Berikut Cara Membedakan Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2

  • Bagikan
Samsung Berencana Hadirkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2
Samsung Berencana Hadirkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2

Sejak peluncuran smartphone lipat pertama kalinya, telah ada peningkatan yang konsisten pada bagian tertentu khususnya pada perangkat lipatnya. Sebenarnya jika kita mau melihat lebih jauh, sampai sekarang pun, smartphone lipat tersebut masih jauh dari sempurna. Artinya banyak perbaikan yang Samsung perlu lakukan untuk membuatnya lebih baik.

Samsung Berencana Hadirkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2
Samsung Berencana Hadirkan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2

image source

Namun, berbeda dengan dua smartphone besutan Samsung ini. Menurut laporan terbaru, dua smartphone lipat Samsung berikutnya akan memiliki sertifikasi IP, yakni akan memiliki ketahanan air atau debu. Perangkat tersebut adalah Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2.

Sebuah laporan lain menunjukkan bahwa perangkat tesebut memang akan memiliki ketahanan debu dan air. Namun, tingkat peringkat spesifikasinya saat ini belum juga diketahui secara pasti. Karena tingkat peringkat IP sebenarnya berbeda. Misalnya, sebagian besar ponsel cerdas yang ada di pasaran hadir dengan peringkat IP67. Peringkat ini berarti perangkat memiliki perlindungan dari debu dan benda asing lainnya. Selain itu, dapat bekerja di air sedalam 1m selama 30 menit. Untuk IP68, ini tahan air dan kedalaman perendaman meningkat menjadi 1,5m untuk sebagian besar perangkat.

Samsung Mengklaim Hanya akan Ada Dua Ponsel Lipat Tahun Ini

Lebih lanjut, Samsung sebelumnya mengajukan merek dagang bernama “Armor Frame”. Ini diharapkan membawa bingkai tengah yang lebih kuat pada Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2. Selain itu, laporan tersebut mengatakan bahwa kedua ponsel tersebut diharapkan akan mulai rilis pada bulan Juli mendatang, dan harga Galaxy Z Fold 3 mungkin akan berada pada kisaran Rp28 jutaan.

Namun berbeda dengan spekulasi sebelumnya yang beredar, bahwa Samsung kemungkinan akan meluncurkan hingga empat smartphone lipat tahun ini. Namun sejauh ini masih terbukti salah dengan spekulasi tersebut. Selain itu, masalahnya juga ada pada pasar. Sampai saat ini pasar belum siap untuk begitu banyak menampung smartphone yang bisa dilipat dalam satu tahun. Selain karena memang harganya yang begitu mahal, juga peminatnya yang tidak begitu banyak. Tak hanya itu saja, dengan mempertimbangkan efek pandemi, konsumen mungkin tidak mau mengeluarkan banyak uang untuk saat ini.

Perbedaan Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 2

Kehadiran smartphone lipat dari satu generasi ke generasi lainnya memang mengalami banyak perubahan. Terutama Samsung mengatasi masalah pada daya ketahanannya. Perlu Anda ingat, bahwa Samsung Galaxy Z Flip memperkenalkan layar lipat Ultra-Thin Glass pertama dan engsel yang kokoh. Sedangkan pada Samsung Galaxy Z Fold menggunakan panel UTG dengan engsel yang lebih baik.

Dengan model baru yang akan datang, Samsung akan menambahkan sertifikasi IP pada dua smartphonenya tersebut. Sejauh ini, tidak ada smartphone lipat dari Samsung yang memiliki sertifikasi IP. Namun, dengan laporan terbaru, tampaknya banyak hal akan berubah.

So, mengenai spesifikasi lainnya, belum ada bocoran yang mengungkap tentang kehadiran dua smartphone tersebut. Namun yang pasti perbedaan utamanya hanya terletak pada bagian panel yang digunakannya. Jika Samsung Galaxy Z Flip akan tetap mempertahankan layar lipat Ultra-Thin Glass dengan engsel yang kokoh. Sedangkan pada Samsung Galaxy Z Fold akan menggunakan panel UTG dengan engsel yang lebih baik.

Semoga tulisan bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.