Cara Hapus Cache Aplikasi Di Android 11

Setiap orang pasti pernah mengalami masalah dengan aplikasi pada perangkat Android mereka, masalah tersebut biasanya berupa force close. Ataupun mungkin aplikasi menjadi agak berat. Untuk menanggulangi masalah tersebut biasanya pengguna mendapatkan saran untuk menghapus cache mereka. Namun sebagian besar terutama yang menggunakan operasi sistem terbaru sedikit bingung. Dengan cara hapus cache aplikasi pada smartphone mereka.

Cara Hapus Cache Android 11
Cara Hapus Cache Android 11

Sumber Gambar

Cache sendiri merupakan istilah dari ruangan penyimpanan yang dicadangkan. Biasanya cache berfungsi untuk menyimpan data sementara. Dengan adanya cache ini membantu aplikasi seperti browser dan situs web untuk memulai proses lebih cepat ketika baru kita buka. Selain itu cache juga membantu anda mengurangi jumlah data yang terkonsumsi.

Apa itu Fungsi Cache?

Ketika setelah merestat smartphone pernah kah anda memperhatikan beberapa lambatnya aplikasi kamera saat pertama kali anda buka?. Namun setelah anda membukanya lagi proses yang kedua lebih cepat dari sebelumnya. Hal tersebut karena data telah tersimpan dalam cache. Jadi begitulah fungsi dari Cache. Ketika data sementara telah tersimpan maka proses aplikasi selanjutnya akan jadi lebih cepat.

Bolehkan menghapus Cache Aplikasi?

Tentunya boleh, karena ketika anda menghapus data cache aplikasi, anda juga akan menghapus file sementara yang ada dalam ruang. Karena kadang ketika cache kita sudah sangat banyak bisa menyebabkan ukuran aplikasi lebih berat. Selain itu kadang aplikasi akan berperilaku tidak semestinya seperti tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal tersebut biasa kita kenal sebagai Force-close.

Kapan Hapus Cache Harus Kita Lakukan?

Ada bebrapa kondisi yang harus kita perhatikan. Yang pertama saat kita membutuhkan ruang. Karena terkadang saat kita membutuhkan ruang kita harus menghapus beberapa aplikasi yang kadang kita perlukan. Untuk menanggulangi hal tersebut kita dapat cek cache setiap aplikasi. Jika ukurannya sangat besar anda dapat menghapus cachenya saja. Kondisi kedua ketika aplikasi bermasalah dan mengalami crash atau force close. Pada kondisi tersebut anda dapat mencoba menghapus cachenya.

Cara Hapus Cache Aplikasi Di Smartphone Android 11 :

  • Pertama buka menu Pengaturan, anda dapat geser kebawah saat ada pada halaman utama kemudian menekan logo Gear.
  • Selanjutnya pilihlah menu Penyimpanan
  • Setelah itu tekanlah menu Aplikasi Lain (Secara default biasanya ketika anda menekan menu ini, maka android akan menampilkan aplikasi dengan data paling banyak pada bagian atas)
  • Kemudian pilihlah aplikasi yang memiliki ukurang paling besar, kemudian Check cache aplikasi terasebut
  • Jika aplikasi tersebut memiliki cache yang besar anda dapat menekan tombol clear cache.

Perlu anda ingat, anda harus lebih teliti ketika menekan tombol clear cache. Jangan sampai salah menekan tombol clear data. Karena ketika anda salah menekan tombol tersebut maka aplikasi tadi harus mendownload data lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.