Berikut ini Cara Menjadikan Google Sebagai Search Engine di Chrome Android

  • Bagikan
Cara Mengubah Search Engine Pada Chrome Android
Cara Mengubah Search Engine Pada Chrome Android

Mengatur search engine pada Chrome Android merupakan hal penting, karena search engine inilah yang akan Anda gunakan saat ber-internet. Mengutip dari Wikipedia, Search Engine merupakan sebuah mesin pencari web atau mesin telusur web dengan program komputer. Dalam program tersebut memang sengaja dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan.

Cara Mengubah Search Engine Pada Chrome Android
Cara Mengubah Search Engine Pada Chrome Android

image source

Hal ini juga berlaku untuk browser Google Chrome pada ponsel Anda. Karena selama ini, banyak orang yang tahu, bahwa search engine hanya berfungsi pada PC atau Laptop saja. Tak terkecuali juga saat Anda membeli ponsel baru, Anda mungkin ingin memeriksa browser web Chrome Google Anda. Salah satu hal pertama yang mungkin perlu Anda lakukan adalah menyiapkan search engine pada Chrome. Walaupun sebenarnya, secara default search engine atau beranda home browser Anda adalah Google itu sendiri.

Namun mungkin tidak semuanya demikian, ketikan Anda terlalu banyak mengotak-atik browser Anda, bisa saja Anda secara tidak sengaja telah mengubah search engine default Google. Oleh karenanya, Anda kemungkinan akan bingung ketiba tiba-tiba beranda chrome Anda berubah menjadi yahoo, duckduckgo ataupun yang lainnya.

Karena kebanyakan orang termasuk penulis menganggap search engine atau beranda browser Google akan lebih mudah untuk menemukan apa yang kita cari. Selain itu, biasanya fitur tambahan turut hadir juga yang bermanfaat untuk pengguna, seperti prakiraan cuaca dan banyak lagi lainnya.

Cara Menjadikan Google Sebagai Search Engine Chrome Android

Lantas bagaimana cara menjadikan Google sebagai beranda atau search engine pada browser Chrome Android Anda? Pertanyaan bagus, dan inilah yang akan penulis berikan dengan singkat untuk mengatur search engine pada ponsel Android Anda. Seperti yang dapat Anda bayangkan, sebenarnya cukup mudah juga untuk mengaturnya pada PC atau Desktop Anda.

Menjadikan Google Sebagai Search Engine Pada Android

1. Anda perlu membuka aplikasi Google Chrome, lalu ketuk ikon Menu pada browser, yang terletak pada bagian sisi kanan atas aplikasi. Kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Pengaturan.
2. Setelah itu, Anda kemudian pilih opsi “Halaman Beranda” dalam Pengaturan tersebut.
3. Setelah Anda memeriksa untuk memastikan Halaman Beranda telah “aktif“, kemudian Anda ketuk “Buka halaman ini
4. Tterakhir, Anda cukup mengetikkan URL “www.google.com” pada bagian itu. Maka Halaman utama browser Anda akan beralih pada Google ketika Anda baru pertama membukanya.

Selain itu, Anda juga bisa mengubah opsi mesin telusur pada browser Chrome Anda. Adapun caranya juga cukup mudah, yakni Anda perlu masuk pada bagian Pengaturan browser sama halnya dengan cara di atas. Selanjutnya pada sub menu “Dasar“, Anda akan melihat opsi “Mesin telusur“. Pada daftar yang tersedia, Anda bisa memilih Google.

Cara Menjadikan Google Sebagai Search Engine Chrome PC/Desktop

Jika Anda telah mengunduh browser Chrome pada PC Anda, atau jika Anda telah membeli Chromebook, cara menyiapkan Chrome sebagai beranda Anda sama seperti Anda menyiapkannya pada ponsel Android Anda.

1. Buka Chrome Anda, lalu gerakkan kursor Anda ke ikon Menu, yang terletak pada sisi kanan atas aplikasi. Kemudian gulir ke bawah dan klik opsi Pengaturan.
2. Chrome akan membawa Anda ke halaman web internal, chrome://settings. Lakukan gulir ke bawah ke pilihan “Saat memulai“, dan klik opsi “Buka halaman atau kumpulan halaman tertentu“.
Anda kemudian akan melihat pilihan baru: “Tambahkan halaman baru“. Klik opsi itu.
3. Silahkan masukkan pilihan “Add a new page”, dengan pilihan “Site URL” untuk mengetik. Cukup ketikkan URL “http://www.google.com” pada bagian itu, lalu klik tombol “Tambah“. Maka, saat Anda meluncurkan Chrome lagi, Google akan muncul sebagai beranda Anda.

Begitulah cara Anda menjadikan Google sebagai beranda Anda pada browser Chrome. Ingatlah bahwa prosedur ini tidak terbatas hanya pada situs Google. Jika Anda ingin menggunakan laman web lain sebagai beranda Chrome Anda, Anda cukup mengetikkan URL yang sesuai, seperti yang sudah penulis jelaskan di atas.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.