Cara Cepat Backup & Restore Semua Aplikasi/Data Android Tanpa Harus Download Lagi

Membuat Cadangan berfungsi untuk mengembalikan data-data yang terhapus pada saat sebelum aplikasi di uninstal atau dihapus, data hasil Backup atau Pencadangan akan menyimpan data aplikasi terinstal. Salah satunya adalah pada Asus Zenfone All Series. Disini kami menggunakan Perangkat Android dengan platform Asus Zenfone 5 dan dipastikan sama dengan pengguna Zenfone series lain seperti, Zenfone 5,6,3,4 atau lainnya.

Backup data adalah usaha untuk membuat data duplikat/data cadangan dan disimpan di tempat lain. Sedangkan restore adalah usaha untuk mengembalikan data yang dicadangkan karena terhapus setelah perangkat android nya di reset/hapus. Reset adalah mengembalikan settings perangkat android ke keadaan semula seperti saat pertama kali diluncurkan ke pasar dikarenakan android sedang nge-hang/kinerja HP kurang maksimal.

Langkah-Langkahnya:

  • Buka aplikasi Asus Backup/Pencadangan
Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 1
Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 1
  • Setelah dibuka Ceklist pada menu “Semua Data”
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 2
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 2
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 3
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 3

    Setelah di ceklist akan muncul 3 pilihan yang harus kita pilih, yaitu “Hanya Data”, “Hanya Aplikasi” dan “Data dan Aplikasi” Pilih “Hanya Data” kalau anda hanya ingin mencadangkan data dari aplikasi saja. Pilih “Hanya Aplikasi” kalau kamu mau mencadangkan aplikasi saja tanpa data. Dan pilih “Data dan Aplikasi” kalau anda ingin mencadangkan aplikasi beserta data-datanya. Otomatis nanti setelah di restore semua Aplikasinya akan lengkap dengan Data-Datanya. Setelah dipilih lalu tekan tombol “Mulai Pencadangan”

  • Ubah nama file pencadangan jika anda berkenan, misalkan pada posisi Firmware Android kita menggunakan OS 5 Lollipop (Karena yang saya pakai Lollipop), Maka akan akan langsung muncul otomatis namanya “backup_20170929_232402” (20170929= Tanggal Backup & 232402= Waktu kita saat melakukan backup), Namanya boleh diganti sesuai keinginan kita, untuk mencegah kekeliruan disaat Restore. Lalu pilih OK

    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 4
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 4
  • Perlu di ingat!!, Data yang kita backup tidak boleh melebihi kapasitas Penyimpanan yang tersedia di HP kita. (Angka merah menunjukkan Penyimpanan kita lebih sedikit dari pada hasil data backup yang kita lakukan).

    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 5
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 5
  • Setelah itu, buatlah sandi untuk keamanan file pencadangan kita. Hal ini harus dilakukan. pilih password yg mudah diingat seperti 1234. atau bisa kita abaikan, lalu pilih OK

    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 6
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 6
  • Nah sekarang anda tinggal menunggu Proses Backupnya boleh sambil ngopi atau ngeteh dulu hehe, karena memang proses Backupnya yang terkadang lama, tergantung berapa banyak aplikasi yang anda install sih. setelah pencadangan selesai akan muncul menu seperti gambar ini.

    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 7
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 7
  • Hasilnya seperti di bawah ini, file Backup ditujukan ke MicroSD

    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 8
    Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 8

Asus backup bisa digunakan untuk membackup:

  • App & Data Zenui (mms,kontak,call log,email,dll yg berbau aplikasi bawaan asus)
  • Aplikasi terinstall (3rd party app)
    Contoh: Facebook, bbm, whatsapp, instagram dll

Asus backup tidak bisa membackup:

  • Isi memori internal
  • System app seperti systemUI.apk, Framework dll
  • Data/obb game HD seperti asphalt8, Real Racing 3. Dll

Jadi jika anda ingin merestore game HD, disarankan untuk menyalin file data/obb nya ke MicroSD. Jadi misalkan anda melakukan factory reset & ingin me-restore apk & games, tinggal restore Backupan & salin kembali data/obb game HD tersebut.

Langkah-langkah melakukan restore/pengembalian data:

Tinggal masuk ke menu “Kembalikan” seperti gambar di atas. Pilih nama file backup kita. lalu pilih “Kembalikan”. Nah nanti ditanya lagi mau restore semua atau app ZenUI saja atau app terinstall saja atau datanya saja ?. itu pilihan anda. Lebih baik di-restore semua.

Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 9
Cara Melakukan Backup dan Restore Aplikasi Data 9

Sekian untuk tutorial kali ini, semoga dapat membantu kawan-kawan semua khususnya bagi pecinta Asus Zenfone All Series yang budiman.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *