Biar Gak Bikin Lemot, Begini Cara Hapus Aplikasi Bawaan di Ponsel Android

  • Bagikan
Hapus Aplikasi Bawaan pada Ponsel Android
Hapus Aplikasi Bawaan pada Ponsel Android

Semua ponsel Android pastinya memiliki banyak aplikasi bawaan, dan bagaimana cara hapus aplikasi tersebut agar tidak bikin ponsel jadi lemot? Cara ini yang banyak pengguna cari, karena yang tidak semua aplikasi bawaan ponsel bisa Anda hapus dari ponselnya.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan pada Ponsel Android
Cara Hapus Aplikasi Bawaan pada Ponsel Android

image source

Anda akan kesulitan jika hanya berfokus pada tombol “Uninstal Aplikasi” jika itu pada aplikasi bawaan ponsel. Sebagian besar aplikasi bawaan tidak memiliki tombol uninstal yang biasa terdapat pada aplikasi yang Anda download melalui Google Play Store. Selain itu, Pabrikan tidak akan menyematkan tombol Hapus maupun Unistal agar pengguna tidak membuang atau menghapus aplikasi default yang menjadi ciri khas sebuah ponsel itu sendiri.

Yang perlu tahu bahwa tidak semua aplikasi bawaan memberikan Anda manfaat. Sehingga bukan tidak mungkin lagi pengguna merasa risih dan ingin segera menghapusnya. Karena aplikasi yang terlalu banyak juga akan menyita ruang penyimpanan hingga memakan kapasitas RAM ponsel. Hal ini tentu akan mengakibatkan ponsel anda menjadi lemot dan membuat kinerjanya menjadi menurun terutama untuk ponsel dengan penyimpanan internal kecil.

Oleh karenanya dalam artikel ini, Penulis akan memberikan langkah atau cara mudah agar Anda dapat membuang atau menghapus aplikasi bawaan ponsel tanpa ribet.

Cara Hapus Aplikasi Bawaan di Ponsel Android

Melalui Pengaturan Ponsel

Anda dapat menghapus aplikasi bawaan ponsel melalui aplikasi pengaturan ponsel itu sendiri. Anda setidaknya perlu masuk ke Manajemen Aplikasi => Aplikasi Bawaan. Sebagian ponsel terbaru saat ini sudah memisah antara aplikasi bawaan dengan aplikasi yang Anda download dari Google Play Store.

Manajemen Aplikasi
Manajemen Aplikasi

Anda bisa masuk ke aplikasi bawaan, kemudian lakukan Hapus/Uninstal Aplikasi. Sebagian ponsel, biasanya juga menggunakan tombol Disable Aplikasi. Jadi jika Anda tidak menemukan tombol Hapus aplikasi, maka carilah tombol Disable aplikasi. Dengan begitu, maka aplikasi bawaan akan hilang dari daftar aplikasi yang ada pada ponsel Anda.

Ini setidaknya dapat mengosongkan ruang penyimpanan ponsel Anda, dan bisa mengisinya kembali dengan aplikasi yang bermanfaat dan dapat Anda gunakan sehari-hari. Lantas, bagaimana jika Anda tidak dapat menghapusnya? Cobalah dengan menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi CCleaner untuk menghapus aplikasi bawaan ponsel dengan mudah. CCleaner pada Android merupakan aplikasi multifungsi yang dapat melakukan tugas terbaiknya untuk menganalisis dan membersihkan file-file liar yang menghabiskan ruang penyimpanan. Fungsi utama CCleaner adalah menghapus data cache dari aplikasi, membersihkan folder kosong, dan menghapus berbagai aplikasi bawaan ponsel yang bandel.

Selain itu, memang ada aplikasi bawaan yang tidak boleh Anda hapus atau nonaktifkan. Jika tidak, maka ponsel Anda tidak akan dapat bekerja seperti biasanya.

Aplikasi Bawaan Android yang Tidak Boleh Anda Hapus

Selain Google Play Services ada beberapa aplikasi lain yang tidak boleh pengguna hapus/disable.

Phone

Aplikasi ini yang bisa membuat ponsel Anda melakukan panggilan. Memang, kini sebagian besar dari kita melakukan panggilan telepon lewat WhatsApp atau aplikasi sejenis lainnya. Tapi, bukan berarti Anda bisa begitu saja menghapus aplikasi ini jika tidak ingin ponsel Anda bermasalah.

Call Setting

Nah, fungsi aplikasi ini adalah untuk membantu pengaturan panggilan. Contohnya seperti forwading call atau waiting call. Jadi, kalo Anda hapus, Anda tidak akan bisa melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Kontak

Lewat aplikasi ini, Anda bisa menyimpan kontak nomor dari teman Anda yang bisa terintegrasi dengan aplikasi apapun yang ada pada ponsel Anda.

Anda dapat menemukan aplikasi ini, jika Anda masuk ke Pengaturan Aplikasi Sistem. Jadi harap dengan hati-hati melakukan Disable atau Hapus aplikasi yang merupakan bawaan sistem, bukan bawaan ponsel.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.