Cara Masuk ke “Recovery Mode” di Moto E 2015

Baru belum tentu bebas dari masalah, semua tergantung dari bagaimana anda memperlakukan perangkat anda. Sama halnya dengan Motorola Moto E seri kedua ini. Smartphone memang tidak bisa terlepas dari masalah namun yang tidak mengatakan bahwa smartphone tempatnya masalah atau sering bermasalah.

Motorola, Moto E 2015, Tips Android, Recovery Mode
Cara Recovery Mode Motorola E 2015

Smartphone merupakan hp cerdas yang mudah untuk di operasikan, di isi aplikasi pun di atasi sendir jika terjadi masalah. Hal yang sering terjadi pada samrtphone hampir sama dengan masalah yang terjadi pada komputer, seperti lemot, restart terus – menerus atau istilahnya bootloop atau tidak bisa masuk ke sistem atau boot stack. Dan ini bisa saja terjadi pada siapa saja dan dengan perangkat canggih apapun. Mengapa? Karena permasalahannya adalah kemudahan – kemudahan yang kita dapati itulah yang menjadikan smartphone yang digunakan dengan tidak memperhatikan kaidah yang ada dapat menyebabkan error. Seperti mudahnya bongkar pasang aplikasi, download dari internet dengan mudah yang terkadang viruspun dapat menyerang perangkat kita.

Nah jika error menimpa kita, cara cepatnya adalah dengan melakukan recovery atau reset factory. Bagaimana caranya? ada 2 pilihan atau cara untuk melakukan reset factory pertama dengan masuk ke Setting – > Security ->Setelan Pabrik atau Reset Fatory. Cara ini dapat anda lakukan jika perangkat anda bisa masuk ke sistem tapi bagaimana jika perangkat anda bootloop atau bahkan stuck?. Nah caranya adalah dengan masuk ke Recovery Mode.

Berikut cara – cara masuk ke recovery mode :

  • Matikan perangkat Moto E (2015) anda.
  • Tekan tombol Power + Volume Up + Volume Down secara bersamaan.
  • Tetap tekan dan tahan ketiga tombol tersebut hingga muncul menu dilayar.
  • Arahkan ke menu Recovery dengan menggunakan tombol volume up/down.
  • Tekan tombol power untuk melaksanakan (masuk ke Recovery Mode).
  • Kemudian logo android akan tampil dilayar, langsung saja anda tekan bersamaan tombol volume up dan down bersamaan sekitar 5 detik
  • Dengan kedua tombol volume masih anda tekan, tekan tombol power sekali saja.
  • Jrengggggg dilayar akan muncul menu – menu yang ada di Recovery Mode.
  • Jika anda ingin kembali ke sistem arahkan kursor ke menu “Reboot System” dan tekan tombol power.

Gampang kan? Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *