Cara Cepat dan Mudah Cek Versi Android Pada Ponsel Anda

  • Bagikan
Cek versi Android Pada Ponsel Anda
Cek versi Android Pada Ponsel Anda

Sebagai pengguna tentunya ingin mengetahui atau mengecek versi Android yang digunakan pada ponsel Anda. Walaupun terkesan mudah, hanya melihat versi saja namun hal ini memiliki banyak manfaat bagi Anda. Terutama untuk mengetahui detail versi Android yang sedang Anda gunakan.

Cek versi Android Pada Ponsel Anda
Cek versi Android Pada Ponsel Anda

image source

Manfaat yang dapat pengguna ambil setelah mengetahui versi detail dari Android yang sedang Anda gunakan salah satunya dapat memecahkan masalah sistem. Misalnya Anda mengalami masalah pada sistem ponsel Anda, blank, error, wifi bermasalah atau tidak bisa terkoneksi pada jaringan, maka Anda dapat memeriksa versi Android untuk mencari update pembaruan terkini sesuai dengan nomor build yang tersedia.

Android saat ini sudah masuk dalam iterasi ke 12 beta 3. Lantas, versi Android mana yang saat ini berjalan dalam sistem perangkat Anda? Apakah Anda tahu cara memeriksa versi Android Anda?Berikut ini merupakan cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk melihat atau mengetahui versi Android Anda.

Cara Cepat dan Mudah Cek Versi Android Pada Ponsel Anda

Tidak semua perangkat Android akan mendapatkan Android versi terbaru. Namun, apakah Anda akan mendapatkan pembaruan sepenuhnya bergantung pada apakah pabrikan ponsel Android Anda memutuskan untuk mendukung versi sistem operasi yang lebih baru. Jika Anda tidak tahu apakah perangkat Anda menjalankan Android versi terbaru, inilah yang perlu Anda lakukan:

1. Buka pengaturan sistem
2. Pilih “Tentang Telepon
3. Ketuk “Informasi Perangkat Lunak“, “Sistem” atau yang serupa
Perbarui, (tergantung pada pabrikan ponsel masing-masing).

#1 Buka Pengaturan Sistem

Langkah pertama dalam proses ini adalah membuka pengaturan Android Anda. Cara tercepatnya adalah dengan menarik bayangan pemberitahuan dari atas ke bawah dan mengetuk ikon roda gigi kecil.

#2 Pilih “Tentang Telepon”

Sementara pembuat ponsel Android yang berbeda dapat memilih untuk mengutak-atik nama menu. Karena sebagian besar ponsel Android harus memiliki entri yang bernama “Tentang Telepon”. Opsi ini biasanya terletak pada bagian bawah daftar pengaturan sistem. Silahkan dan ketuk itu untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

#3 Ketuk “Informasi Perangkat Lunak” atau yang serupa

Dari sini, Anda lebih mungkin melihat semacam perubahan konvensi penamaan, tetapi kami mencari entri yang disebut “Sistem”, “Informasi perangkat lunak” atau nama lain tergantung dari ponsel Anda, namun kebanyakan ponsel memberikan nama seperti itu. Ketuk dan Anda akan melihat detail sistem Android Anda.

Cari versi Android yang sedang dijalankan oleh sistem Anda. Seperti yang Anda lihat, Note 10+ ini masih menjalankan Android 9, meskipun pembaruan Android 10 sudah keluar untuk beberapa waktu. Faktanya adalah Samsung belum merilis Android 10 untuk ponsel andalannya.

#4 Perbarui, jika memungkinkan!

Jika ponsel Anda juga tampaknya menjalankan versi Android yang lebih lama daripada versi saat ini, Anda harus melakukan pencarian Google pada model Anda untuk melihat apakah versi yang lebih baru akan datang ke handset Anda.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.