Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul di Browser Android

  • Bagikan
Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul Pada Browser
Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul Pada Browser

Pernahkah Anda merasa terganggu dengan iklan yang sering muncul pada browser Anda? Saat Anda tengah menggunakan Google Chrome, salah satu gangguan terbesar adalah munculnya iklan yang secara tiba-tiba. Sehingga hal ini dapat mengganggu aktifitas Anda ketika sedang menggunakan browser.

Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul Pada Browser
Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul Pada Browser

image source

Sebagaimana melansir dari Support.google, muncul pop-up dan iklan pada browser Chrome berarti ada software yang tak diinginkan atau malware terinstal pada perangkat Anda. Ingatkah Anda biasanya ketika Anda membuka sebuah situs tertentu akan muncul pop-up yang menyatakan bahwa Anda akan mengizinkan atau memblokir pemberitahuan yang muncul. Jika Anda mengizinkan, maka secara tidak langsung Anda mengizinkan iklan yang dihasilkan dari situs tersebut muncul pada saat Anda menggunakan browser. Sekalipun Anda tidak lagi membuka situs tersebut.

Namun sampai sekarang ini, ternyata masih belum banyak yang sadar tentang munculnya iklan tersebut. Kemunculan iklan dan pop-up ternyata dipicu dengan adanya beberapa masalah yang Anda lakukan pada Google Chrome.

Sebagai salah satu upaya, pengguna dapat melakukan beberapa hal untuk menghilangkan iklan yang muncul tersebut. Ada hal penting yang harus Anda lakukan untuk menghentikan iklan tersebut menghantui Anda terutama ketika sedang membuka browser Chrome di Android.

Cara Memblokir Iklan yang Sering Muncul di Browser Android

Hapus Aplikasi yang Tidak Dikenal

Iklan muncul terkadang karena aplikasi tidak dikenal terinstal pada ponsel Anda. Sehingga bukan tidak mungkin hal tersebut bisa memacu iklan yang sering muncul baik saat Anda melakukan browser, atau saat Anda berada pada layar utama.

Jika Anda melihat terdapat aplikasi tidak kenal muncul dalam daftar aplikasi Anda, maka cobalah dengan segera menghapusnya karena kemungkinan aplikasi tersebut sebagai malware yang tengah menginstai perangkat Anda.

Setel Ulang Browser Chrome Anda

Jika browser Chrome Anda menemukan program yang tidak diinginkan selalu muncul sebagai pop-up iklan, maka Anda perlu memeriksa pada ekstensi yang terinstal. Sabagai cara paling mudahnya, Anda perlu menyetel ulang semua pengaturan browser Anda, baik tentang perizinan situs ataupun ekstensi yang terinstal pada browser Anda. Nantinya browser Chrome akan menghapus software tersebut, mengubah beberapa setelan ke default, dan menonaktifkan ekstensi.

1. Buka Google Chrome pada ponsel Anda. Lalu masuk pada bagian kanan atas, klik “Lainnya” lalu “Setelan“.
2, Pada bagian bawah, klik “Lanjutkan“. Kemudian pada bagian “Setel Ulang dan Bersihkan“, klik “Bersihkan“.

Jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda bisa dengan mudah pergi ke Pengaturan Aplikasi pada ponsel Anda, lalu pilih aplikasi Chrome. Silahkan Hapus Data dan Cache Anda untuk menyetel ke pengaturan default Chrome Anda.

Hentikan Notifikasi dari Situs Tertentu

Anda dapat menghentikan notifikasi yang muncul dari situs tertentu pada Chrome Anda. Anda selalu dapat memeriksanya terhadap iklan yang muncul dari situs tertentu kemudian menghentikan Notifikasinya muncul. Sehingga ini merupakan salah satu cara menghentikan iklan selalu muncul pada browser Anda. Caranya masuk pada Browser Chrome Anda, lalu pilih Pengaturan => Setelan Situs. Silahkan hapus situs yang Anda anggap selalu muncul iklan dan membuat Anda terganggu ketika menggunakan browser.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.