Cara Cepat Mengirimkan Foto dari Ponsel Android ke PC/Komputer

  • Bagikan
Cara Mengirim Foto dari Android
Cara Mengirim Foto dari Android

Mengirim foto dari ponsel Android ke PC/komputer memiliki banyak cara. Namun dari banyak cara tersebut tidak semuanya memiliki metode yang ringkas, singkat dan cepat. Saat ini kecepatan proses menjadi sebuah prioritas utama dalam melakukan berbagai hal dan salah satunya dalam melakukan transfer foto dari ponsel Android ke PC Anda.

Cara Mengirim Foto dari Android
Cara Mengirim Foto dari Android

image source

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengirim atau mentransfer foto dari ponsel ke PC. Mulai dari menggunakan koneksi kabel USB, penyimpanan Cloud dan terakhir dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga. Kemampuan jika Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga adalah melalui koneksi Nirkabel, yakni jaringan WiFi. Hanya saja hal ini sedikit ribet karena harus membuka aplikasi kemudian perlu masuk dalam satu jaringan WiFi. Jika tidak, maka Anda tidak dapat melakukannya.

Dalam panduan ini Penulis akan berbagi cara tentang cara mengirimkan Foto dari Android ke PC dengan sangat ringkas. Tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga dan juga dapat terhubung dengan menggunakan jaringan internet apapun yang tersedia. Perlu Anda ketahui, cara ini dapat Anda gunakan tidak hanya pada Android, melainkan pada iPhone atau perangkat Apple lainnya.

Penyimpanan Cloud/Google Drive

Tahukah Anda apakah itu penyimpanan Cloud? Penyimpanan Cloud merupakan layanan yang disediakan oleh Google untuk memudahkan pengguna dalam menyimpan file. Layanan ini bernama Google Drive. Google Drive adalah layanan penyimpanan data tersinkronisasi yang dikembangkan oleh Google. Meluncur pada tanggal 24 April 2012, Google Drive memungkinkan penggunanya untuk menyimpan data melalui server mereka, mensinkronisasi data antar perangkat yang berbeda, dan saling berbagi berkas, Wikipedia.

Dalam hal ini Google Drive hadir sebagai media penyimpanan online yang membuat data kita tersimpan secara cloud sehingga data tersimpan aman dan dapat Anda gunakan kapan pun, dan dimanapun dengan perangkat berbeda.

Selain itu, Google Drive ini tersedia dalam bentuk dekstop, aplikasi ataupun versi Web. Pada beberapa jenis ponsel Google Drive atau GDrive menjadi aplikasi bawaan yang sudah terinstal secara otomatis pada perangkat. Melalui google drive inilah kita dapat menyimpan file-file berupa dokumen, gambar, audio ataupun video dengan kapasitas gratis sebesar 15 GB. Jika ingin lebih dari itu maka kita harus upgrade account.

Sementara itu, kita dapat menyimpan, mengedit dan mengambil file dari google drive dengan catatan perangkat komputer atau smartphone harus terhubung dengan jaringan internet dengan satu akun yang sama.

Cara Menggunakan Google Drive pada Ponsel Android

Pada Android, Google sudah menjadi aplikasi bawaan ponsel sehingga Anda tidak mendownloadnya lagi. Anda hanya saja perlu melakukan pembaruan aplikasi melalui Google Play Store agar lebih stabil dan mendapatkan versi terkini dengan fitur terbaru.

Untuk menggunakannya, buka aplikasi Google Drive, kemudian Anda dapat membuat folder atau langsung melakukan upload file apapun yang anda mau. Namun perlu Anda ingat bahwa, layanan Google ini hanya memiliki penyimpanan gratis sebesar 15 GB untuk dapat Anda gunakan.

Cara Menggunakan Google Drive Pada PC/Komputer

Pada PC/Komputer, Anda memiliki 2 opsi yang bisa Anda lakukan. Pertama, menginstal Google Drive pada pada komputer Anda, atau Kedua, Anda bisa mengaksesnya dengan mudah pada situs resmi Google Drive melalui Browser.

Bagaimana cukup mudah bukan? Anda dapat dengan mudah mengakses Google Drive sesuai dengan keinginan Anda. Baik menggunakan Web, versi Desktop yang berupa installer atau lainnya. Lantas, jika demikian, bagaimana melakukan transfer file atau mengirimkan file dari ponsel Android ke PC/Komputer.

Cara Mengirimkan Foto dari Ponsel Android ke PC/Komputer Melalui Google Drive

Nah, untuk proses transfer atau mengirimkan foto dari ponsel Android ke PC caranya cukup mudah. Anda cukup melakukan upload jenis Foto apapun pada Google Drive Anda, lalu mengaksesnya pada PC melalui web ataupun aplikasi Google Drive.

Dengan begitu, Foto yang Anda upload melalui ponsel, akan muncul pada Google Drive yang Anda buka pada PC/Komputer. Sehingga Anda cukup mendownloadnya jika ingin memindahkannya pada penyimpanan lokal komputer Anda. Dengan begitu, cara ini menjadi sangat efisien dan cepat yang bisa Anda lakukan kapanpun Anda mau.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.