Berikut Cara Memperbaiki Aplikasi yang Crash di Android 12 Beta

  • Bagikan
Cara Memperbaiki Aplikasi Crash Pada Android 12 Beta
Cara Memperbaiki Aplikasi Crash Pada Android 12 Beta

Memperbaiki aplikasi crash tentunya menjadi hal yang wajib untuk segera Anda lakukan pada ponsel Android. Karena jika Anda membiarkannya, akan menjadi masalah besar, dan Anda tidak akan dapat menggunakannya aplikasi tersebut kembali.

Cara Memperbaiki Aplikasi Crash Pada Android 12 Beta
Cara Memperbaiki Aplikasi Crash Pada Android 12 Beta

image source

Aplikasi yang crash disebabkan oleh banyak hal. Namun yang menjadi pembahasan penulis kali ini adalah mengenai aplikasi crash karena menggunakan Android 12 Beta. Google memang baru saja merilis Android 12 Beta ke publik untuk bisa Anda gunakan pada beberapa ponsel yang mendukungnya. Walaupun tidak banyak pabrikan yang mendukung Android 12 Beta saat ini, tetapi setidaknya ponsel pabrikan Google yang banyak mendukung untuk terlebih dahulu menggunakan Android 12 Beta.

Jika Anda salah satu pengguna Android beta, ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang versi Beta tersebut. Versi Beta biasanya akan meluncur lebih dulu sebelum versi Stabil. Hal ini karena masih menyimpan beberapa bug sistem yang kemungkinan akan membuat ponsel Anda mengalami masalah (dapat juga dikatan sebagai versi uji coba). Salah satunya yang terjadi pada Android 12 Beta ini adalah aplikasi yang crash atau tidak dapat berjalan dengan baik. Jadi hal-hal aneh dan bisa membuat pengguna menjadi frustrasi. Sebagai contoh kasusnya, banyak pengguna mengalami crash konstan untuk aplikasi utama selama seminggu terakhir ini setelah mereka menginstal Android 12 Beta.

Nah, dalam hal ini penulis berikan langkah untuk mengatasi masalah aplikasi yang crash tersebut pada Android 12 Beta.

Cara Memperbaiki Aplikasi yang Crash pada Android 12 Beta

Perlu Anda ketahui bahwa masalah ini sudah tidak asing lagi. Pada bulan Maret lalu, banyak orang melihat hal serupa juga terjadi pada versi stabil Android 11. Namun akhirnya dapat diatasi dengan mudah melalui aplikasi WebView. WebView adalah alat yang memungkinkan aplikasi seperti Gmail terhubung ke browser Chrome untuk menampilkan konten web tanpa meninggalkan jendela aplikasinya sendiri. Untungnya, pengguna pada Google Issue Tracker telah menemukan solusi terhadap masalah ini.

Nah, jika Anda melihat aplikasi crash atau mogok terus-menerus pada Android 12, maka cara mengatasinya adalah:

1. Buka menu Pengaturan, lalu ketuk Aplikasi, pilih Semua aplikasi,
2. lalu gulir ke bawah ke “Android System WebView.” Ketuk “Nonaktifkan“, lalu konfirmasikan pop-up.

Selanjutnya buka kembali aplikasinya untuk memulai ulang dan melihat apakah masalahnya sudah teratasi atau tidak. Jika Anda melihat aplikasi (terutama yang Anda tahu mengandalkan WebView) crash lagi, ulangi saja prosesnya. Semoga masalah ini akan segera teratasi dengan pembaruan aplikasi atau Sistem Android 12 versi Stabilnya.

Android 12 memiliki tampilan yang belum pernah Anda temukan. Ini bukanlah pembaruan dari sistem Android 11 terdahulu, melainkan tampilan yang benar-benar baru yang memiliki sebutan Material You. Google menyebut paradigma visual baru ini merupakan evolusi Desain Material. Pada Android 12 Anda akan lebih puas untuk melakukan kustomisasi tampilan sesuai keinginan Anda. Oleh karenanya, Google semakin memudahkan untuk mempersonalisasi tampilan ponsel Anda sesuai dengan selera pengguna masing-masing. Fitur “transformatif” juga memberi Anda palet warna kustom, dan Anda dapat dengan mudah mengubah warna antarmukanya.

Google menyebut Android 12 sebagai “perubahan desain terbesar dalam sejarah Android”, dan itu bisa Anda nikmati jika Anda sudah melihat antarmuka baru pada versi Beta saat ini. Selain itu, Anda juga dapat melihat panduan tentang bagaimana menginstal Android 12 Beta pada ponsel Anda sekarang.

Baca juga: Berikut Ini Panduan Cara Mudah Instal Android 12 Beta Pada Ponsel Anda

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.