Benarkah Xiaomi Meri Akan hadir dengan Prosessor PineCone Buatan Xiaomi Sendiri?

Beberapa waktu lalu sempat muncul sebuah informasi mengenai Xiaomi yang akan memakai Chipset Rancangan Sendiri untuk perangkat Smartphone mereka yang akan di rilis akhir tahun

Xiaomi
Xiaomi

Prosessor tersebut kabarnya sedang di persiapkan untuk smartphone dengan harga murah yang akan dirilis akhir tahun tersebut.Rencana tersebut tampaknya sudah diagendakan sejak lama; pada tahun 2014 silam, sebuah perusahaan bernama Pinecone Electronics yang ada di bawah kendali Xiaomi telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan desainer chip Leadcore untuk merancang chip 4G dengan dukungan multiple mode. Jika Anda ingat, Xiaomi sudah sempat menggunakan chip rancangan Leadcore di tahun 2015, tepatnya ketika mereka mengumumkan Redmi 2A.

Jika Anda ingat, kemarin muncul bocoran informasi skor benchmark dari Xiaomi Meri yang memiliki performa dari perangkat kelas menengah ke bawah, dan benchmark tersebut tak memberikan keterangan tentang nama chip prosesor yang dipakai. Akun Weibo @Science and Technology mencurigai bahwa chip prosesor yang dipakai di Xiaomi Meri tampaknya merupakan chip buatan Pinecone, dan sejumlah bukti seperti data EXIF dari bocoran foto screenshot Xiaomi Meri juga dengan jelas memperlihatkan kata PINECONE.

Mengingat prosesor ini ditujukan untuk produk berharga terjangkau, maka tak heran jika performanya jauh di bawah chip mobile kelas flagship saat ini, seperti Snapdragon 821 atau A10 Fusion milik Apple.

Kedatangan Prosessor dari Xiaomi ini nampaknya akan jadi sebuah kabar yang kurang sedap untuk penyedia Prosessor langganan Xiaomi yaitu Qualcomm dan MeidaTek karena perangkat Xiaomi ini sering di buru para pengguna smartphone yang mencari harga murah.xiaomi-prosessor-pinecone

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *