspot yang bisa Anda bawa ke mana saja sesuai keinginan pemiliknya. Sebab, jaringan internet ini terhubung secara langsung melalui koneksi smartphone. Jadi kemanapun Anda membawa ponsel Android, maka disitulah Hotspot tersebut akan terpancar. Pada umumnya, Hotspot ini bisa bersifat pribadi ataupun publik. Sifat kedua biasanya terletak pada lokasi tertentu seperti hotel, kafe, perpustakaan, instansi, rumah sakit, taman, dan sebagainya. Jika Hotspot ini bersifat pribadi, biasanya dapat Anda temukan pada rumah-rumah seseorang.

Cara Mudah Mengatur Hotspot Seluler Pada Android

Anda mungkin telah melihat tombol hotspot pada bilah pengaturan cepat perangkat Anda. Meskipun itu adalah cara tercepat dan termudah untuk menghidupkan dan mematikan hotspot seluler Anda, namun sebelum hal tersebut dilakukan, Anda perlu meluangkan waktu untuk mengonfigurasinya terlebih dahulu.

Cara Mengonfigurasi Hotspot Seluler Pada Ponsel Anda

1. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk opsi Jaringan & internet.
2. Pilih Hotspot & tethering, pilih hotspot Wi-Fi.
3. Pada Halaman ini Anda akan memiliki opsi untuk mengaktifkan dan menonaktifkan fitur hotspot. Selain itu, Anda dapat mengubah nama jaringan, jenis keamanan, kata sandi, dan lainnya.
4. Ikuti petunjuk untuk menyesuaikan fitur hotspot sesuai keinginan Anda.

Nah, Anda sudah menyelesaikan konfigurasi Hotspot portable Anda. Sekarang yang tersisa untuk Anda lakukan adalah mengaktifkan fitur hotspot. Ada sakelar praktis untuk melakukannya pada Pengaturan Wi-Fi, atau Anda dapat menggunakan pengaturan cepat pada bilah pemberitahuan.

Ingatlah bahwa setiap produsen ponsel cerdas dapat menambahkan elemen UI mereka sendiri ke dalam pengaturan ini. Ini sering berarti memindahkan pengaturan dan opsi tertentu. Hal-hal lain yang mungkin sedikit berbeda tergantung pada perangkat yang Anda miliki, tetapi prosesnya tetap relatif sama.

Menyiapkan Hotspot Seluler Melalui Penambatan USB

Anda juga dapat mengatur hotspot seluler menggunakan koneksi USB ponsel Android Anda. Perlu Anda ingat bahwa ini tidak akan berfungsi dengan setiap perangkat Android. Jika perangkat Anda mendukungnya, berikut adalah langkah-langkah untuk menyiapkannya.

1. Gunakan kabel USB ponsel Android Anda untuk menghubungkannya ke komputer Anda.
2. Tunggu sebentar hingga komputer Anda mengatur koneksi.
3. Selanjutnya buka aplikasi Pengaturan, ketuk opsi Jaringan & internet.
4. Pilih Hotspot & tethering. Lalu aktifkan opsi tethering USB.
5. Proses yang sama juga dapat mengaktifkan tethering Bluetooth, tetapi kami tidak merekomendasikannya melalui Wi-Fi atau USB karena akan jauh lebih menyebabkan ponsel Anda lambat.

Menyiapkan Hotspot Seluler dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Ponsel cerdas terbaru apa pun memiliki kemampuan untuk memancarkan jaringan internet pada sekelilingnya. Bagi Anda yang menggunakan ponsel cerdas lama mungkin tidak memiliki opsi tethering/hotspot, dalam hal ini Anda mungkin bergantung pada penggunaan aplikasi pihak ketiga. Penulis merekomendasikan dua opsi favorit yang bisa Anda gunakan untuk membuat Hotspot Seluler adalah PdaNet+ dan Hotspot Wi-Fi portabel.

Cara Menghubungkan Smartphone Anda Pada Hotspot Seluler

Untuk menghubungkan smartphone pada hotspot WiFi sebagai berikut:

1. Pilih ikon WiFi pada ponsel lalu tunggu sejenak hingga jaringan nirkabel atau WiFi (SSID) muncul pada ponsel Anda.
2. Masukan password WiFi jika SSID memintanya. Namun, ada pula SSID yang tak membutuhkan password alias gratis.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.