Cara Membagikan Koneksi Internet Ponsel Android Anda Melalui Bluetooth

  • Bagikan
Cara Mudah Mengaktifkan Penambatan Bluetooth
Cara Mudah Mengaktifkan Penambatan Bluetooth

Pernahkah Anda mendengar kata “Penambatan Bluetooth” pada ponsel Android? Penambatan Bluetooth merupakan salah satu cara berbagi koneksi internet melalui koneksi Bluetooth antar ponsel. Jadi Anda bisa memanfaatkan Bluetooth Anda untuk berbagi koneksi internet dengan ponsel lain sekitar Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Penambatan Bluetooth
Cara Mudah Mengaktifkan Penambatan Bluetooth

image source

Biasanya selama ini banyak pengguna menggunakan Hotspot seluler yang dipancarkan dari ponselnya, kemudian ponsel lain menghubungkannya melalui jaringan WiFi dari Hotspot tersebut. Nah, cara ini merupakan sebuah alternatif jika Anda tidak lagi bisa menggunakan WiFi Anda pada ponsel Anda, namun dalam waktu tertentu ingin mmeberikan bantuan koneksi internet pada orang lain. Dalam kasus ini, Anda bisa memanfaatkan koneksi Bluetooth dengan mengaktifkan penambatan agar koneksi Internet Anda bisa Anda bagikan kepada orang lain.

Apa Itu Tethering Bluetooth atau Penambatan Bluetooth?

Mari kita mulai dengan membahas apa arti sebenarnya dari istilah tethering Bluetooth. Fiturnya, seperti yang mungkin sudah Anda duga dan sudah penulis jelaskan di atas, sangat mirip dengan hotspot Wi-Fi dan tethering USB. Anda dapat berbagi koneksi Internet dari ponsel Anda dengan perangkat apa pun yang mendukung Bluetooth, tidak menggunakan koneksi WiFi.

Pada ponsel Android lama, fitur tethering Bluetooth hanya mengizinkan berbagi data seluler dengan perangkat lain. Namun, jika Anda memiliki ponsel Android yang lebih baru, Anda sebenarnya dapat menggunakan tethering Bluetooth untuk berbagi (dan memperluas) jangkauan koneksi Wi-Fi Anda ke perangkat lain. Seperti yang penulis temukan pada ponsel Realme 5s dan di atasnya.

Kapan Anda Perlu Menggunakan Tethering Bluetooth?

Seperti penulis sebutkan sebelumnya, tethering Bluetooth adalah bentuk konektivitas yang secara objektif lebih lambat dibandingkan dengan hotspot Wi-Fi tradisional. Jadi mengapa Anda perlu menggunakannya? Ternyata, ada beberapa kesempatan yang bisa Anda lakukan ketika sedang menggunakan tethering Bluetooth dengan ponsel lain sekitar Anda.

Saat ponsel Anda tidak mendukung berbagi WiFi melalui hotspot WiFi!

Mulai tahun 2021, banyak smartphone kelas bawah dan menengah (masih) tidak mengizinkan koneksi Wi-Fi dan hotspot Wi-Fi aktif secara bersamaan. Ini berarti Anda tidak akan dapat menggunakan Hotspot Wi-Fi untuk berbagi koneksi internet Anda dengan perangkat lain. Dalam skenario seperti itu, Anda tidak memiliki pilihan lain selain menggunakan tethering Bluetooth karena metode tethering ini berfungsi bahkan jika Anda terhubung ke jaringan WiFi.

Begini Cara Berbagi Wi-Fi Melalui Bluetooth

1. Nyalakan Bluetooth pada ponsel Anda

Pertama, pastikan ponsel Anda sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi. Kemudian, pastikan Anda mengaktifkan Bluetooth melalui menu pengaturan. Untuk melakukan ini, caranya cukup mudah, yakni:

Buka Pengaturan => Konektivitas perangkat => Bluetooth.

2. Aktifkan tethering Bluetooth atau Penambatan Bluetooth pada ponsel Anda

Sekarang setelah Anda mengaktifkan Bluetooth pada ponsel Anda, saatnya untuk berbagi jaringan internet dari ponsel Anda.

Buka Nirkabel & jaringan => Pilih Penambatan & hotspot portabel => Aktifkan tethering Bluetooth.

3. Pasangkan perangkat Anda melalui Bluetooth dan terima konektivitas

Setelah ini selesai, Anda kemudian dapat menggunakan Bluetooth pada laptop atau PC, tablet, atau perangkat lain untuk terhubung ke ponsel Anda dan memanfaatkan koneksi internetnya.

  • Pasangkan ponsel cerdas Anda dengan perangkat yang ingin Anda bagikan koneksinya menggunakan Bluetooth.
  • Setelah terhubung, pastikan berbagi akses Internet Anda aktifkan pada profil perangkat dengan mengetuk ikon pengaturan pada sebelah nama perangkat.
  • Terakhir, atur perangkat yang terhubung untuk menerima koneksi jaringannya melalui Bluetooth di pengaturan jaringannya.

Semoga tutorial ini bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.