Begini Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan di Android

  • Bagikan
Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan
Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan

Setiap Anda melakukan sesuatu pada ponsel Anda, tentunya akan memiliki sebuah riwayat, termasuk salah satunya riwayat unduhan pada Android Anda. Apapun yang Anda unduh melalui ponsel Anda, baik aplikasi, lagu ataupun file lainnya tentunya memiliki riwayat yang bisa Anda cek kapan saja pada ponsel Anda.

Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan
Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan

image source

Dalam riwayat unduhan tersebut tentunya menyimpan banyak file-file yang sudah Anda download sebelumnya. Hal ini yang terkadang membuat penyimpanan ponsel cerdas Anda sampai ke ambang batas dengan hal-hal yang tidak perlu. Maka menjadi penting untuk menghapus hal-hal yang tidak perlu baik melalui aplikasi atau secara manual pada riwayat unduhan tersebut. Berikut ini penulis berikan langkah-langkah untuk menghapus riwayat unduhan pada ponsel Android Anda.

Sebenarnya ini merupakan hal yang cukup sepele untuk menghapus riwayat unduhan dari perangkat Android Anda. Namun, masalah terbesarnya adalah tidak ada setelan terpusat untuk menghapus riwayat unduhan pada sistem Android tersebut. Pengguna harus pergi ke browser atau aplikasi masing-masing untuk menghapus riwayat yang pernah Anda lakukan. Misalnya, pengguna dapat menghapus riwayat unduhan aplikasi hanya dengan membuka Play Store. Demikian pula, riwayat unduhan browser hanya dapat Anda hapus dengan membuka browser tersebut.

Dalam panduan langkah demi langkah ini, penulis akan memberi tahu pembaca kami bagaimana mereka dapat menghapus riwayat unduhan Android tanpa aplikasi pihak ketiga apa pun pada sistem Android dan browser Chrome.

Begini Cara Mudah Menghapus Riwayat Unduhan pada Android

Ada beberapa metode berbeda untuk menghapus riwayat unduhan dari ponsel Android Anda. Penulis akan memberikan metode paling sederhana untuk menghapus riwayat unduhan pada ponsel Android dan browser Anda.

Menghapus Riwayat Unduhan Tanpa Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk lebih mudahnya dalam menghapus riwayat item yang Anda unduh adalah dengan menuju ke aplikasi Unduhan.

1. Buka folder Download pada manajer file smartphone Anda.
2. Kemudian, pilih item dengan menekannya lebih lama. Anda juga dapat memilih beberapa item atau bahkan semua item sekaligus.
3. Sekarang, tekan ikon tempat sampah yang ada pada bilah atas. Tunggu hingga Anda berhasil menghapusnya.

Menghapus Riwayat Unduhan pada Google Chrome

Seperti cara di atas tadi, menghapus riwayat unduhan bahkan lebih mudah jika Anda melakukannya menggunakan browser Google Chrome. Ikuti langkah-langkah berikut ini agar Anda bisa menghapusnya dengan mudah:

1. Buka browser Chrome pada ponsel Android Anda.
2. Ketuk ikon tiga titik horizontal dan pilih Unduhan.
3. Tekan lama untuk memilih file.
4. Kemudian ketuk ikon tempat sampah untuk menghapus item tersebut.

Menghapus Riwayat Unduhan pada Google Play Store

Apakah Anda khawatir tentang riwayat unduhan Aplikasi baru-baru ini pada Google Play Store Anda? Anda pastinya akan melihat daftar riwayat aplikasi yang pernah Anda instal sebelumnya. Nah, jika Anda tidak ingin melihatnya lagi, cobalah dengan menghapus riwayatnya melalui cara berikut ini.

1. Buka Google Play Store dan klik logo profil pada bagian atas.
2. Buka opsi Aplikasi & Game Saya.
3. Sekarang, Geser jari Anda dari kanan ke kiri untuk beralih antara Pembaruan, Terpasang dan Perpustakaan.
4. Pada opsi Perpustakaan/koleksi, ketuk ikon silang untuk menghapus aplikasi yang ada dalam daftar riwayat tersebut.

Dengan melakukan cara seperti ini, maka riwayat unduhan pada Google Play Store Anda akan hilang dan Anda tidak akan menemukannya lagi. Kecuali Anda instal dan hapus aplikasi tersebut, maka riwayat tersebut secara otomatis akan terisi kembali.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.