Cara Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu

  • Bagikan
Cara Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu
Cara Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu

Sebagai salah satu pengguna ponsel pintar Android, tentunya Anda ingin sesekali mematikan koneksi internet pada ponsel Anda. Namun, hal ini tidak berlaku secara keseluruhan pada ponsel Anda. Artinya Anda hanya akan mematikan koneksi internet pada aplikasi tertentu saja. Bisa saja karena aplikasi tersebut sering sekali menguras data internet Anda.

Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu
Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu

image source

Mematikan koneksi internet ini dimaksudkan hanya berfungsi pada aplikasi yang Anda atur. Jadi walaupun internet Anda aktif pada ponsel Anda, aplikasi yang telah Anda blokir tidak akan mendapatkan akses intenet. Misalnya cara ini cocok Anda lakukan untuk memberikan batasan penggunaan aplikasi yang terlalu sering Anak Anda gunakan. Dengan begitu, Anda masih tetap bisa menjalankan aplikasi seperti media sosial maupun lainnya.

Bagaimana Cara Mematikan Koneksi Internet pada Ponsel Anda?

Sebenarnya cara ini sangat mudah Anda lakukan. Untuk memutus sambungan internet pada ponsel Anda, cukup matikan layanan data atau putuskan sambungan jaringan WiFi. Dengan begitu, akses internet pada ponsel Anda akan hilang dan anda tidak akan mendapat pemberitahuan apapun selama akses internet Anda terputus.

Cara ini akan banyak merugikan bagi Anda terutama Anda yang secara intent memiliki hubungan dengan orang lain, baik soal kerjaan bisnis ataupun lainnya. Oleh karenanya dalam masalah ini Anda hanya saja perlu memutus akses internet pada aplikasi tertentu yang tidak Anda sukai. Anda akan mematikan sementara aplikasi tersebut agar tidak bisa terkoneksi dengan jaringan internet.

Sebenarnya untuk melakukan ini cukup mudah, dengan Anda menghentikan paksa melalui Pengaturan sistem, maka aplikasi tidak akan memiliki koneksi internet selama aplikasi tersebut tidak dibuka. Cara ini sedikit kurang baik jika yang ingin Anda nonaktifkan akses internetnya adalah aplikasi YouTube. Lantas bagaimana caranya? Simak detail dalam penjelasan artikel berikut ini.

Mematikan Koneksi Internet pada Aplikasi Tertentu

Untungnya, ponsel pintar Android menyediakan cara untuk mencegah aplikasi tertentu menggunakan data Anda secara berlebihan. Dengan bantuan aplikasi pihak ketiga juga bisa menjadi alternatif untuk mengatasi masalah ini. Cara-cara ini berguna untuk Anda yang ingin menonaktifkan data pada aplikasi yang tak perlu menggunakan data.

Menggunakaan Fitur Pembatasan Aplikasi

Ini merupakan fitur bawaan yang tersedia pada hampir semua ponsel Android. Anda dapat mengaksesnya melalui Pengaturan aplikasi pada ponsel Anda.

1. Buka Pengaturan aplikasi pada ponsel Anda, lalu masuk ke info Aplikasi. Anda dapat mengetuk “Penggunaan data” (Data usage) dan aktifkan “Batasi data latar belakang aplikasi” (“Restrict app background data”).
2. Selanjutnya atur batasan penggunaan data untuk semua aplikasi Anda. Anda dapat pergi ke Pengaturan => Penggunaan data (Settings =>Data usage), tekan tombol tiga titik dan ketuk “Batasi data latar belakang” (Restrict background data).

Dengan begitu, jika penggunaan data telah mencapai batas, maka aplikasi yang telah Anda tetapkan tidak akan dapat mengakses internet lagi.

Menggunakan Aplikasi NetGuard

Aplikasi yang cukup penting Anda miliki pada ponsel Anda karena dapat dengan mudah memblokir akses internet. Baik internet yang dihasilkan dari layanan Data ataupun WiFi. NetGuard adalah aplikasi firewall yang tidak hanya memblokir akses internet untuk aplikasi tertentu tetapi juga memungkinkan kamu menggunakan kondisi seperti membolehkan WiFi atau data seluler saat layar menyala dan memblokir internet saat roaming.

Sementara itu, Android terbaru nampaknya juga sudah memiliki fitur NetGuard. Hanya saja fitur bawaan Android hanya memungkinkan Anda untuk menonaktifkan koneksi internet pada data seluler. Sedangkan aplikasi pihak ketiga memungkinkan Anda untuk menonaktifkan koneksi data dan juga Wi-Fi.

Caranya cukup mudah, cukup download aplikasi tersebut melalui Google Play Store, kemudian jalankan dengan memberikan izin aplikasi yang dibutuhkan. Selanjutnya silahkan blokir akses internet pada aplikasi tertentu yang Anda inginkan.

Download: NetGuard – no-root firewall (Akses Awal)

Selanjutnya jika Anda memliki koneksi internet yang lemot, coba lakukan beberapa cara ini untuk mengatasinya.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.