Cara Masuk Fastboot Pada Sony Xperia Z2 Dengan ADB

Jika di smartphone android dengan merek samsung kita sering mengenal istilah Download Mode dan Recovery Mode, maka untuk smartphone android dengan merek sony kita akan mengenal istilah Recovery Mode dan Fastboot. Kedua istilah berbeda tersebut (Download Mode dan Fastboot) memiliki fungsi yang sama, yakni untuk partisi ulang perangkat, update, flash rom, modifikasi rom dan seputar ROM lainnya. Fastboot dikenal juga dengan istilah lain yaitu BootLoader Mode. Pada posting ini kami akan sharing tentang bagaimana anda bisa melakukan modifikasi ROM (flash, recovery, reset factory) dengan sukses atau berhasil.

Sony Xperia Z2, Fastboot Mode, Recovery Mode, Download Mode, ADB
Sony Xperia Z2 – Fastboot Mode

Kali ini kami akan menggunakan aplikasi kecil powerfull untuk melakukan Fastboot pada Sony Xperia Z2. Adapun pilihan aplikasi yang kami akan gunakan adalah ADB (Android Debug Bridge). ADB merupakan sebuah aplikasi untility dengan ukuran sangat kecil yang memungkinkan kita untuk mengirim baris perintah terminal dari komputer kita langsung ke smartphone Sony Xperia Z2 milik kita. Jadi pastikan anda memiliki komputer dengan kabel USB dan dan drivers usb yang terinstall.

Berikut langkah – langkah masuk Fastboot pada Sony Xperia Z2 dengan ADB :

  1. Download aplikasi ADB di komputer, klik disini.
  2. Ekstrak file ADB yang telah anda download.
  3. Beralih ke perangkat smartphone anda, buka menu “Setting” dilanjutkan dengan tap pada menu tentang perangkat (About Phone), scroll ke bawah pada bagian Build Number tap 7 kali untuk mengaktifkan “Developer Options”
  4. Selanjutnya aktifkan / centang pada opsi “USB Debugging” di menu Setting.
  5. Hubungkan Sony Xperia Z2 anda ke komputer.
  6. Buka folder hasil ekstrak yang anda lakukan pada langkah 2.
  7. Klik 2 kali (double click) file ‘Boot into Fastboot Mode.bat’, maka perangkat anda akan reboot dan masuk ke Fastboot Mode.

Semoga berhasil.

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.