Cara Membuat Smartphone Android Kamu Lebih Lancar Saat Main Game

Kali ini kami disini akan memberikan anda beberapa cara hebat untuk mengatasi Smartphone dengan kapasitas Memori dan RAM yang rendah agar tidak mengalami lag saat bermain game. Tentu saja bagi anda yang baru saja membeli sebuah Smartphone baru dengan kapasitas memori yang tergolong di urutan menengah, masih bisa lancar saat bermain game. Namun anda juga perlu tahu, bahwa Smartphone yang kapasitas memori dan RAM-nya sudah masuk kategori menengah akan mengalami lag saat sudah lama digunakan untuk bermain game. Entah itu karena sudah mulai panas, atau karena sudah menyimpan banyak sampah di dalam memori smartphone tersebut.

Dan hal ini bisa anda jumpai ketika anda sudah memiliki smartphone tersebut cukup lama. Dan seperti yang saya sampaikan, hal tersebut sangatlah wajar karena semakin lama kita menggunakan Android, maka biasanya semakin banyak pula aplikasi dan game yang ada di dalam smartphone kita tersebut. Banyaknya aplikasi dan game tersebut tentu akan banyak memakan RAM dan juga banyak meninggalkan cache yang dapat menurunkan kwalitas smartphone kita. Untuk itu kali ini kami akan memberikan anda beberapa cara agar Android anda tidak mudah lemot, baik ketika bermain game ataupun ketika digunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Berikut ini beberapa cara yang bisa anda gunakan dalam membuat Smartphone anda lebih nyaman saat bermain Game:

 

1. Membersihkan Cache Setiap Aplikasi

Membersihkan Cache Setiap Aplikasi
Membersihkan Cache Setiap Aplikasi – Image Source

Pertama anda bisa membersihkan cache yang ada di dalam setiap aplikasi yang sudah anda install di dalam smartphone anda. Normalnya, berbagai aplikasi tertentu akan tetap menjaga file cachenya agar tidak bertambah besar dengan menghapus cache lama yang sudah tidak digunakan. Namun, untuk sebuah aplikasi yang tidak menerapkan sistem tersebut maka akan menumpuk semua cache hingga menjadi berukuran besar.

2. Menghapus File Yang Tidak Dibutuhkan

Menghapus File
Menghapus File – Image Source

Ketika anda memiliki banyak aplikasi terutama aplikasi Social Media, pasti anda akan mendapatkan file-file tambahan lain setiap saat seperti foto, dokumen, vidio dan lain-lain. Maka dari itu cobalah untuk rutin dalam membersihkan setiap file yang tidak berguna agar memori penyimpanan anda tetap memiliki banyak kapasitas penyimpanan dan membuat sistem kinerja RAM lebih lancar ketika bermain game.

3. Selalu Update Game Anda

Selalu Update Game Anda
Selalu Update Game Anda – Image Source

Jika anda berfikir mengupdate Game akan membuat game anda lebih berat, sebenarnya itu tidak selamanya benar. Karena ketika kita bisa mengoptimalkan memori dalam Smartphone kita, otomatis game yang mengalami Update dan menambah file-file tambahan akan mendapatkan cukup space dalam memori smartphone. Dengan begitu game anda akan dapat berjalan dengan lancar karena sesuai dengan update yang terbaru. Namun berbeda dengan ketika anda mengupdate game anda lalu memori anda sudah tidak kuat karena melebihi batasan memori bawaan anda, mungkin yang bisa anda lakukan adalah bersabar, mengupdate smartphone anda, atau juga bisa mengunistal game anda dan lebih memilih berhenti bermain game tersebut.

4. Saat Bermain Pastikan Jaringan Anda Stabil

Saat Bermain Pastikan Jaringan Anda Stabil
Saat Bermain Pastikan Jaringan Anda Stabil – Image Source

Dimana masalah yang sering di temui adalah game mengalami lag atau patah-patah karena jaringan seluler atau Wifi yang kita gunakan tidak stabil. Ketika jaringan sudah tidak stabil maka pembacaan proses dalam game juga otomatis akan terpecah dan menjadi tidak lancar. Apalagi untuk sebuah game online dengan ukuran yang cukup besar. Jadi sebelum bermain pastikan dulu data seluler atau Wifi anda dalam kondisi baik.

5. Jangan Aktifkan Aplikasi Lain Ketika Bermain

Jangan Aktifkan Aplikasi Lain Ketika Bermain
Jangan Aktifkan Aplikasi Lain Ketika Bermain – Image Source

Maksud dari jangan aktifkan aplikasi lain, adalah dimana anda bisa menutup semua aplikasi anda atau memberhentikannya sementara agar proses pembacaan di dalam memori RAM lebih sedikit dan membuat permainan game anda lebih optimal. Penutupan aplikasi yang saya maksud tersebut adalah dimana anda bisa menekan tombol menu, atau menggeser area layar bawah smartphone anda agar dapat melihat aplikasi apa saja yang sedang berjalan.

6. Unistall Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Unistall Aplikasi Yang Tidak Digunakan
Unistall Aplikasi Yang Tidak Digunakan – Image Source

Jika anda ingin bermain game dengan lancar dan memori smartphone anda dikalangan tengah. Anda bisa menggunakan metode ini juga. Dimana anda bisa memilih hanya menggunakan sedikit aplikasi yang sekiranya sangat anda butuhkan dalam kegiatan anda setiap saat. Jangan terlalu bebani memori anda dengan banyak aplikasi yang ujung-ujungnya bakalan tidak anda gunakan.

Nah mungkin itu saja beberapa cara yang bisa anda jadikan rekomendasi dan tentunya cara di atas juga sering kami pakai untuk memberikan performa terbaik kedalam game agar saat bermain tidak mengalami hal yang tidak di harapkan.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.