Cara Backup Dan Menjadikan Aplikasi terinstall Menjadi File APK

sistem operasi smartphone android benar – benar memanjakan penggunanya, disamping kemudahan – kemudahan dalam mengoperasikannya dan terhubung dengan internet dan jejaring sosial, android juga memanjakan penggunanya dalam mendapatkan aplikasi – aplikasi yang diinginkan. Ratusan, ribuan atau bahkan jutaan aplikasi dapat dengan mudah kita temukan di Google Play Store. Mulai dari game, aplikasi utility, cerita atau sekedar koleksi wallpaper dan ringtone juga tersedia disana untuk kita download dan pasang di perangkat android kita. Dan tidak hanya berhenti sampai disitu saja, kita dapat dengan mudah membackup semua aplikasi yang telah kita install di perangkat kita sehingga kita tidak akan pernah kehilangan aplikasi meski kita melakukan format atau reset factory.

backup, restore, apk, aplikasi android
Backup Aplikasi

Tidak hanya membackup untuk menyelamatkan aplikasi yang terinstall di perangkat kita sendiri, kita juga dapat menginstallnya di perangkat lain yang kita inginkan, karena aplikasi yang anda backup secara otomatis akan menjadi file APK (Android Package File), file installer aplikasi untuk sistem operasi adnroid. Dan cara ini dapat anda lakukan jika kita berganti dari perangkat android yang lama ke android yang baru kita beli. Sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu untuk mendownload aplikasi – aplikasi yang sama dengan perangkat yang lama.

Berikut cara mudah membackup aplikasi dan sekaligus menjadikannya file APK :

  1. Dari home screen buka menu aplikasi.
  2. Tap pada menu “Backup and Restore”
  3. Tap pada menu “Applications”.
  4. Pilih atau ceklis pada opsi “Select All” untuk memilih semua aplikasi atau anda dapat memilih aplikasi – aplikasi tertentu yang anda ingin backup dengan cara memberi ceklis (tap pada kotak disebelah kanan dari nama aplikasi).
  5. Terakhir tap pada tombol “Backup to SD Card”.
  6. Biarkan proses backup hingga selesai 100%.

Hasil cari backup aplikasi dapat anda cek di File manager -> SDCard -> backup -> App.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.