Begini Trik Mudah Menjadikan Aplikasi WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet

Ada trik mudah yang bisa kamu lakukan agar aplikasi WhatsApp tidak boros terhadap kuota internet. Apalagi yang menggunakan paket data. Jika menggunakan jaringan WiFi, mungkin itu tidak terlalu menjadi masalah, karena kuota jauh lebih besar.

Trik Mudah Menjadikan Aplikasi WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet
Trik Mudah Menjadikan Aplikasi WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet – image source

Tercatat hingga saat ini, pengguna WhatsApp sudah tembus ke angka 2 Miliar secara global. Hal itu diumumkan WhatsApp melalui blog resminya yang dikutip dari kompas.com. Namun Sayangnya, WhatsApp tidak menjabarkan lebih detail mengenai pertumbuhan penggunanya. Tidak disebutkan pula proporsi wilayah mana yang paling banyak menggunakan aplikasi tersebut.

WhatsApp merupakan aplikasi perpesanan gratis yang tersedia untuk Android dan ponsel cerdas lainnya. WhatsApp menggunakan koneksi Internet telepon Anda dengan konektivitas jaringan mulai dari 4G/3G/2G/EDGE atau Wi-Fi yang memungkinkan Anda mengirim pesan dan menelepon teman, kerabat dan keluarga anda.

Ada banyak keunggulan yang dimiliki oleh WhatsApp, diantaranya Bebas biaya, multimedia, penggilan gratis, chat group, WhatsApp Web, tanpa biaya internasional, terhubung dengan cepat pada semua kontak, dan pesa offline.

Dari banyaknya fitur dan keunggulan tersebut, bukan tidak mungkin jika aplikasi WhatsApp ini tentunya akan menguras banyak kuota internet jika digunakan seharian. Oleh karenanya, dalam tulisan ini kami akan memberikan trik bagaimana menghemat kuota internet dalam aplikasi WhatsApp.

Trik Mudah Menjadikan Aplikasi WhatsApp Tidak Boros Kuota Internet

Cara ini khusus untuk kamu yang ingin membuat aplikasi WhatsApp agar lebih hemat kuota internet. Kamu harus melakukan beberapa perubahan pada pengaturan Aplikasi terkait dengan penerimaan juga pengiriman foto dan video. Tidak perlu memblokir semuanya, melainkan kalian bisa memanfaatkan koneksi WiFi untuk menerima file multimedia tersebut.

1. Pertama, silahkan buka Aplikasi WhatsApp di smartphone kamu, kemudian masuk ke menu Settings terlebih dahulu.

2. Selanjutnya pilih menu Data and storage usage untuk mengatur kapasitas data yang akan digunakan untuk menerima atau mengirim media.

3. Silahkan kamu atur terlebih dahulu pengiriman dan penerimaan foto, audio, video, dan juga dokumen dengan cara menghilangkan tanda centang seperti pada gambar ini.

Trik Aplikasi WhatsApp
Trik Aplikasi WhatsApp

Maka dengan menerapkan cara di atas, semua file multimedia yang masuk pada WhatsApp kamu, tidak akan terdownload secara otomatis, sehingga hal ini yang dapat menjadikan kuota internet tidak boros. Kamu bisa mendownladnya secara manual.

Itulah cara mudah untuk menghemat kuota saat penggunaan aplikasi WhatsApp, semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.