Begini Cara Transfer Foto dan Video Facebook ke Google Foto

  • Bagikan
Cara Mudah Transfer Foto dan Video Facebook
Cara Mudah Transfer Foto dan Video Facebook

Melakukan transfer foto dan video Facebook ke Google Foto merupakan salah satu hal yang baru. Mungkin sebelumnya pengguna tidak pernah tahu jika Facebook memiliki fitur untuk membackup semua data foto dan video ke google foto. Cara ini bisa Anda lakukan untuk semua pengguna facebook tanpa terkecuali selama Anda masih memiliki space yang cukup pada cloud Google Foto Anda.

Cara Mudah Transfer Foto dan Video Facebook
Cara Mudah Transfer Foto dan Video Facebook

image source

Facebook lebih dulu hadir sekitar empat tahun sebelum ponsel Android masuk ke pasaran. Hal itu menunjukkan jika banyak dari Anda yang memiliki foto masih banyak yang tersimpan pada akun Facebook. Karena galeri ponsel Android baru dapat menyinkronkan foto secara otomatis ke Google Foto sejak tahun 2020 lalu.

Hal ini mungkin tampak agak merepotkan jika Adnda melakukannya secara manual mengunduh semua foto dan kemudian mengunggahnya kembali ke cloud Google Foto. Akan tetapi untungnya, ada cara yang jauh lebih mudah yakni dengan langsung mentransfer semua Foto dan Video yang ada pada akun Facebook ke Google Foto. Dengan menggunakan alat migrasi tersebut, Anda dapat dengan mudah menyalin semua media Anda ke Google Foto agar lebih aman.

Apa Alat Migrasi Foto dan Video Facebook Tersebut?

Alat migrasi foto dan video Facebook adalah produk dari Proyek Transfer Data. Ini merupakan inisiatif bersama antara Microsoft, Twitter, Facebook, dan lainnya yang menjanjikan portabilitas data yang lebih besar antar layanan. Setelah debut di Irlandia pada Desember 2019 lalu, alat migrasi foto dan video Facebook akhirnya hadir di Amerika Serikat dan Kanada pada April 2020.

Alat ini cukup mudah dalam hal fungsionalitas. Dalam lima langkah sederhana, pengguna dapat membackup seluruh pustaka foto atau video Facebook mereka ke Foto Google. Ini tidak membutuhkan sebuah aplikasi khusus. Raksasa media sosial itu telah berjanji bahwa lebih banyak layanan foto akan mendukungnya pada masa depan, meskipun Google Foto adalah yang pertama keluar. Nah biar tidak bingung, berikut cara mudah untuk melakukannya.

Begini Cara Transfer Foto dan Video Facebook ke Google Foto

Langkah 1: Buka Pengaturan Facebook

Anda dapat dengan mudah mengakses alat migrasi foto dan video Facebook dari dalam aplikasi Facebook melalui ponsel Anda. Cukup buka aplikasi Facebook Anda, ketuk menu hamburger pada bagian sudut kanan atas layar Anda, gulir ke bawah ke bagian bawah halaman, dan klik “Pengaturan.”

Langkah 2: Transfer Salinan Foto atau Video Anda

Transfer Media Facebook ke Google Foto
Transfer Media Facebook ke Google Foto

Anda perlu menggulir lebih jauh ke bawah halaman. Maka Anda akan melihat menu “Informasi Facebook Anda”. Di bagian bawah bagian ini, Anda ingin mengetuk “Transfer Salinan Foto atau Video Anda”.

Langkah 3: Masukkan Kata Sandi Facebook

Untuk memastikan Anda adalah orang yang mentransfer foto atau video Anda, Facebook mengharuskan pengguna untuk memasukkan kata sandi Facebook Anda. Jika karena alasan apa pun Anda lupa atau salah kata sandi Facebook Anda, maka Anda dapat mengklik tautan “Lupa Kata Sandi?” Maka aka muncul jendela untuk memulai proses pemulihan kata sandi.

Langkah 4: Pilih Tujuan

Selanjutnya, Anda harus memilih tujuan untuk Foto dan Video Anda. Saat ini, Google Foto adalah satu-satunya layanan yang berfungsi dengan alat migrasi foto dan video Facebook, meskipun lebih banyak lagi yang akan janjikan untuk masa mendatang.

Anda juga harus memilih apakah Anda ingin memigrasi foto atau video Anda terlebih dahulu. Ingatlah bahwa keduanya tidak dapat ditransfer pada waktu yang sama. Anda perlu mengulangi proses ini jika ingin memindahkan semua media Facebook Anda ke Foto Google.

Terakhir, setelah Anda memilih “Berikutnya”, Anda harus memberikan izin kepada Facebook untuk menambahkan konten ke akun Foto Google Anda.

Langkah 5: Konfirmasi Transfer

Terakhir, ketuk “Konfirmasi Transfer” untuk memulai proses migrasi. Layanan ini akan membutuhkan sedikit waktu untuk mentransfer gambar Anda dan mengunggahnya ke Google Foto, terutama jika Anda memiliki perpustakaan Foto yang lebih besar.

Setelah proses selesai, Anda sekarang akan menemukan serangkaian album baru dalam Google Foto Anda. Semuanya dimulai dengan nama “Salinan …” Ini akan langsung sesuai dengan nama album foto Anda pada Facebook.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca juga: Cara Membuat Foto di Android Tersimpan Otomatis di Google Foto

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.