Cara Cepat dan Mudah Merubah Smartphone Menjadi Remote Televisi

Dengan perkembangan teknologi hp canggih yang pesat saat ini khususnya android menjadi device multi fungsi yang memiliki banyak kelebihan. Pada beberapa ponsel pintar ataupun tablet android bahkan bisa melakukannya tanpa menginstall app atau software lagi, meski juga ada smartphone lainnya yang memerlukan third party application (aplikasi pihak ketiga) yang bisa di download secara gratis di Google Play Store.

Kini android bisa dirubah menjadi remote TV untuk mengganti saluran / channel menambah ataupun menurunkan volume suara dan lain-lain seperti remote TV biasa. Namun tidak semua smartphone android yang bisa digunakan sebagai remote TV, hanya beberapa perangkat yang memiliki fitur IR (InfraRed) saja. Selain itu, tidak seperti masa lalu dimana infra red digunakan sebagai media transfer data, dan terdapat di banyak handphone kelas low end sekalipun. Untuk saat ini justru fitur infra red hanya bisa dijumpai pada smartphone android high end.

Smartphone Menjadi Remote Televisi
Smartphone Menjadi Remote Televisi – Source: i.ytimg.com

Menariknya, selain bisa dijadikan sebagai remote TV, smartphone ini juga bisa digunakan sebagai pengganti remote peralatan elektronik lain yang diantaranya adalah DVD Player, Air conditioner (AC), dan bahkn sound sistem dan Home Teather. Itulah kenapa bisa disebut sebagai universal remote karena memang bisa multi perangkat.

Ada beberapa smartphone yang sudah memiliki aplikasi bawaan dari smartphone yang berguna untuk mengubah smartphone menjadi remote. Biasanya, aplikasi bawaan ini bukan hanya dapat digunakan untuk televisi saja, terkadang juga bisa digunakan AC sehingga menjadi remote AC. Untuk Anda yang memiliki smartphone dengan aplikasi bawaan tersebut bisa dilihat di artikel ini cara menggunakannya.

Berikut ini adalah cara merubah smartphone menjadi remote TV :
  1. Buka aplikasi remote bawaan yang terdapat di smartphone.
  2. Pilih nama negara atau kota tempat Anda berada sekarang.
  3. Kemudian pilih layanan televisi yang Anda gunakan, berbayar atau Indovision dan akan muncul tampilan tombol seperti layaknya remote TV.
  4. Pilih pengaturan dan kemudian klik lanjutkan.
  5. 5. Akan muncul beberapa merk TV yang bisa Anda pilih, jika merk TV Anda tidak ada dalam list tersebut klik saja show other brands.
  6. Coba terlebih dahulu setiap tombol yang ditayangkan di layar smartphone Anda, apakah sudah berfungsi sebagaimana mestinya atau tidak. Tekanlah tombol volume, pergantian channel untuk menguji kinerja aplikasi remote tersebut.
  7. Jika semuanya sudah berjalan sesuai yang diharapkan tinggal klik yes dan pilih This Code One Work.

Itulah cara merubah smartphone menjadi remote TV dari aplikasi bawaan pada smartphone tersebut. Untuk smartphone Anda yang tidak memiliki aplikasi bawaan bisa mencoba aplikasi IR Universal TV Remote yang bisa Anda download di Google Play Store. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.