Begini Langkah-Langkah Mudah Mencadangkan Data Android ke Cloud

  • Bagikan
Cara Mudah Melakukan Backup Ponsel Android ke Cloud
Cara Mudah Melakukan Backup Ponsel Android ke Cloud

Pernahkah terbesit dalam pikiran Anda untuk melakukan backup ponsel Android ke Cloud. Hal ini untuk membuat cadangan data dalam waktu tertentu agar data bisa tersimpan dengan aman. Jadi selain pada ponsel, Anda juga memiliki cadangkan data yang bisa Anda ambil kapan saja Anda mau.

Cara Mudah Melakukan Backup Ponsel Android ke Cloud
Cara Mudah Melakukan Backup Ponsel Android ke Cloud

image source

Cloud atau yang biasa Anda sebut sebagai penyimpanan awan adalah model penyimpanan data di mana data digital tersimpan dalam kumpulan yang logis. Pengguna dapat membeli ataupun menyewa kapasitas penyimpanan dari penyedia layanan cloud tersebut untuk menyimpan data-data Anda, baik data pribadi, data organisasi, ataupun data aplikasi.

Memiliki ponsel Android memang hal yang baik, bahkan bisa membuatnya begitu penting untuk membantu pekerjaan, hobi, dan urusan kita sendiri. Namun keberadaan data akan jauh lebih berharga daripada perangkat itu sendirii. Maka itulah sebabnya membuat cadangan dapat melindungi data Anda dari ponsel yang hilang, rusak, atau bahkan penghapusan yang tidak Anda sengaja.

Mengapa Anda Perlu Mencadangkan Ponsel Android Anda ke Cloud?

Meskipun pencadangan lokal sangat bagus, sebaiknya Anda juga memelihara cadangan cloud. Sebagai permulaan, ini membuatnya jauh lebih mudah untuk beralih ke perangkat baru. Semua data Anda tepat pada tempat Anda meninggalkannya. Selain itu, hard drive rentan terhadap kehilangan data. Dan bagi sebagian besar pengguna, pencadangan cloud adalah alternatif yang bagus untuk membuat pusat data Anda sendiri secara terpisah dari perangkat Anda.

Salah satu cara terbaik untuk menjaga keamanan file Anda adalah dengan melakukan backup data ponsel Android Anda ke cloud. mencadangkan ke cloud adalah salinan file Anda yang disimpan secara online. File Anda akan tersimpan pada server dan dapat Anda akses dari perangkat apa pun, selama Anda memiliki koneksi internet.

Cara Mudah Melakukan Backup Ponsel Android ke Cloud

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan ponsel Android Anda masuk ke akun Google. Jika akun Anda sudah masuk, OS akan mencadangkan pengaturan ponsel Android Anda dan mengaktifkan sinkronisasi untuk kontak, bookmark, kata sandi, dan lainnya secara default.

Ada dua pilihan yang tersedia. Anda dapat mencadangkan semua gambar Anda dalam kualitas tinggi hanya dengan sedikit kompresi atau membayar cadangan yang tidak terkompresi menggunakan penyimpanan Drive Anda. Kualitas kompresi Google sangat baik, dan sebagian besar pengguna jarang melihat perbedaan antara versi terkompresi dan tidak terkompresi. Faktanya, jika Anda jarang meletakkan gambar Anda pada layar lebar, unggahan berkualitas tinggi sudah cukup.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat: Google Foto mengakhiri penawaran unggahan berkualitas tinggi gratis mulai 1 Juni 2021. Sejak saat itu, semua konten baru diperhitungkan dalam batas penyimpanan Google Drive Anda. Pencadangan Google Foto tidak lagi benar-benar gratis kecuali Anda dapat menggunakan penyimpanan dasar yang Anda dapatkan dari Google.

Google menawarkan berbagai tingkatan penyimpanan mulai dari 100GB hingga beberapa terabyte penyimpanan. Ini akan memungkinkan Anda mencadangkan semua foto dan video Anda seperti semula. Ruang penyimpanan ini digunakan bersama dengan Google Drive dan dapat Anda gunakan untuk menyimpan file lain juga.

Berikut Cara Mencadangkan Ponsel Android Anda Secara Otomatis ke Google Drive:

1. Buka aplikasi Pengaturan pada ponsel Anda.
2. Pilih Sistem.
3. Tekan Cadangan.
4. Aktifkan Cadangkan ke Google Drive.
5. Pilih akun mana yang ingin Anda backup ponsel Android Anda.
6. Kamudian pilih Cadangkan sekarang.

Terakhir, Google akan secara otomatis mencadangkan banyak layanannya untuk Anda, jika Anda mengizinkannya. Anda dapat mengontrol apa yang Anda ingin Google sinkronkan. Cukup ikuti langkah-langkah ini untuk mempersonalisasi cadangan ponsel Anda.

Cara Menyinkronkan Data Anda dengan Google

1. Buka aplikasi Pengaturan Anda. Kemudian pilih akun Google Anda.
2. Pilih Sinkronisasi akun.
3. Anda cukup “Aktifkan” layanan mana pun yang ingin Anda cadangkan.

Apakah saya memiliki opsi lain untuk mencadangkan foto ke cloud? Jika Anda tidak ingin mencadangkan ponsel Android Anda ke server Google, ada lebih dari beberapa opsi yang tersedia. Google Foto mungkin merupakan salah satu layanan pencadangan foto paling sederhana. Akan tetapi tidak selalu menawarkan kontrol terperinci atas cara Anda mengatur gambar.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.