Begini Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android

  • Bagikan
Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android
Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android

Mengirim foto dari iPhone ke Android tentunya bukanlah sebuah masalah besar. Akan tetapi bagi yang tidak mengetahuinya, bisa jadi ini merupakan hal rumit yang mesti pengguna lakukan. Sebenarnya melakukan transfer file apapun, baik foto maupun file lainnya dari iPhone sekarang sangat mudah. Dengan menggunakan banyak fitur baik pada iPhone sendiri ataupun Android, semuanya bisa Anda lakukan dengan mudah.

Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android
Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android

image source

Setiap orang pastinya tidak akan pernah berhenti untuk mengabadikan momen kehidupan yang berharga dalam setiap harinya. Terlepas dari kemajuan besar dalam pencitraan digital dan interkonektivitas seluler, saat ini sudah semakin mudah melakukan transfer foto antar perangkat terutama untuk platform berbeda. Misalnya, antara iPhone dan ponsel Android.

Jika Anda memiliki keduanya atau beralih dari iPhone ke Android, pada akhirnya Anda sudah saatnya untuk mengetahui cara mentransfer foto antar perangkat tersebut. Berikut ini penulis akan menunjukkan berbagai cara untuk melakukan transfer foto dari perangkat iPhone Anda ke Android.

Begini Cara Mudah Mengirim Foto dari iPhone ke Android

Transfer Foto Menggunakan Komputer

Cara termudah untuk mentransfer foto Anda adalah dengan menyalinnya menggunakan komputer, dari direktori foto default iPhone ke folder penyimpanan Android. Untuk metode ini, Anda memerlukan kabel PC dan USB untuk iPhone dan ponsel Android Anda. Pastikan Anda telah menginstal driver perangkat dari kedua perangkat tersebut agar dapat terdeteksi.

1. Hubungkan iPhone Anda ke PC . Lalu hidupkan perangkat dan buka kuncinya layarnya.
2. Pada komputer Anda, klik tombol Start pada bagian pojok kiri bawah.
3. Buka aplikasi Foto. Pilih Impor. Hit Dari perangkat USB.
4. Ikuti instruksi yang muncul pada layar. Sekarang Anda dapat memilih foto mana yang ingin Anda impor dan lokasinya.
5. Selanjutnya hubungkan ponsel Android Anda ke komputer.
6. Buka folder tempat Anda menyimpan foto. Pilih foto yang ingin Anda salin, klik kanan, dan pilih Salin.
7. Lalu buka folder penyimpanan pada Android melalui komputer tersebut, temukan ponsel Android Anda, dan buka folder DCIM dalam ponsel.
8. Klik kanan dan pilih Paste.

Transfer Foto Menggunakan Google Drive

Google Drive akan membuat proses transfer foto dari iPhone ke Android menjadi lebih sederhana. Tentu saja, ada beberapa batasan. Penyimpanan cloud mengirimkan foto Anda ke server melalui internet. Ini berarti siapa pun dengan kecepatan internet lambat mungkin harus menunggu lama untuk mengunggah dan mengunduh foto dalam jumlah besar.

Selain itu, Google hanya memberi Anda kapasitas penyimpanan sebesar 15GB secara gratis. Hal ini dapat Anda isi dengan cepat setelah menyimpan foto selama beberapa tahun. Anda harus membayar untuk penyimpanan ekstra jika perpustakaan foto Anda lebih besar dari 15 GB atau Anda bisa menghapus file foto lama Anda yang tersimpan pada Google Drive.

1. Pada iPhone Anda, download terlebih dahulu Google Drive dari Apple App Store.
2. Buka Google Drive dan masuk ke akun Google Anda.
3. Selanjutnya pilih Unggah foto yang ingin Anda masukkan pada Google Drive Anda.
4. Ketuk Unggah. Tunggu sampai foto berhasil diunggah.
5. Sekarang, pindah ke ponsel Android Anda. Untuk Android biasanya Google Drive sudah terpasang secara default. Jika Anda tidak terlanjur menghapus, silahkan unduh dari Google Play Store terlebih dahulu.
6. Buka Google Drive. Temukan dan pilih gambar yang Anda unggah melalui perangkat iPhone Anda.
7. Ketuk tombol menu tiga titik pada sudut kanan atas. Kemudian tekan Unduh.
8. Foto yang berhasil Anda unduh akan masuk ke folder Unduhan pada ponsel Android Anda. Anda dapat menggunakan manajer file apa saja untuk mentransfernya ke folder DCIM pada ponsel Anda.

Selain itu, layanan penyimpanan cloud lainnya seperti Dropbox dan OneDrive juga bisa Anda manfaatkan.

Transfer Menggunakan Google Foto

Anda bisa memanfaatkan Google Foto untuk melakukan transfer file antar perangkat tersebut. Google memiliki layanan cloud khusus yang hanya berisikan Foto. Aplikasi Google Foto tersebut adalah alternatif untuk mentransfer foto dari iPhone ke Android. Perbedaan antara Google Foto dan Google Drive adalah hanya pada unggahan semua jenis file yang tersedia pada Google Drive. Sedangkan Google Photos hanya khusus untuk menyimpan foto dan video saja.

Untuk menggunakannya, caranya hampir sama dengan menggunakan Google Drive. Pada perangkat iPhone terlebih dahulu mendownload aplikasi Google Photos ini kemudian melakukan upload semua foto yang ada pada perangkat iPhone Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.