Cara Cepat Mengatasi Samsung Galaxy Tab Tidak Bisa Koneksi Internet

Apakah Anda pernah mengalami masalah kehilangan koneksi saat berselancar di internet atau mungkin tidak konek sama sekali dengan internet? Jika iya, kendala yang Anda hadapi kemungkinan besar bersumber dari tidak stabilnya koneksi gadget Samsung Galaxy Tab dengan jaringan Wi-Fi yang sedang kamu gunakan.

Samsung Galaxy Tab
Samsung Galaxy Tab

Ketidakstabilan koneksi ini bisa disebabkan berbagai hal. Salah satunya adalah lambatnya koneksi ISP yang digunakan dan berdampak pada menurunnya kecepatan Wi-Fi yang diterima oleh gadget Anda. Penyebab lainnya adalah bisa saja karena terhalangnya sinyal Wi-Fi dari router ke gadget Samsung Galaxy Tab Anda yang diakibatkan oleh lokasi penempatan router yang kurang pas atau memang karena ada kesalahan dengan gadget anda.

Ada beberapa langkah yang harus kamu coba untuk mengatasi permalahan tersebut, agar koneksi internet anda menjadi lancara dan nyaman di nikmati.

Menyalakan dan mematikan Wi-Fi Anda

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mematikan dan menyalakan kembali Wi-Fi Anda. Cara sederhana ini dilakukan karena kadang Samsung Galaxy Tab Anda tidak menemukan jaringan pada kesempatan pertama. Anda cukup ke Apps => Settings => Connections => Wi-Fi on dan off.

Menghapus semua jaringan Wi-Fi

Langkah kedua yang bisa Anda lakukan adalah menghapus semua network yang terdapat di tablet Anda. Caranya, Anda tekan Apps => Settings => Connections => Wi-Fi. Anda akan menemukan daftar Wi-Fi yang pernah ter-scan atau Anda gunakan sebelumnya. Pilih dan pencet agak lama salah satu jaringan Wi-Fi, lalu pilih Forget Network. Usahakan tidak ada data yang tertinggal.

Mencari dan Koneksikan kembali Wi-Fi

Setelah menghapus seluruh jaringan, Anda perlu melakukan scan ulang untuk mendeteksi jaringan Wi-Fi terdekat. Caranya, Anda tekan Apps => Settings => Connections => Wi-Fi. Anda bisa melakukan Detect Network atau Scan. Setelah menemukan jaringan Wi-Fi yang Anda mau, pilih jaringan tersebut dan masukkan password untuk masuk ke jaringan jika dibutuhkan. Pilih Connect untuk terhubung ke jaringan Wi-Fi.

Jam dan waktu Yang Benar

Perbedaan waktu antara Samsung Galaxy Tab Anda dengan Router bisa mengakibatkan kegagalan koneksi, jadi Anda perlu mengaktifkan Automatic Time Zone dan Automatic Date & Time. Caranya, Anda bisa ke Settings => Date & Time menu.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.