Cara Cek Kecepatan Download & Upload Internet Dari Android

Internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan yang cukup penting untuk saat ini dimasa pandemi, karena berbagai aktifitas memerlukan internet di saat ini seperti pembelajaran daring atau mungkin WFH juga memerlukan internet.

Speed Test Di Android
Speed Test Di Android

Selain itu ketika sudah memiliki internet kita harus tau kecepatan internet kita agar tidak mengganggu proses yang akan kita lakukan, karena mungkin ketika kecepatan internet kita rendah bisa memicu secara emosional karena proses berjalan lamban.

Di Google Play sendiri sudah cukup banyak aplikasi yang menyediakan layanan untuk mengecek kecepatan internet dari kecepatan download dan upload, aplikasi yang saya rekomendasikan untuk anda jika anda ingin mengecek kecepatan internet dari smartphone ialah aplikasi buatan Ookla yang bernama Speedtest.net, aplikasi ini sendiri cukup banyak di gunakan karena cara penggunaannya yang sangat mudah. Untuk anda yang ingin tau cara mengecek kecepatan internet anda dapat melihat cara berikut ini.

Cara Cek Kecepatan Download & Upload Internet Dari Android : 

  • Yang Pertama anda harus mendownload aplikasi ini terlebih dahulu di Google Play store, jika anda sudah mendownloadnya proses selanjutnya yakni membuka aplikasi. Saat pertama kali membuka aplikasi akan muncul tombol Mulai, taplah pada tombol Mulai yang berbentuk bulat tersebut.
1 Tekan tombol Mulai
1 Tekan tombol Mulai
  • Selanjutnya tunggu sebentar, yang akan pertama kali di lakukan aplikasi tersebut adalah mengecek kecepatan download, setelah itu aplikasi akan secara otomatis mengecek kecepatan upload atau unggah pada Internet anda.
2 Tunggu aplikasi sedang melakukan pengecekan kecepatan download dan upload
2 Tunggu aplikasi sedang melakukan pengecekan kecepatan download dan upload
  • Jika proses sudah selesai maka akan muncul sebuah informasi mengenai kecepatan download anda, disini kecepatan download saya 2,22Mbps dan kecepatan Upload saya 0,48Mbps.
3 Selanjutnya akan muncul hasil kecepatan download dan upload internet anda
3 Selanjutnya akan muncul hasil kecepatan download dan upload internet anda

Sekedar informasi tambahan saja untuk anda yang belum mengetahui arti Mbps dan MBps berbeda, Mbps adalah singkatan dari Megabit per second, sedangkan MBps adalah singkatan Mega byte per second, yang di terjemahkan pada aplikasi ini adalah megabit, 1 megabit bernilai 0,125, dan jika di kalkulasikan maka kecepatan download internet saya adalah 0,2775 MB. Semoga bermanfaat terimakasih atas kunjungan anda ke Pandudroid Indonesia, jangan lewatkan Tips dan trik menarik lainnya mengenai smartphone disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.