Cara Mematikan Jaringan 5G Pada Ponsel Android Untuk Menghemat Baterai

Saat ini untuk menghemat baterai ponsel Android salah satunya dengan mematikan jaringan 5G. Mengapa? Dari beberapa provider banyak yang belum siap untuk layanan 5G tersebut, walaupun pada beberapa wilayah jaringan tersebut sudah tersedia. Hanya saja belum menyeluruh layaknya jaringan 4G.

Cara Mematikan Jaringan 5G Pada Android
Cara Mematikan Jaringan 5G Pada Android

image source

Oleh karena itu, hal yang bisa menjadi pemicu baterai ponsel cepat habis karena intensitas jaringan yang kurang stabil. Karena tidak bisa dipungkiri, Anda tidak akan standby pada satu tempat tertentu. Banyak orang beraktifitas mengeliling kota untuk urusannya masing-masing yang menyebabkan jaringan akan selalu berganti jika dalam wilayah tersebut belum tersedia layanan 5G. Jika jaringan tidak stabil dan selalu naik-turun, maka ini akan mempengaruhi daya baterai yang digunakan ponsel tersebut.

5G sendiri merupakan fitur terbaru yang digembar-gemborkan oleh jaringan seluler. Jika Anda merasa ponsel Android Anda membuang-buang baterai untuk mencari koneksi 5G yang tidak ada, Anda mungkin dapat mematikannya agar dapat membantu lebih menghemat baterai.

Penulis katakan “mungkin” dapat mematikannya karena ini sedikit situasi Wild West. Tampaknya tidak ada standarisasi apa pun tentang cara melakukan ini. Beberapa operator dan pabrikan telah menonaktifkan opsi atau menyembunyikannya.

Dengan pemikiran tersebut, kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa metode umum yang digunakan untuk mematikan 5G. Metode yang tercantum pada bagian bawah ini untuk ponsel Samsung dan Google Pixel, tetapi hal ini setidaknya juga serupa dengan yang digunakan untuk perangkat Android lainnya.

Cara Mematikan Jaringan 5G Pada Samsung Galaxy

Mematikan konektifitas 5G pada ponsel Samsung itu sangatlah mudah. Akan tetapi ada kemungkinan besar Anda tidak akan dapat melakukannya. Hal itu jika opsi tersebut tidak tersedia. Anda bisa mengeceknya melalui pengaturan sistem dengan cara:

1. Untuk memulainya, masuk pada “Pengaturan” ponsel Android Anda dengan cara gesek layar dari atas ke bawah untuk membuka pemberitahuan, lalu gesek ke bawah untuk kedua kalinya untuk membuka Pengaturan dengan cara cepat. Ketuk ikon roda gigi untuk membuka menu Pengaturan.
2. Selanjutnya, pilih “Koneksi“. Kemudian, buka “Jaringan Seluler“.
3. Anda harus memilih “Mode Jaringan” yang tersedia. Biasanya akan banyak opsi yang bisa Anda pilih.
4. Dari sinilah Anda akan melihat apakah mungkin untuk mematikan jaringan 5G pada ponsel Samsung Anda. Jika terdapat opsi, “5G/LTE/3G/2G” dan juga “LTE/3G/2G” berarti Anda bisa mematikannya. Maka untuk mematikan jaringan 5G, Anda harus memilih “LTE/3G/2G”.
5. Hasilnya, ponsel Anda sekarang akan menggunakan jaringan tersebut, dan 5G akan langsung nonaktif.

Cara Mematikan Jaringan 5G pada Google Pixel

Seperti pada ponsel Samsung yang penulis jabarkan di atas, beberapa operator juga dapat mengubah banyak hal pada ponsel Google Pixel. Misalnya, ponsel Pixel yang dilengkapi 5G pada Google Fi tidak dapat mematikan 5G dari Pengaturan. Akan tetapi ponsel Pixel lain bisa. Berikut cara mematikannya!

1. Pertama, buka menu Pengaturan dengan menggesek layar dari atas ke bawah dua kali. Dari sana, ketuk ikon roda gigi. Kemudian masuk pada “Pengaturan“.
2. Selanjutnya, pilih “Jaringan & Internet” dari menu Pengaturan tersebut. Kemudian pilih “Jaringan Seluler” (bukan tombol “+”). Maka, nama operator Anda akan tercantum di sini.
3. Ketuk “Jenis Jaringan Pilihan” yang tersedia
4. Terakhir, pilih “LTE” dari menu pop-up yang ada untuk mematikan jaringan 5G.
5. Sekarang, ponsel Pixel Anda akan memilih LTE daripada 5G. Kapan pun Anda siap untuk mencoba 5G lagi, Anda dapat kembali ke setelan ini dan mengembalikan pilihan Anda.

Selamat mencoba, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.