Begini Cara Mudah Mengirim Pesan ‘Sekali-Lihat’ Pada WhatsApp

  • Bagikan
Cara Menggunakan Pesan Sekali Lihat Pada WhatsApp
Cara Menggunakan Pesan Sekali Lihat Pada WhatsApp

WhatsApp menambahkan fitur baru, yakni Pesan ‘Sekali-Lihat’ yang berfungsi saat Anda mengirim pesan. Hal ini juga bisa Anda katakan sebagai pesan sementara, jadi setelah Anda membacanya, maka pesan tersebut akan terhapus secara otomatis.

Cara Menggunakan Pesan Sekali Lihat Pada WhatsApp
Cara Menggunakan Pesan Sekali Lihat Pada WhatsApp

image source

Beberapa bulan lalu desas-desus kehadiran fitur ini mulai muncul ke publik. Dalam sebuah kutipan, WhatsApp mengatakan tengah menyiapkan fitur baru yang bisa memiliki banyak manfaat kepada pengguna. Terutama jika hal ini menyangkut percakapan rahasia, yang akan lebih terjamin kerahasiaannya. Karena dalam konsep fitur tersebut, pesan akan hilang setelah penerima membacanya. Tanda baca itu, biasanya berubahnya tanda “centang dua” dari warna abu-abu ke warna biru.

Ternyata, setelah WhatsApp memperkenalkan fitur ini secara beta, penerima kemudian akan dapat melihat foto atau video hanya sekali saja. Setelah itu pesan akan hilang dari percakapan Anda. Seperti mengutip dari laporan situs web Wabetainfo, fitur tersebut saat ini sudah mulai meluncur kepada beberapa pengguna, namun belum secara keseluruhan!

Terkait masalah WhatsApp dan privasi tentunya memiliki kisah tanpa akhir. Dalam versi WhatsApp messenger saat ini, belum ada mode penghapusan otomatis dari percakapan yang Anda buat. Akan tetapi, setelah Anda mengaktifkannya, semua pesan dengan mitra obrolan Anda akan terhapus secara permanen. Dengan opsi baru, Anda hanya dapat menyalakan sekring pada pesan tertentu yang biasanya akan muncul dekat dengan tombol kirim pesan.

Orang-orang dari Wabetainfo menemukan fitur tersebut pada WhatsApp messenger versi terbaru dengan nomor versi 2.21.14.3. Seperti biasa, jika Anda belum mendapatkan versi ini, lakukan pembaruan terlebih dahulu melalui Google Play Store. Jika Anda tidak mendapatkannya, Anda dapat mengunduh versi WhatsApp terbaru dari APKMirror, kemudian menginstalnya.

Begini Cara Mudah Mengirim Pesan ‘Sekali-Lihat’ Pada WhatsApp

1. Tulis pesan apapun atau pilih foto yang Anda ingin Anda kirimkan ke penerima dengan lihat hanya sekali.
2. Kemudian pada sebelah bidang keterangan atau tempat Anda mengetik, Anda akan melihat icon “1” kecil dalam sebuah lingkaran.
3. Aktifkan icon tersebut dengan mengetuknya hingga berubah warna biru, kemudian klik Kirim.

Mengirimkan Pesan Sekali Lihat
Mengirimkan Pesan Sekali Lihat

image source

4. Maka si penerima akan dapat melihat gambar atau pesan tersebut, hanya dengan satu kali ketukan. Setelah itu pesan akan hilang atau terhapus dengan sendirinya.

Namun, seperti Snapchat dan aplikasi perpesanan lainnya, pengguna masih dapat membuat tangkapan layar dari pesan satu kali tersebut. Jadi Anda tidak boleh terlalu yakin tentang apa pun yang akan Anda kirim dan kemudian bisa hilang selamanya.

Lantas bagaimana pendapat Anda tentang fitur baru WhatsApp tersebut? Namun setidaknya menurut penulis, fitur ini sedikit lebih bermanfaat untuk Anda yang ingin berkirim pesan tanpa orang lain membacanya. Karena itu hanya kemungkinan kecil, penerima akan melakukan screenshot terhadap setiap pesan yang Anda kirimkan.

Lantas, kapan kita akhirnya akan mendapatkan fitur tersebut secara resmi? Sejauh ini belum ada informasih terkait apakah pembaruan tersebut sudah meluncur ke Google Play Store atau tidak. Namun yang pasti jika Anda ingin mencoba menggunakan fitur tersebut, Anda dapat menggunakan beberapa cara yang penulis sebutkan di atas.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.