Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Facebook Messenger

  • Bagikan
Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp
Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp

WhatsApp memiliki fitur untuk mengetahui laporan dibaca terhadap pengguna yang menerima pesan Anda. Secara tidak langsung ini merupakan sebuah fitur “tanda terima” yang bisa Anda ketahui ketika sedang mengirim pesan kepada orang lain. Berkat laporan ini, Anda dapat mengetahui jika penerima sudah membaca pesan yang Anda kirimkan.

Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp
Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp

image source

Tidak hanya WhatsApp, ternyata aplikasi Facebook Messenger juga memiliki fitur yang sama. Biasanya laporan tersebut berupa dua centang berwarna hijau yang ada pada bagian samping setiap pesan yang Anda kirimkan. Tanda terima telah dibaca ini adalah bagian penting dari komunikasi melalui aplikasi perpesanan. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memahami apakah pesan mereka telah penerima lihat atau tidak.

WhatsApp dan Facebook Messenger mendukung fungsi tanda terima baca dengan cara berbeda untuk memberi tahu pengirim bahwa pesan mereka telah dibaca. Akan tetapi jika Anda ingin menjaga hal-hal lebih pribadi dan tidak mengizinkan pengirim kebebasan untuk mengetahui kapan Anda telah membaca pesan mereka, maka Anda dapat menonaktifkan tanda terima baca ini kapan saja.

Misalnya, jika Anda mengaktifkan tanda terima tersebut pada pada WhatsApp, maka tanda centang biru akan muncul pada sebelah pesan ketika penerima telah membacanya. Namun, jika Anda menonaktifkannya, maka dua centang itu, akan tetap berwarna hitam buram walaupun penerima sudah membacanya.

Nah, dalam hal ini penulis telah menyusun panduan langkah demi langkah tentang cara mematikan tanda terima baca pada aplikasi seperti WhatsApp dan Facebook Messenger.

Cara Mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp dan Facebook Messenger

Cara mematikan Laporan Dibaca Pada WhatsApp

Untuk menonaktifkan laporan ini pada aplikasi WhatsApp Anda, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp. Klik ikon tiga titik pada pojok kanan atas layar. Lalu pilih Pengaturan.
2. Pada Pengaturan, klik Akun => Privasi.
3. Maka, Anda akan melihat opsi “Laporan dibaca” yang tercentang. Untuk menonaktifkannya, cukup hilangkan tanda centang tersebut. Perlu Anda ketahui, bahwa ini hanya berlaku pada obrolan individu. Sedangkan bagi obrolan grup pengaturan ini tidak berfungsi.

Cara Mematikan Laporan dibaca Pada Facebook Messenger

Pada Facebook Messenger, sayangnya, tidak ada opsi untuk menonaktifkan tanda terima baca ini. Hanya saja Anda masih memiliki opsi dalam pengaturan tersebut yang bernama Active On. Active On ini dapat membantu Anda menonaktifkan spanduk Aktif Sekarang yang biasanya terlampir ke nama Anda setiap kali Anda online. Ini juga menunjukkan terakhir kali Anda online, dan menonaktifkan ini tidak akan membiarkan teman Anda melihat informasi itu. Jika Anda ingin melakukannya, Anda bisa masuk ke aplikasi Messenger => Pilih ikon profil => Dari Active ‘On’ => Alihkan ke ‘Nonaktif’.

Selain itu, Anda juga masih memiliki solusi untuk membaca pesan tanpa memberi tahu pengirimnya. Berikut caranya:

1. Setelah Anda menerima pesan baru pada Facebook Messenger, cukup aktifkan Mode Pesawat dari Pengaturan ponsel Anda. Ini nantinya akan menonaktifkan koneksi Internet dan jaringan pada perangkat Anda.
2. Anda kemudian dapat membuka Facebook Messenger dan melihat pesan tanpa koneksi internet.
3. Setelah Anda selesai membaca, tutup aplikasi, dan geser keluar dari laci aplikasi Anda.

Sekarang Anda dapat mematikan mode Pesawat. Dengan cara ini pengirim tidak akan tahu bahwa Anda telah membaca pesan yang mereka kirim sampai Anda membuka aplikasinya lagi.

Bagaimana cukup mudah bukan? Semoga tulisan ini bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.