Cara Jitu Untuk Menginstall Aplikasi (APK) Non Play Store

Cara paling mudah dan aman menginstal aplikasi di Android adalah melalui Google Play Store. Namun pada situasi tertentu kadang kita perlu menginstal aplikasi dari sumber lain di luar Google Play Store, mungkin dengan alasan aplikasi yang kita cari tidak ada atau memang tidak tersedia di Google Play Store.

Namun saat mencoba memasang aplikasi yang berasal dari luar play store ketika proses penginstallan di jalankan justru aplikasi tersebut mengalami kegagalan. Gagalnya aplikasi Apk yang berasal dari berbagai market di luar play store tadi bukan berarti karena aplikasi tersebut mengalami gagal download atau corrupt melainkan karena pengaturan keamanan ponsel Android itu sendiri sedang di aktifkan.

Cara Jitu Untuk Menginstall Aplikasi (APK) Non Play Store 1

Bukan tidak ada alasan kenapa pihak google sebagai pemilik smartphone OS Android tidak mengizinkan aplikasi yang bersumber dari luar Play Store. Itu semua demi keamanan Android agar terjaga dari ancaman virus mengingat aplikasi yang bersumber dari luar play store sangat rentan di sisipi oleh berbagai malware (virus). Namun perlu pembaca ketahui bahwa tidak semua aplikasi android yang berasal dari luar play store berpotensi ada virus atau malwarenya.

1. Buka menu Settings > Security.

2. Centang kotak Unknown sources. Untuk ponsel yang diatur dalam bahasa Indonesia, opsi ini bernama Sumber tidak dikenal.

3. Akan muncul kotak konfirmasi, lalu klik OK.

Dengan mencentang bagian tersebut, Anda sudah bisa menginstal aplikasi langsung menggunakan file APK yang sebelumnya sudah Anda download walaupun aplikasi non play store.


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.