Cara Membuat CCTV Dengan Menggunakan Smartphone Android

Membuat CCTV dengan memanfaatkan smartphone android kamu adalah cara yang cukup smart? Mungkin buat kebanyakan orang CCTV tidaklah begitu penting, tapi bagi mereka yang pernah mengalami musibah pencurian, barulah sadar betapa pentingnya adanya CCTV ini. Kalau barang-barangmu sudah di curi apalagi tidak ada bukti yang kuat untuk mencari di pencuri, kita tidak akan bisa berbuat apa-apa, paling-paling mencoba untuk ikhlas kehilangan.

CCTV Android
CCTV Android

Maka kini android ternyata dapat dimanfaatkan sebagai CCTV atau sebagai kamera pengintai, nah kok bisa ya padahal CCTV itu biasanya harus beli yang sebenarnya agak ribet juga sih. Ini bisa terjadi karena sebuah smartphone yang saat ini sudah mutakhir, dengan adanya fungsi kamera belakang pada smartphone dan google playstore untuk mendownload aplikasi, maka smartphone android bisa diubah jadi berbagai fitur termasuk dijadikan sebagai kamera pengintai atau CCTV.

Cara yang ini hanya membutuhkan jaringan WiFi. Jaringan WiFi bisa kita buat dengan tethering WiFi ataupun dengan menggunakan router yang ada di rumah anda. Cara ini sama sekali tidak menggunakan koneksi internet, yang anda perlukan hanyalah mengkoneksikan handphone android dan perangkat lain dalam satu jaringan WiFi.

Cara Membuat CCTV Dengan Menggunakan Smartphone Android

1. Download aplikasi IP Webcam terlebih dahulu di playstore, dan instal seperti biasa.

2. Pastikan antara Android dan Perngkat lainya, semisal komputer atau laptop terhubung dalam satu jaringan WiFi.

3. Sekarang buka aplikasi IP Webcam pada handphone Android, dan Pilih pada Start server.

Android Sebagai CCTV
Android Sebagai CCTV

4. Kemudian, lihat pada bagian bawah layar hp android, di situ akan muncul link seperti IP Address, catat link tersebut.

CCTV Menggunakan Android
CCTV Menggunakan Android

5. Sekarang buka browser pada laptop atau komputer kamu. Buka IP Address yang tertera pada layar android tadi. Kamu dapat menonton secara live hasil dari kamera android kamu.

Android CCTV
Android CCTV

Selamat mencoba!


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.