Berikut Langkah-Langkah Backup Data Android Sebelum Melakukan Factory Reset

Melakukan backup data Android merupakan hal penting, karena kebanyakan orang, ponsel Android memiliki data-data penting yang tersimpan mulai pesan, kalender, kontak, dan sebagainya. Selain tersimpan secara langsung pada perangkat juga Sebagian pengguna menyimpannya dalam cloud (penyimpanan awan). Akan tetapi walaupun terkadang seseorang memiliki penyimpanan cloud, namun masih banyak yang memiliki beberapa informasi yang tidak secara otomatis dicadangkan ke cloud.

Langkah Langkah Backup Data Android
Langkah Langkah Backup Data Android

image source

Oleh karena itu, hal penting yang harus selalu Anda perhatikan adalah menjaga keamanan data pada ponsel. Nah, jika Anda perlu untuk melakukan Factory reset pada perangkat Android atau Kembali ke Setelan Pabrik karena sesuatu hal, maka berikut ini tahapan penting yang harus Anda lakukan sebelum melakukan Factory Reset.

Langkah-Langkah Backup Data Android Sebelum Melakukan Factory Reset

Periksa Status Sinkronisasi Akun

Anda perlu memeriksa kembali status sinkronisasi Android dengan akun Google Anda. Karena jika Anda sampai kehilangan akses pada akun tersebut, dapat dipastikan Anda akan mengalami masalah besar ketika akan masuk ke perangkat yang sudah Anda reset. Biasanya ponsel akan meminta akun Goole yang sudah tersikronisasi dengan ponsel Anda. Dan ini merupakan salah satu cara jika Anda ingin menggunakan ponsel seperti biasanya.

Periksa Status Sinkronisasi Akun
Periksa Status Sinkronisasi Akun

image source

Selain itu Anda juga perlu memastikan semua yang harus dicadangkan benar-benar dicadangkan. Jadi saat anda memasukkan akun anda nanti, sebagian Data sudah akan tersinkron secara otomatis. Untuk melakukannya, Anda perlu masuk pada Pengaturan, ketuk opsi Akun, pilih akun Google utama Anda, dan verifikasi bahwa semua aplikasi dan layanan di bawah akun telah disinkronkan secara mutakhir.

Namun, jika anda kehilangan akses pada akun tersebut, Anda bisa menghapusnya terlebih dahulu sebelum ponsel Anda di reset. Jadi saat factory reset nanti, Anda cukup memasukkan akun baru tanpa perlu verifikasi akun lama Anda. Nah, untuk melakukannya:

1. Masuk pada Pengaturan sistem, pilih Akun => Google
2. Silahkan Anda hapus semua akun Google Anda yang tertaut di dalamnya tanpa tersisa. Nah dengan begitu, Anda tidak perlu melakukan veriifkasi kembali ketika ponsel Anda reset ulang.

Backup File Penting Pada Ponsel Anda

Anda perlu membackup file penting pada ponsel, misalnya Foto dan Video. Jika Anda menggunakan Google Foto untuk mencadangkan semua media, pastikan semua data sudah masuk pada penyimpanan Google Foto sebelum Anda benar-benar kehilangan data untuk selamanya.

Perlu Anda ketahui, bahwasanya Google tidak lagi melakukan pencadangan tanpa batas pada Google Foto. Jadi jika Anda memiliki banyak media, sebaiknya hapus gambar dan video yang tidak diperlukan sebelum mengaktifkan pencadangan pada Google Foto. Selain itu, pencadangan melalui Google foto juga menyesuaikkan dengan space yang Anda miliki pada cloud Google.

Namun, Anda juga dapat melakukan backup media secara manual ke dalam perangkat lain. Beberapa perangkat yang bisa Anda jadikan penyimpanan data media adalah:

Mencadangkan Media ke Flash Drive

Jika Anda memiliki cukup penyimpanan pada flash drive Anda, misalnya flash disk ataupun memory eksternal, Anda cukup menyalin seluruh folder kamera ponsel Anda ke drive tersebut. Caranya, colokkan drive ke ponsel Anda, lalu gunakan aplikasi File manager pada perangkat Anda untuk menyalin folder “DCIM” pada ponsel Anda ke drive. Biasanya pada ponsel Android, semua media akan terkumpul dalam satu folder tersebut. Kecuali media yang Anda dapat dari aplikasi perpesanan.

Setiap ponsel memiliki pengelola file yang berbeda, jadi jika Anda tidak dapat mengetahuinya, unduh Files by Google dari Play Store.

1. Pertama, buka tab Jelajahi.
2. Pilih penyimpanan internal Anda
3. Temukan folder DCIM dalam daftar dan tahan sampai muncul tanda centang.
4. Ketuk tombol menu pada bagian kanan atas dan pilih Salin ke.
5. Pilih flash drive tujuan Anda.

Mencadangkan File ke PC

Jika Anda memiliki komputer dengan penyimpanan yang cukup, Anda juga dapat dengan mudah menghubungkan ponsel atau tablet Anda melalui USB dan menyalin semua media yang ada pada ponsel Anda. Pastikan ponsel Anda dalam mode MTP (transfer file) dan jangan atur sebagai mode untuk mengisi daya atau mode koneksi USB lainnya.

Mencadangkan File ke Mac

Jika Anda menggunakan komputer Mac, ada perbedaan cara dengan menggunakan komputer/PC biasa. Berikut langkah-langkahnya!

1. Sambungkan ponsel Android dengan komputer Mac Anda.
2. Buka situs android transfer menggunakan browser internet anda. Silahkan Anda unduh aplikasi Android File Transfer.
3. Klik [DOWNLOAD NOW] untuk memulai download aplikasi Android File Transfer.
4. Setelah selesai download, klik file yang telah didownload tersebut untuk memulai instalasi.
5. Untuk memulai transfer, tarik logo Android File Transfer ke Folder Applications
6. Klik [Get started].
7. Cari file yang ingin Anda salin ke dalam Macbook anda.
8. Setelah menemukan file yang diinginkan, seret file tersebut ke desktop atau folder pilihan anda.

Salin Kontak dan Kalender Ke Cloud

Saat Anda membuat kontak atau acara kalender, ponsel Anda mungkin memberi Anda opsi untuk menyimpan data ke penyimpanan internal ponsel, bukan pada cloud. Meskipun itu adalah fitur yang bagus untuk anda lakukan, terutama untuk yang privasi yang lebih aman. Namun, sebelum Anda melakukan factory reset sebaiknya Anda lakukan sinkronisasi semua kontak yang ada pada akun Google utama Anda. Sehingga anda dapat mengembalikannya dengan mudah.

Selain itu, pada kontak, Anda bisa mengeksport semua kontak anda menjadi satu file .csv yang bisa Anda pindahkan ke penyimpanan lain melalui file manager.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *