Cara membatasi pencarian di youtube

Youtube!!! siapa yang tidak tahu youtube saat ini, sebuah situs raksasa penyedia tayangan video online. Siapa saja asal punya akun dapat mengunggah video apapun, yah apapun tanpa ada proses seleksi sebelumnya, dan lansung tayang, mudah namun perlu kewaspadaan bagi kita yang memiliki anak atau adik kecil yang sudah terbiasa atau kita biasakan untuk main dengan smartphone atau tablet android. Seperti yang penulis katakan sebelumnya, siapa saja dapat mengunggah tayangan video apa saja tanpa filter oleh youtube selagi tidak ada komplain dari pihak – pihak tertentu, video tersebut tetap akan tayang.

youtube, filter, konten terlrang
Membatasi pencarian di youtube

Kita sama – sama sadar jika memberikan anak atau adik yang masih kecil belum saatnya untuk memegang dan mengoperasikan smartphone meski hanya sebatas permainan saja. Tetapi membiarkan anak – anak memainkan sendiri tanpa pengawasan juga bukan hal yang bijak karena tayangan yang menjurus ke “Pornografi” banyak bergantayangan di dunia maya, tak terkecuali di youtube. Tetapi kita dapat membatasi akses pencarian di youtube untuk mengatasi hal – hal yang tidak kita inginkan.

Berikut cara membatasi akses pencarian konten – konten terlarang di youtube :

  1. Buka aplikasi youtube di perangkat android anda.
  2. Tekan tombol Menu (tiga titik vertikal).
  3. Selanjutnya pilih “Settings”.
  4. Kemudian tekan menu “Search”.
  5. Di menu Search ini anda akan melihat menu “SafeSearch filtering button” yang ada di bawah sendiri. Tekan pada menu ini.
  6. Selanjutnya akan muncul pop opsi “Don’t filter” atau “Strict”, pilih “Strict” untuk membatasi pencarian untuk konten – konten terlarang atau pilih “Don’t Filter” untuk pencarian semua video.
  7. Selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *