Cara Memblokir Panggilan Dan SMS Spam Di Android

Tidak bisa kita pungkiri ponsel atau smartphone kini menjadi sebuah alat yang sering kita gunakan. Dengan ponsel biasanya pengguna akan berkomunikasi dengan orang yang jaraknya jauh. Selain itu ponsel saat ini sering kali pengguna gunakan untuk mencari informasi. Satu hal yang tidak bisa kita lepaskan dari ponsel dari dulu. Yakni Panggilan atau SMS Spam, entah dari mana mereka mengetahui nomor kita. Tapi hal tersebut tentunya sangatlah mengganggu untuk pengguna. Bahkan ada penyepam yang usil dan menghubungi kita berkali-kali. Langkah pertama yang biasanya pengguna lakukan adalah memblokir panggilan.

Cara Memblokir Panggilan Dan SMS Spam
Cara Memblokir Panggilan Dan SMS Spam

Sumber Gambar

Namun ketika pengguna mendapati banyak nomor yang spam. Tentunya akan sangat susah untuk memblokirnya. Karena pengguna harus menyimpan satu-satu nomor tersebut. Selain ada panggilan spam ada juga SMS spam. Dimana biasanya SMS ini akan berisikan link, atau pemberitahuan palsu tentang mendapatkan hadiah. Hal ini juga cukup menjengkelkan karena semakin banyak SMS yang masuk. Maka akan semakin banyak notifikasi yang menumpuk.

Alasan Kita Harus Memblokir Panggilan Spam

Mungkin sebagian pengguna lebih memilih mengabaikan panggilan atau SMS Spam, namun jika terus-terusan kita abaikan. Maka panggilan dan SMS tersebut akan menumpuk pada log panggilan serta SMS. Sehingga ketika kita hendak mencari sebuah pesan penting, akan sangat susah karena bertumpuk dengan SMS atau panggilan Spam. Untuk memblokir panggilan spam sendiri ada beberapa cara. Yang pertama menggunakan fitur bawaan namun sedikit merepotkan karena kita harus menyimpan nomor. Kemudian untuk yang kedua kita dapat menggunakan bantuan aplikasi pihak ketiga.

Cara Memblokir Panggilan Dan SMS Spam Secara Manual Tanpa Aplikasi :

  • Pertama Simpan Terlebih dahulu Nomor yang melakukan Panggilan Spam
  • Selanjutnya bukalah aplikasi Kontak anda, kemudian carilah nama kontak spam yang sudah anda simpan.
  • Tekan simbol tiga titik pada bagian kanan atas, kemudian pilihan Block, Terkadang pada setiap smartphone berbeda. Karena opsi tiga titik ini tidak selalu ada pada setiap smartphone. Sehingga untuk opsi Blocknya biasanya tersemat pada bagian bawah nomor.
  • Nah Sedangkan Untuk Memblokir pesan SMS Spam, anda hanya perlu membuka Aplikasi SMS
  • Kemudian membuka pesan berisi spam, selanjutnya pada bagian kanan atas tekanlah simbol titik tiga
  • Kemudian pilihlah Block number.

Tutorial Memblokir Panggilan Dan SMS Spam Dengan Aplikasi Call Blacklist :

  • Pertama Downloadlah terlebih dahulu aplikasi Call Blacklist melalui Google Play Store 
  • Setelah terpasang bukalah aplikasi tersebut(Beri izin untu kakses telpon), Kemudian pada bagian atas Pilihlah BLACKLIST
  • Selanjutnya Geser Toogle Calls dan SMS sampai berwarna Biru
  • Kemudian pada bagian bawah tekanlah tombol “ + “
  • Jika anda ingin memblokir nomor yang sering Spam anda dapat memilih opsi From Calls log, Kemudian pilih nomor dan tekan tombol Simpan
  • Sedangkan jika anda ingin memblokir SMS spam yang masuk anda dapat menekan opsi From Messages log.  Kemudian pilih SMS spam yang hendak anda blokir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *