Cara Kerja Panel Privasi Android 12, Wajib Anda Ketahui!

  • Bagikan
Android 12
Android 12

Android 12 memang memiliki banyak perbedaan dari versi sebelumnya, mulai dari tampilan, keamanan bahkan panel privasi yang baru. Walaupun saat ini Android 12 masih dalam versi beta 3, banyak hal yang menarik dan salah satunya tentang pengaturan privasi sebagai salah satu fitur paling relevan dari versi sistem operasi seluler terbaru Google ini.

Panel Privasi Android 12
Panel Privasi Android 12

image source

Karena memang menjadi sebuah fitur unggulan yang tidak dapat Anda temukan pada versi Android sebelumnya, maka penulis akan membahasnya lebih detail. Inilah beberapa dan cara kerja panel privasi Android 12 yang layak Anda ketahui lebih dulu.

Dasbor Privasi

Dasbor Privasi adalah opsi baru yang telah terintegrasi ke dalam Android 12. Dengan Dasbor Privasi, Anda dapat dengan mudah memeriksa aplikasi yang telah mengakses berbagai izin seperti kamera, lokasi, dan mikrofon. Dengan cara ini, akan lebih mudah untuk melihat seberapa sering aplikasi menggunakan komponen tersebut. Dari layar ini juga, Anda dapat mencabut izin untuk membuat segalanya lebih nyaman dan aman.

Untuk melakukan ini, cukup akses pengaturan sistem Android 12 Anda pada ponsel.

1. Buka Pengaturan Sistem.
2. Arahkan ke opsi Privasi.
3. Buka Panel Privasi, kemudian pilih Dasbor Privasi.

Mengaktifkan Dasbor Privasi
Mengaktifkan Dasbor Privasi

Dari Panel Privasi, Anda dapat memeriksa aspek mana dari ponsel cerdas Anda yang memiliki aplikasi yang diakses selama 24 jam terakhir. Maka sistem akan menawarkan timeline untuk setiap izin yang Anda berikan. Melalui layar ini, Anda juga akan memiliki pintasan ke pengaturan izin untuk setiap layanan, mulai dari file dan media hingga sensor tubuh.

Panel Pengaturan Cepat

Panel Pengaturan Cepat
Panel Pengaturan Cepat

Pengaturan pengoptimalan privasi lainnya dapat Anda temukan dari panel pengaturan cepat Android 12. Selain Lokasi, akses ke kamera dan mikrofon kini Anda juga dapat memblokir dalam sekejap. Untuk melakukannya, cukup ikuti petunjuk berikut:

1. Geser ke bawah untuk membuka Bilah Pemberitahuan lengkap. Biasanya, Anda harus menggesek dua kali, gesekan pertama hanya akan mengungkapkan baris pertama, sementara gesekan kedua akan mengungkapkan daftar lengkap opsi.
2. Ketuk ikon berbentuk pensil pada sudut kiri bawah panel Pengaturan Cepat (ini mungkin berbeda dari satu model ponsel cerdas ke model lainnya).
3. Cari pintasan Lokasi, Akses Mikrofon, dan Akses Kamera dan pindahkan ke panel Pengaturan Cepat.
4. Setelah ini selesai, cukup klik pada opsi untuk memblokir akses atau membuatnya tersedia.

Indikator Penggunaan Fitur Ponsel

Indikator Penggunaan Fitur Ponsel
Indikator Penggunaan Fitur Ponsel – image source

Selain opsi yang di atas, peringatan penggunaan sumber daya sistem akan dikeluarkan dari bilah notifikasi Android 12 setiap kali aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon ponsel. Hal yang sama tidak terjadi ketika layanan menggunakan lokasi sekalipun. Namun, dalam kasus ini, ikon lokasi akan muncul pada bilah notifikasi, seperti yang terlihat pada Android 11 hari ini.

1. Geser ke bawah dua kali untuk membuka Bilah Pemberitahuan lengkap.
2. Titik akan melebar ke bentuk ikon fitur yang Anda gunakan, seperti kamera atau mikrofon.
3. Ketuk ikon komponen yang Anda gunakan dan jendela pop-up akan mengidentifikasi aplikasi mana yang mengakses fitur tersebut.

Dari sini Anda dapat mengakses pengaturan izin aplikasi yang menyinggung dan mencabut izin aksesnya. Selain itu Anda juga perlu mengetahui tips dan trik khusus seputar Android 12 agar bisa Anda manfaatkan dengan baik saat pembaruan Android 12 datang ke ponsel Anda.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.