Cara Melakukan Obrolan Video dengan Keluarga dan Teman Menggunakan Ponsel

  • Bagikan
Cara Melakukan Obrolan Video Dengan Mudah
Cara Melakukan Obrolan Video Dengan Mudah

Sejak pandemi, melakukan obrolan video menjadi hal populer yang banyak orang gunakan untuk bisa saling berinteraksi dengan yang lain. Walaupun tidak secara langsung bisa bertatapan muka, tetapi setidaknya bisa mengobati kerinduan dengan bisa bertatap muka secara virtual.

Cara Melakukan Obrolan Video
Cara Melakukan Obrolan Video

image source

Apalagi mendekati perayaan lebaran yang semakin dekat, namun aturan larangan mudik yang mengharuskan kita untuk tetap bisa berhubungan dengan keluarga dan teman. Dan salah satu yang bisa kita manfaatkan saat ini adalah ponsel pintar Anda. Dengan ponsel yang hanya dalam genggaman tangan dapat kita manfaatkan untuk melakukan obrolan Video dengan orang-orang terdekat maupun kerabat Anda saat ini.

Jika Anda baru mengenal obrolan video atau hanya mencari beberapa kiat tentang aplikasi mana yang harus Anda pilih, penulis akan membahasnya dalam kesempatan baik ini. Penulis akan membahas semua hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilih aplikasi obrolan video. Selain itu, penulis juga menyertakan beberapa kiat praktis untuk memberi Anda pengalaman terbaik melalui aplikasi obrolan video.

Cara Mudah Memilih Aplikasi Obrolan Video

Ada berbagai jenis aplikasi obrolan video yang dapat Anda unduh untuk ponsel Android dan iOS Anda. Namun, tidak semuanya memiliki kesamaan dalam hal fitur dan kekuatan. Banyak faktor yang dapat memengaruhi keputusan Anda untuk menggunakan aplikasi tertentu, seperti jumlah orang yang dapat Anda sertakan, filter wajah, batas waktu video call, biaya aplikasi, fitur SMS, fitur perekaman video call, dan lainnya.

Sebagian besar aplikasi obrolan video ini memungkinkan Anda berbicara dengan lebih dari satu orang pada satu waktu. Tetapi sebelum Anda melanjutkan untuk melihat daftar aplikasi obrolan video rekomendasi kami dan mulai berbicara dengan orang-orang, berikut adalah beberapa tips tentang cara memanfaatkan video call Anda dengan keluarga dan teman.

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebelum Memulai Obrolan Video

Ada beberapa faktor yang mungkin ingin Anda pertimbangkan sebelum memulai obrolan video. Misalnya, Anda harus memiliki koneksi internet yang kuat dan bagus jika ingin mendapatkan pengalaman obrolan video yang stabil. Anda juga harus memeriksa pencahayaan Anda dan bahwa telepon Anda ditempatkan dengan benar untuk mengakomodasi Anda dan orang lain dalam bingkai.

Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang dapat Anda perhatikan sebelum Anda melakukan video call dengan teman dan keluarga Anda.

  • Pastikan Anda beralih ke jaringan Wi-Fi jika Anda menggunakan data seluler.
  • Koneksi Wi-Fi umumnya lebih stabil, dan kecil kemungkinan panggilan Anda terputus.
  • Pilih latar belakang yang sesuai dari tempat Anda berencana melakukan atau menerima panggilan video. Lingkungan Anda harus cukup terang sehingga orang-orang pada obrolan video dapat melihat Anda dengan baik.
  • Pastikan sumber cahaya ada pada depan Anda dan bukan pada bagian belakang; jika tidak, orang pada obrolan video tidak akan dapat melihat Anda dengan jelas. Apabila Anda ingin memiliki lebih dari satu orang dalam bingkai untuk video call Anda, Anda dapat memilih untuk meletakkan telepon Anda agak jauh, bersandar pada penyangga, atau pada tripod. Namun jika Anda tidak memiliki dudukan telepon khusus, Anda juga dapat menopang perangkat Anda terhadap benda berat seperti pemberat kertas.

Aplikasi Obrolan Video Terbaik Untuk Ponsel Anda

Sekarang setelah Anda mempelajari semua kiat untuk pengalaman obrolan video yang bagus, lihat beberapa daftar aplikasi obrolan video terbaik yang bisa Anda gunakan.

Skype

Skype harus menjadi salah satu aplikasi obrolan video paling populer dan terpanjang di luaran sana. Layanan milik Microsoft ini sepenuhnya gratis dan juga memungkinkan Anda mengirim pesan teks secara bersamaan saat melakukan panggilan video. Aplikasi Skype seluler memang tidak semudah yang Anda inginkan, tetapi kualitas panggilan platform adalah yang terbaik.

Zoom

Aplikasi ini menjadi populer sejak pandemi Covid-19 sejak tahun lalu. Aplikasi obrolan video telah menjadi cara de facto untuk tetap berhubungan. Anda benar-benar dapat menyelenggarakan konser kecil dari rumah Anda untuk ditonton oleh semua teman dan keluarga Anda. Peserta dalam panggilan video Zoom dapat bergabung dari mana saja, termasuk PC atau tablet. Aplikasi ini juga memungkinkan Anda berbagi pesan, GIF, video, file Google Drive, dan lainnya dengan grup Anda.

WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu platform perpesanan paling populer di luar sana, dan juga menawarkan opsi untuk obrolan video. Platform ini besar pada privasi end-to-end, yang berarti tidak ada orang lain selain Anda dan peserta yang dapat melihat obrolan video. Tentu saja, kita semua memiliki masalah sendiri dengan kebijakan privasi baru, tetapi Anda harus membacanya sendiri.

Instagram

Anda sudah tahu Instagram untuk platform berbagi foto dan video, tetapi tahukah Anda bahwa Anda juga dapat menggunakan aplikasi untuk obrolan video?

Jika Anda sering menjadi “Instagrammer” atau bahkan jika Anda baru mengenal platform ini, Anda dapat melakukan video call dengan mengetuk tombol pesan langsung pada sudut kanan atas beranda Anda. Dari sini, Anda akan melihat ikon kamera video, lagi pada sebelah kanan atas. Kemudian Anda dapat memilih peserta obrolan video dari daftar atau mencari mereka menggunakan nama mereka. Orang atau grup yang Anda telepon akan menerima pemberitahuan bahwa Anda menelepon mereka.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.