Begini Cara Mudah Menyinkronkan Fitbit Anda dengan Google Fit

  • Bagikan
Cara Menyinkronkan Fitbit
Cara Menyinkronkan Fitbit

Menyinkronkan Fitbit ke Google Fit merupakan salah satu cara membuat data tracker kesehatan Anda selalu terupdate pada layanan Google. Biasanya Fitbit hanya menyimpan data hasil tracker kebugaran Anda dalam perangkatnya saja. Jadi ketika suatu saat Anda membutuhkan data tersebut, atau lebih parahnya kehilangan pelacak kebugaran Anda, Anda masih menyimpan data-data Anda pada Google Fit.

Cara Menyinkronkan Fitbit
Cara Menyinkronkan Fitbit

image source

Sekarang ini memang tidak ada dukungan resmi untuk menyinkronkan data antara Fitbit dan Google Fit. Namun, kendati begitu beberapa aplikasi pihak ketiga yang bagus memungkinkan hal ini terjadi dengan lebih mudah. Nah, dalam panduan ini, penulis akan menjelaskan bagaimana Anda dapat menautkan kedua layanan tersebut dengan mudah. Sehingga data tracing kesehatan Anda juga dapat Anda akses melalui Google Fit.

Apa Itu Google Fit?

Google Fit merupakan Aplikasi yang berperan sebagai gudang penyimpanan data aktivitas penggunanya yang direkam melalui perangkat Android atau aplikasi yang menggunakan SDK Google Fit.

Sebelumnya, Google memperkenalkan Google Fit ini dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O pada San Francisco, California, Amerika Serikat, bulan Juni lalu. Aplikasi kesehatan ini sifatnya terpisah dari versi wearable. Ini berfungsi untuk semua perangkat Android yang mendukung dan menyediakan cara untuk melihat data aktivitas dan kesehatan penggunanya dalam satu antarmuka yang terpusat.

Setiap orang bisa memantau kebugaran mereka melalui smartphone Anda masing-masing. Bahkan, bagi yang tidak suka olahraga sekalipun. Aplikasi ini bermanfaat untuk memantau kondisi kebugaran tubuh kita setiap harinya. Dengan demikian, kita jadi termotivasi untuk tetap sehat dan peduli dengan kondisi tubuh sendiri.

Sebelumnya untuk memantau kebugaran tubuh Anda, Anda perlu memakai perangkat wearable khusus yang ada pada pergelangan tangan Anda. Namun kini akan semakin mudah dengan hanya memegang ponsel Anda dan menginstal pelacak kebugaran Google Fit dari Play Store.

Apa yang Anda Butuhkan Untuk Menyinkronkan Dua Layanan Tersebut?

Pertama, Anda memerlukan pelacak Fitbit. Kedua, Anda harus mengunduh Fitbit dan Google Fit dari Play Store. Tentu saja, jika Anda sudah menjadi pengguna Fitbit, kemungkinan besar Anda sudah menginstal yang pertama. Setelah ini, Anda cukup unduh Health Sync dari Play Store.

Melalui aplikasi Health Sync akan memberi pengguna uji coba satu minggu, setelah itu Anda dapat berlangganan aplikasi atau membatalkan pembayaran satu kali untuk lisensi permanen. Namun demikian, masa uji coba cukup lama untuk memberikan pengalaman aplikasi yang memadai bagi Anda.

Inilah Cara Menyinkronkan Fitbit dengan Google Fit dengan Menggunakan Health Sync

Setelah semua penginstalan selesai, silahkan buka aplikasi Health Sync dan ikuti langkah-langkahnya untuk menyinkronkan data Fitbit Anda dengan Google Fit.

1. Layar pertama biasanya akan menampilkan kotak yang merinci Tindakan Penggunaan Pertama. Ketuk saja Ok. Sekarang aplikasi akan meminta Anda untuk menentukan arah sinkronisasi antara layanan yang ingin Anda sinkronkan. Aplikasi akan meminta Anda untuk memilih aplikasi sumber dan aplikasi tujuan dalam dua langkah berikutnya.
2. Anda sekarang dapat memilih sumber sinkronisasi dasar Anda. Ini adalah aplikasi sumber yang ingin Anda sinkronkan dengan aplikasi lain. Dalam hal ini, ketuk Fitbit. Kemudian Anda akan melihat layar baru yang memungkinkan Anda memilih aplikasi tujuan. Ketuk Google Fit. Setelah Anda pilih, ketuk Ok.
3. Selanjutnya, Anda harus menyetujui pernyataan untuk menyinkronkan kedua layanan tersebut. Ketuk Deklarasi Persetujuan dan baca pernyataannya. Jika Anda setuju, ketuk Ok.
4. Maka aplikasi Health Sync akan memungkinkan Anda memilih bidang mana yang ingin Anda sinkronkan dengan mengetuk kotak centang masing-masing. Ini termasuk langkah, aktivitas, tidur, berat badan dan nutrisi, dan data air. Khususnya, data detak jantung tidak dapat Anda sinkronkan dari Fitbit ke aplikasi lain.
5. Selanjutnya aplikasi akan meminta izin tambahan yang mungkin diperlukan. Jika Anda setuju dengan ini, ikuti petunjuknya. Dan terakhir, untuk memeriksa apakah semuanya berfungsi, ketuk tombol Sync Status. Jika cek mengembalikan Ok, maka Anda sedang menyinkronkan data dari Fitbit ke Google Fit!

Jika Anda ingin mengubah metrik yang ingin Anda sinkronkan, Anda dapat kembali ke aplikasi Health Sync kapan saja untuk mengubahnya. Aplikasi ini juga menyarankan Anda menonaktifkan pelacakan aktivitas otomatis dalam Google Fit, karena ini dapat mengganggu data yang disinkronkan antara Fitbit dan Google Fit.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.