Cara Berbagi Jaringan WiFi di Android Tanpa Mengaktifkan Paket Data

Berbagi akses internet melalui smartphone android tidak hanya menggunakan paket data saja. Tanpa paket data pun kamu juga bisa saling berbagai akses internet. Saat ini sudah terdapat fitur WiFi Tethering yang disematkan pada beberapa smartphone terutama yang sudah menggunakan Android 9 ke atas. Dahulu fitur berbagi jaringan internet melalui tethering ini hanya bisa dilakukan jika kamu mengaktifkan paket data.

Sekarang ini yang terbaru dalam beberapa smartphone terdapat fitur berbagi jaringan WiFi menggunakan WiFi. Artinya saat kamu tersambung dengan akun WiFi, maka secara tidak langsung kamu juga bisa membagikan jaringan tersebut kepada orang lain. Tentunya dengan batasan maksimal hanya untuk 10 orang pengguna saja. Dalam berbagi jaringan atau akses internet disini, sebagai smartphone pemancar tidak perlu untuk mengaktifkan paket data, jadi langsung pada WiFi yang sudah terbung kemudian di share lagi melalui sebuah fitur Penambatan WiFi.

Cara Berbagi Jaringan WiFi
Cara Berbagi Jaringan WiFi

Dahulu ini fitur ini yang biasa disematkan pada smartphone hanya 2 saja, yakni Penambatan Bluetooth dan Hotspot Pribadi. Akan tetapi saat ini sudah bertambah lagi, yaitu Penambatan WiFi. Nah, agar kamu bisa menggunakannya, terlebih dahulu kamu harus mengaktifkan fitur ini pada pengaturan sistem. Atau dengan mengikuti panduan yang akan kami jelaskan dibawah ini.

Cara Berbagi Jaringan WiFi di Android Tanpa Mengaktifkan Paket Data

1. Pastikan kamu sudah terhubung dengan WiFi dan memiliki yang stabil agar akses internet bisa lebih cepat.

2. Setelah kamu terhubung pada jaringan WiFi, silahkan akses pada Pengaturan Sistem di ponsel kamu, kemudian masuk pada Sambungan Nirkabel Lainnya.

3. Disini kamu bisa mengatur beberapa penambatan yang sudah disediakan.

  • Hotspot Pribadi, berbagi jaringan atau akses internet dengan menggunakan paket data
  • Penambatan Bluetooth, berbagi┬ájaringan atau akses internet dengan menggunakan paket data dengan cara menyambungkan kabel USB pada sebuah komputer atau laptop. Ini hanya bisa dilakukan untuk perangkat yang memiliki port USB
  • Penambatan WiFi,┬áberbagi jaringan atau akses internet dengan menggunakan WiFi, dan tidak perlu mengaktifkan paket data.

4. Silahkan kamu aktifkan Penambatan WiFi, jika akan berbagi jaringan WiFi yang sudah terhubung pada smartphone kamu.

5. Disini kemudian kamu mengatur SSID dan Password baru agar perangkat lain bisa terhubung dan Penambatan yang kamu buat.

Cara Mengaktifkan Penambatan WiFi
Cara Mengaktifkan Penambatan WiFi

Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk anda.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.