Cara Backup Kontak Telepon ke Gmail

Advertisement
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
41

Kontak telepon merupkan salah satu data yang cukup penting. Tidak menampik, jika orang akan mengatakan lebih baik hilang ponsel daripada harus kehilangan kontak yang ada didalamnya, dan sebagian juga akan mengatakan silahkan ambil ponsel saya tapi tolong saya minta kontak telepon yang ada didalamnya, bagi yang menemukan hp saya yang hilang. Jadi sebelum anda kehilangna daftar kontak yang ada didalamnya, sebaiknya anda melakukan backup kontak yang ada di ponsel anda.

Cara Backup Kontak Telepon, Akun Gmail
Cara Backup Kontak Telepon ke Akun Gmail

Namun tidak semua orang tahu bagaimana cara membackup daftar kontak telepon yang ada. Padahal jika kita mau, tidaklah sulit cara membackup kontak telepon. Dan smartphone android memiliki segalanya, bahkan Google, empunya android ini juga telah memberikan sebuah fitur bagi kita untuk membackup kontak.

Anda bisa cek apakah semua kontak sudah dicadangkan (backup) di akun Google anda. Silahkan anda buka aplikasi Gmail. Selanjutnya, tap menu (tiga baris) di pojok kiri atas, kemudian pilih menu Kontak. Jika di menu Dropdown tersebut terdapat menu kontak dan ketika anda tap menu tersebut lalu muncul semua kontak yang anda miliki, hal tersebut menandakan jika semua kontak telah anda backup secara otomatis.

Namun jika anda tidak dapat menemukan menu Kontak di dropdown, silahkan anda lakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Buka menu Pengaturan (Setelan) dari Home Screen smartphone anda.
  2. Scroll down, temukan dan tap menu Backup dan Reset (Cadangkan dan pulihkan).
  3. Centang opsi “Back up my data tab” atau “Cadangkan data saya”.
  4. Selesai.

Sekarang silahkan anda cek daftar kontak anda lagi dan pastikan semua kontak sudah tampil. Nah setelah ini dipastikan anda tidak akan kehilangan kontak telepon lagi, meski suatu saat anda harus mengganti perangkat android anda atau dengan terpaksa harus kehilangan smartphone atau tablet android anda dimana semua data masih tersimpan didalamnya.

Anda tidak perlu khawatir lagi meski harus mengganti perangkat android, karena nantinya sekali anda anda login atau mengaktifkan perangkat android yang baru dengan menggunakan Akun Gmail yang ada diperangkat yang lama, maka secara otomatis semua kontak akan muncul diperangkat anda yang baru.

Baca juga : Cara Backup Data di Smartphone Android tanpa Aplikasi

Selamat mencoba!

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
41

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *